alexametrics

Alam Sekitar sebagai Media Pembelajaran IPS

Oleh: Eni Sri Hariyati

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan di semua jenjang, sampai saat ini yang masih mementingkan aspek kognitif diharapkan dapat memperhatikan aspek afektif dan psikomotor juga. Aspek afektif seperti kecerdasan emosional perlu mendapat perhatian yang memadai. Bahkan praktik-praktik moral bernegara dan berbangsa, yang salah satunya adalah pengelolaan lingkungan alam dan lingkungan hidup serta kependudukan dapat dijadikan sebagai panutan yang bersifat mendidik peserta didik.

Tujuan dari pengajaran IPS tidak akan tercapai apabila siswa hanya mendengarkan ceramah dari guru di dalam kelas, namun akan lebih mengena dan berkesan dalam benak siswa apabila mereka langsung berhadapan pada permasalahan praktis di sekelilingnya. Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang mengandung unsur-unsur lingkungan. Siswa seperti kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran IPS terutama jika dilaksanakan di dalam kelas. Kendala yang dirasakan dalam hal ini yaitu tentang keterbatasan media pembelajaran di sekolah khususnya media IPS. Sehingga sekolah sering menyampaikan konsep-konsep IPS hanya dalam bentuk pembelajaran ceramah dan ini tentunya berisiko pada perolehan nilai IPS yang selalu di bawah perolehan nilai mata pelajaran lainnya.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Menulis dengan Berfantasi

Salah satu cara untuk meningkatkan ketertarikan pada pelajaran IPS maka seorang guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan siswa diantaranya dengan menggunakan alat bantu berupa media pembelajaran yaitu lingkungan sekitar. Media pembelajaran adalah alat dan bahan fisik yang terdapat di lingkungan siswa untuk menyajikan pesan kegiatan pembelajaran (proses kegiatan belajar-mengajar) sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar.

Dengan menggunakan media lingkungan sekitar diharapkan aktivitas siswa meningkat karena mendapat suasana baru sehingga ide dan gagasannya lebih inovatif dengan melihat, mengalami dan merasakan sendiri dari lingkungan. Konsep-konsep yang masih verbal dan abstrak akan lebih konkret dengan melihat lingkungan sekitar. Sehingga nantinya siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran IPS tersebut.

Baca juga:  Pelajaran Seni Tari pada Pelajaran Seni Budaya

Walaupun seorang guru sudah berbuat yang terbaik menurut prosedur yang ada tanpa dukungan dari berbagai pihak, niscaya tujuan pendidikan tidak akan tercapai dengan baik. Di sinilah kita perlu memadukan antara faktor lingkungan dengan faktor alami berupa potensi yang dimiliki anak itu sendiri. Jenis lingkungan sebagai media pembelajaran di antaranya adalah lingkungan sosial, lingkungan alam, lingkungan buatan.

Jadi, media pembelajaran lingkungan adalah pemahaman terhadap gejala atau tingkah laku tertentu dari objek atau pengamatan ilmiah terhadap sesuatu yang ada di sekitar sebagai bahan pengajaran siswa sebelum dan sesudah menerima materi dari sekolah dengan membawa pengalaman dan penemuan dengan apa yang mereka temui di lingkungan mereka. Dengan adanya pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran ini guru berharap siswa akan lebih akrab dengan lingkungan sehingga menumbuhkan rasa cinta akan lingkungan sekitarnya.

Baca juga:  Number Head Together, Solusi Pintar Pahami Struktur dan Aspek Bahasa Teks Fantasi

Dalam penggunaan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran tentunya memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Namun media pembelajaran yang digunakan dengan menggunakan lingkungan tersebut harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar siswa. Motivasi sebagai daya penggerak individu untuk menimbulkan kelangsungan pembelajaran ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, peserta didik yang memiliki motivasi akan memiliki tingkat belajar yang tinggi pula, sehingga mempercepat hasil yang ingin dicapai. Kepala sekolah hendaknya menyarankan kepada seorang guru agar senantiasa kreatif dalam mencari sumber belajar, supaya siswa tidak terlalu jenuh belajar di kelas. (ss/1/ton)

Guru SMP Negeri 1 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya