alexametrics

Bermain Sepak Bola Berperan Tingkatkan Prestasi Belajar

Oleh : Susbiantara S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PERMAINAN sepak bola merupakan salah satu materi pembelajaran pendidikan jasmani yang diajarkan di lembaga pendidikan maupun non kependidikan. Teknik dasar sepakbola terdiri atas menendang (shooting), menahan (trapping), menggiring (dribbling), menyundul (heading), merebut bola (tackling), lemparan ke dalam (throw in), dan penjaga gawang. Setiap elemen mempunyai ciri dan karakteristik sebagai bagian komponen kompleks dalam permainan sepakbola. Untuk dapat bermainan sepak bola dengan baik, semua teknik tersebut harus ditingkatkan secara maksimal.

Sepakbola merupakan permainan yang menggunakan bola sepak yang dimainkan oleh dua regu. Masing-masing terdiri atas 11 pemain. Saat memainkan bola, pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan menggunakan tangan di dalam kotak penalti. Tujuan permainan sepakbola adalah pemain memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawannya dan berusaha menjaga gawangnya agar tidak kemasukan. Suatu regu dinyatakan menang apabila regu tersebut dapat memasukkan bola ke gawang lawannya dan apabila sama, maka dinyatakan seri atau draw.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Pemahaman Q.S. Al Maun dengan Metode Demonstrasi

Teknik dasar dengan bola yaitu semua gerakan yang dilakukan menggunakan bola. Menendang bola (passing) merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbola yang paling dominan. Pemain yang memiliki teknik menendang dengan baik, dapat bermain secara efisien. Passing atau menendang bola merupakan keterampilan paling penting untuk dikuasai dalam permainan sepakbola, memindahkan bola dari kaki seorang pemain kepada pemain lain dengan cara menendang. Ketepatan atau akurasi tendangan sangat diperlukan agar dapat mengoper bola kepada pemain satu tim dan melakukan tembakan ke arah gawang lawan.

Menghentikan bola (stooping) merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang penggunaannya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola untuk mengontrol bola termasuk di dalamnya untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing. Dilihat dari perkenaan bagian badan yang pada umumnya digunakan untuk menghentikan bola adalah kaki, paha, dan dada. Bagian kaki yang biasanya digunakan untuk menghentikan bola adalah kaki bagian dalam, kaki bagian luar, punggung kaki dan telapak kaki.

Baca juga:  Belajar Sambil Bermain Strategi Jitu untuk Pendidikan Bermutu

Menggiring bola adalah seni menggunakan bagian-bagian kaki menyentuh atau menggulingkan bola terus menerus di tanah sambil berdiri. Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus-putus atau pelan-pelan. Oleh karena itu, bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan. Menggiring bola (dribbling) adalah keterampilan dasar dalam sepakbola karena semua pemain harus mampu menguasai bola saat bergerak, berdiri, atau bersiap melakukan operan atau tembakan.

Ketika pemain telah menguasai kemampuan dribbling secara efektif, sumbangan pemain di dalam lapangan dalam pertandingan akan sangat besar. Tujuan menggiring bola adalah untuk melewati lawan, mengarahkan bola ke ruang kosong, melepaskan diri dari kawalan lawan, serta menciptakan peluang untuk melakukan shooting ke-20 gawang lawan. Dalam menggiring bola pemain dapat menggunakan beberapa bagian kaki, pemain dapat menggiring bola dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, serta punggung kaki.

Baca juga:  Ulangan Online Membuat Siswa Lebih Interaktif dan Menyenangkan

Gerak tipu dengan bola seorang pemain sambil menguasai bola berusaha melewati lawannya dengan melakukan gerak yang tidak sebenarnya. Merampas atau merebut bola merupakan upaya untuk merebut bola dari penguasan lawan. Merampas bola dapat dilakukan sambil berdiri (standing tackling) dan sambil meluncur (sliding tackling). Melempar bola dilakukan apabila bola keluar dari garis samping lapanga. Semua ini, dapat meningkatkan sportivitas dan meningkatkan motivasi untuk berprestasi. (gb1/ida)

Guru SDN 01 Simego, Petungkriyono, Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya