alexametrics

Mudah Pahami Materi Mengenal Negara-Negara ASEAN dengan TTS

Oleh : Dwi Andaryanti, S,Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 di Indonesia membuat banyak sektor yang dikelola pemerintah maupun swasta terkena imbasnya. Tidak terkecuali dunia pendidikan, dengan di berlakukannya WFH maka sekolah menghentikan aktifitas tatap muka dan digantikan dengan pembelajaran jarak jauh atau daring.

Pembelajaran daring di SMP N 2 Kranggan Kabupaten. Temanggung juga mengalami kendala. Namun demikian guru dituntut untuk tetap aktif dan kreatif untuk menciptakan maupun mengkombinasikan strategi maupun media pembelajaran yang efektif yang dapat digunakan di masa pandemi, sehingga guru dapat melaksanakan pembelajaran daring dengan baik dan mempermudah pemahaman peserta didik.

Kendala lain yang penulis alami adalah adanya pandangan bahwa pengetahuan merupakan seperangkat fakta yang harus dihafal. Materi pelajaran IPS yang kompleks, sering dianggap sebagai pelajaran yang mudah tapi susah, bersifat hafalan dan membosankan, sehingga menyebabkan rendahnya perhatian dan partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, ditambah lagi dengan strategi pembelajaran yang kurang menarik menyebabkan rendahnya minat belajar peserta didik. Seperti pada mapel IPS kelas VIII semester 1 dengan materi pembelajaran Mengenal Negara-Negara ASEAN.

Baca juga:  Pembiasaan Salat Berjamaah melalui Laporan Harian

Strategi pembelajaran daring yang penulis lakukan adalah dengan memanfaatkan fasilitas yaitu aplikasi whatsapp kemudian mengombinasikannya dengan media pembelajaran TTS. Menurut Soeparno (1988), dalam proses pembelajaran siswa akan lebih mudah mencerna isi materi pelajaran bila digunakan alat bantu atau media, baik berupa media cetak (buku, modul, brosur, atau sejenisnya) atau media non cetak yang berupa media elektronik (audio, videi, film, dsb). Teka-Teki Silang (Wikipedia Bahasa Indonesia) adalah suatu permainan dimana kita harus mengisi ruang-ruang kosong berbentuk kotak putih dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Petunjuknya bisa dibagi kedalam kategori pertanyaan mendatar atau menurun, tergantung pada arah kata-kata yang harus diisi. Pemilihan media Teka-Teki Silang cocok untuk diterapkan pada materi IPS kelas VIII semester ganjil yaitu pada materi mengenal Negara-Negara ASEAN, karena materi tersebut menuntut peserta didik agar memahami materi seperti ibu kota Negara, nama mata uang, bentuk pemerintahan, bahasa, agama dan lain-lain. Materi tersebut di atas dapat diterapkan menjadi sebuah media pembelajaran TTS karena ada banyak kata-kata di dalam materi yang dapat digunakan di dalamnya.

Baca juga:  Media Big Book Tingkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa

Dalam proses pembelajaran daring ini, pertama penulis membuat sebuah lembar keja peserta didik berupa TTS yang berisi pertanyaan mendatar dan menurun serta kombinasi kotak-kotak mendatar dan menurun yang harus kerjakan oleh peserta didik. Pembelajaran daring diawali dengan mengucap salam melalui pesan whatsapp, kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk absen, yang menandakan bahwa peserta didik mengikuti proses pembelajaran. Setelah itu menyampaikan materi, tujuan pembelajaran dan langkah-langkah kegiatan. Dalam menyampaikan materi penulis memberikan sebuah video pembelajaran yang sudah penulis download terlebih dahulu. Untuk keperluan pendalaman atau pemahaman materi peserta didik diminta untuk membaca materi melalui buku paket yang telah dimiliki oleh seluruh peserta didik. Selanjutnya penulis memberikan lembar kerja peserta didik yaitu sebuah TTS yang harus diselesaikan peserta didik. Setelah peserta didik menyelesaikan tugasnya, kemudian hasilnya difoto dan d kirim melalui nomor whatsapp pribadi guru. Setelah peserta didik mengumpulkan tugasnya, penulis mengakhiri proses pembelajaran dengan memberikan apresiasi kepada peserta didik berupa nilai dan ucapan terima kasih telah mengikuti dan menyelesaikan tugas dengan baik.

Baca juga:  Belajar Materi Letak dan Luas Benua Asia melalui Audiovisual

Melihat respon positif peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran, penulis menyimpulkan bahwa peserta didik merasa lebih antusias saat belajar IPS materi mengenal Negara-Negara ASEAN dengan TTS, karena tugas atau kegiatan yang dilakukan seperti menyelesaikan sebuah permainan game. Peseta didik menganggap pembelajaran IPS yang tadinya membosankan menjadi lebih menarik dan menyenangkan, dengan media TTS karena peserta didik dilibatkan secara aktif dalam permainan yang bersifat mendidik. (dd1/ton)

Guru IPS SMP Negeri 2 Kranggan Kabupaten Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya