alexametrics

STAD Permudah Siswa Belajar PPKn

Oleh: Erni Puji Lestari, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATA pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada jenjang Sekolah Dasar berisi bahan pelajaran yang ditekankan pada pengamalan dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari yang ditunjang oleh pengetahuan dan pengertian sederhana sebagai bekal untuk mengikuti pendidikan berikutnya. Menurut S.Raharjo (2011:32) PPKn merupakan mata pelajaran yang mengarahkan perhatian pada moral yang diharapkan dapat terwujud dalam kehidupan sehari-hari, yaitu perilaku yang memancarkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari berbagai golongan, agama, perilaku yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradap, perilaku yang mendukung persatuan bangsa dalam masyarakat yang beraneka ragam kebudayaan dan beraneka ragam kepentingan. Salah satu materi yang dipelajari pada siswa kelas V bisa dilihat pada Kompetensi Dasar (KD) 3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Aktivitas pembelajaran PPKn pada kelas V SDN 14 Mulyoharjo Kabupaten Pemalang belum mampu mencapai rata rata ketuntasan Minimum. Aktivitas pembelajaran yang terjadi cenderung tidak melibatkan siswa sebagai subjek pembelajar, sehingga siswa sering merasa bosan untuk mendengarkan penjelasan dari guru secara searah (teacher centered). Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang menarik, sehingga siswa merasa senang dan bersemanagat untuk mengikuti pembelajaran PPKn dikelas.

Baca juga:  Optimalkan WAG Tingkatkan Hasil Belajar di Rumah

Model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan kesempatan kepada kelompok untuk saling berinteraksi atau berhubungan sosial antar anggotanya. Setiap kelompok mempunyai tanggung jawab atas anggota kelompoknya untuk menguasai materi yang didiskusikan bersama. Bentuk kerjasama dalam model STAD diwujudkan dalam pembentukan tim belajar siswa. Tim terdiri dari empat atau lima siswa yang mewakili seluruh bagian dari kelas dalam kinerja akademik, jenis kelamin, ras dan etnisitas. Faktor yang menjadikan STAD sebagai pembelajaran yang menyenangkan adalah adanya penghargaan bagi tim terbaik. Dengan adanya pemberian 3 penghargaan akan membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar yang akan memberikan pengaruh positif dalam proses pembelajaran yaitu terhadap hasil belajar siswa. Dengan model pembelajaran ini di harapkan dapat melatih siswa melakukan hubungan sosial tanpa membedakan kesetaraan akademik, gender, suku maupun agama dan hasil belajar siswa bisa meningkat serta bisa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Langkah langkah pembelajaran pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Devisions (STAD) yaitu Mengamati : peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang yang telah di tentukan oleh guru dengan mengarahkan peserta didik berhitung dari angka 1-5 dan selanjutnya siswa duduk mengelompok sesuai nomor yang sama. Peserta didik dalam setiap kelompok diminta untuk membaca lembar kerja yang berisi pertanyaan sesuai kelompok yang telah diberikan oleh guru. Menanya: Peserta didik diminta untuk berdiskusi dengan teman kelompoknya untuk menjawab pertanyaan dari soal yang telah diberikan oleh guru yang berhubungan dengan materi Mengumpulkan Informasi: Peserta didik secara berkelompok dibimbing oleh guru untuk dapat mengumpulkan informasi/data dari buku siswa atau hand out agar mempermudah dalam menjawab pertanyaan tersebut, dan guru bertugas memandunya. Mengasosiasi: peserta didik menyimpulkan hasil jawaban dari setiap kelompok berdasarkan hasl presentasi yang telah dilaksanakan.

Baca juga:  Kupas Tuntas Interval Nada melalui Media Youtube

Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan belajar. Terbukti persentase ketuntasan belajar siswa kelas Vdi SDN 14 Mulyoharjo Kabupaten Pemalang meningkat menjadi 81,81%. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa penggunaan metode STAD dalam pembelajaran PPKn mampu meningkatkan pemahaman siswa pada KD.3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (gb3/zal)

Guru SDN 14 Mulyoharjo, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya