alexametrics

PAT dengan Menggunakan Moodle menjadi Mudah

Oleh Khususiyah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Tahun pelajaran 2020/2021 telah selesai dilaksanakan dengan berbagai macam problem maupun kendala. Karena pada tahun pelajaran ini dunia sedang mengalami masa pandemi Covid-19. Dunia pendidikan dari tingkat paling bawah, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun pada tingkat pendidikan tinggi hampir semuanya menggunakam pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring).

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menuntut kreativitas guru. Ada banyak layanan digital yang tersedia untuk membantu siswa dan guru dalam pembelajaran jarak jauh tersebut. Dalam pemilihan media pembelajaran jarak jauh guru harus memperhatikan banyak aspek yang benar-benar harus dipertimbangkan.

Dalam proses pembelajaran jarak jauh guru harus pandai memilih media maupun model pembelajaran yang mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa. Terlebih lagi yang tidak begitu memberatkan orang tua maupun peserta didik. Banyak media pembelajaran yang bisa dipakai untuk mengajar secara online, tetapi ada beberapa kendala seperti sinyal, kuota internet yang tidak mendukung dan faktor lainnya yang menjadi kendala dalam proses pembelajaran tersebut.

Baca juga:  Atasi Kendala PJJ dengan Personally In Touch (PIT)

Di SMAN 1 Salaman, Magelang pembelajaran jarak jauh menggunakan beberapa model, yang paling menarik dan sangat mempermudah pekerjaan guru adalah saat pelaksanaan PAT (Penilaian Akhir Tahun) yang menggunakan Moodle. Moodle adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dinamic Learning Environment.

Moodle merupakan platform yang dibuat khusus sebagai sebuah sistem manajemen pembelajaran, dengan demikian bisa menjadi solusi cara belajar mengajar yang murah tapi tetap efektif (Muhammad Robith Adani, Januari 18, 2021 Panduan Lengkap Menggunakan Moodle untuk Pemula).

Moodle akan membantu para murid agar lebih bisa disiplin dalam mengerjakan tugas, menjawab ujian, bekerja sama dengan temannya, dan lain-lain. Sebab manfaat yang akan diperoleh sangat banyak sekali. Salah satunya adalah proses pembelajaran akan lebih terkelola, efektif, dan efisien. Dengan bantuan ini peran guru sebagai pengajar akan terbantu kerjanya.

Baca juga:  Dulu Kuno Sekarang Kini

Guru dapat memberikan tugas dengan mudah dan melakukan pengawasan secara rutin terhadap siswanya. Selain itu, siswa akan diajarkan untuk lebih bisa disiplin bilamana menggunakan platform Moodle ini. Sebagai platform yang banyak digunakan tentunya tidak lepas karena Moodle memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Platform Moodle ini memiliki banyak keunggulan yang bermanfaat bagi para penggunanya yang paling umum adalah kemudahan dalam penggunaannya. Disamping itu, Moodle juga menawarkan kelebihan menarik seperti bisa diakses secara offline, memiliki komunitas pengguna yang besar, dan masih banyak lagi.

Di SMAN 1 Salaman dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Semester menggunakan Moodle, mengingat program ini sangat memudahkan bagi guru pengampu mata pelajaran dalam mengoreksi hasil yang otomatis sudah tampil. Daya tampung peserta didik yang lebih banyak (Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran Volume 1, No. 2 Edisi Juni 2020).

Baca juga:  Pelaksanaan Supervisi Mengajar dan Pengaruhnya pada Kompetensi Guru

Namun di samping itu pihak sekolah menyediakan bandwidth yang lumayan besar agar aksesnya berjalan lancar. Di samping memudahkan dalam proses penilaian bapak ibu guru mata pelajaran juga bisa mengawasi pelaksanaan PAT dengan sangat cermat dan mampu memantau para peserta didik yang sudah mengerjakan soal-soal PAT. Sebagai pengampu mata pelajaran kimia, penulis sangat merasakan banyak kemudahan baik dari segi penilaian, pengawasan dalam pembelajaran maupun dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Semester. Penulis sangat berterima kasih kepada sekolah karena dengan menggunakan Moodle pelaksanaan Penilaian Akhir Semester menjadi mudah dan lancar tidak menemukan kendala dan pekerjaan menjadi lebih mudah. (agu2/lis)

Guru SMAN 1 Salaman, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya