alexametrics

Guru Efektif dan Memesona dalam Pembelajaran Abad 21

Oleh: Umi Mayangsari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Guru abad 21 adalah guru tipe 4 yang menjalankan peran berbeda dengan guru konvensional. Peran guru abad 21 sebagai fasilitator, mediator, kolaborator, dan motivator dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sangat bergantung pada kemampuan guru dalam memfasilitasi pembelajaran. Kemampuan tersebut dipengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman yang membentuk paradigma. Paradigma yang melandasi tindakan guru menentukan akan menjadi guru efektif atau guru yang tidak efektif. Guru efektif abad 21 mempunyai pemahaman bahwa peserta didik bukanlah gelas kosong yang harus diisi terus-menerus, namun peserta didik senantiasa berinteraksi dengan data dan informasi.

Guru efektif tidak berfokus pada penyajian pengetahuan sebatas sebagai fakta dan konten, namun mempunyai orientasi pengembangan keterampilan penting abad 21, yaitu berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Guru yang efektif juga aktif memahami konteks berpikir peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain itu, guru efektif mengajarkan materi pelajaran secara mendalam dengan banyak contoh dan fondasi kuat pengetahuan faktual.

Guru efektif selain memahami materi juga menguasai strategi pembelajaran yang memudahkan peserta didik belajar. Lebih penting lagi, guru efektif memiliki tingkat melek TIK yang memadai. Efektivitas pembelajaran abad 21 salah satu caranya dicapai melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Syarat guru efektif di abad 21 adalah memiliki keterampilan mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran.

Baca juga:  Usir Bosan Saat KBM dengan Game Senam Otak

Selain guru efektif, pembelajaran abad 21 juga membutuhkan guru yang memesona. Guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah menunjukkan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Salah satu yang dapat ditunjukkan adalah penampilan memesona di depan peserta didik. Guru yang memesona adalah guru yang penjelasannya mudah dipahami, penguasaan keilmuan benar, canggih menguasai teknologi, guru bisa menjadi teman belajar, pandai membuat metafora atau perumpamaan, humoris namun tegas dan disiplin, mau mendengar peserta didik, berempati atas kondisi peserta didik, pandai mengelola kelas, dan memiliki rasa kesepenuhatian dan menyadari apa yang dilakukan. Hal tersebut dapat menarik perhatian peserta didik.

Selain memesona untuk memotivasi peserta didik, seorang guru harus pandai memanfaatkan media pembelajaran, alat dan bahan pembelajaran. Kompetensi guru untuk memfasilitasi dan menginspirasi peserta didik, serta menumbuhkan kreativitasnya. Tentunya harus diawali dengan penguasaan materi yang baik. Selain itu, guru mampu menggunakan teknologi untuk memfasilitasi pengalaman belajar yang menumbuhkan kreativitas peserta didik. Hal itu juga penulis terapkan di SD Negeri 1 Getas, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora.

Abad 21 menuntut peran guru yang semakin optimal. Konsekuensinya, guru yang tidak mau dan mampu mengikuti perkembangan zaman semaki tertinggal sehingga tidak dapat memainkan perannya secara optimal dalam mengembang tugas dan menjalankan profesinya. Abad 21 merupakan abad penuh tantangan dimana pendidikan diharapkan mampu menumbuhkembangkan potensi peserta didik. Tantangan abad 21, guru harus mentransformasi diri dalam era digital dengan terus mengembangkan kreativitas dan inovatif. Dunia pendidikan perlu terus mentransformasi diri agar bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan abad 21 dan mempersiapkan peserta didik memasuki dunia baru. Diperlukan profil guru yang mampu menjalankan peran secara kompleks dan mampu menyesuaikan dengan tuntutan kompetensi guru abad 21. Guru tersebut idealnya mempunyai profil efektif dan memesona dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21.

Baca juga:  Belajar Kisah Keteladanan Walisongo dengan Model Group Investigation

Dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21, guru efektif dan memesona harus mau dan mampu menjalankan tugasnya secara optimal. Dalam menjalankan tugasnya, guru menyusun rencana pembelajaran abad 21 dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK, model pembelajaran inovatif, metode yang sesuai dan mengembangkan PPK serta keterampilan Abad 21. Pendekatan saintifik memuat komponen mengamati, menanya, mengumpulkan informasi atau eksperimen, menganalisis informasi, dan mengkomunikasikan.

Sedangkan TPACK adalah kerangka integrasi teknologi dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogi, dan pengetahuan materi. Dalam hal ini guru dapat membuat video pembelajaran dengan aplikasi yang mendukung, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif seperti di liveworksheets, membuat evaluasi di google form, quizizz, dan liveworksheets, serta membuat bahan ajar berupa e-book dengan aplikasi anyflip. Selain itu, pembelajaran menggunakan model inovatif sepertil PBL, PJBL, Discovery, dan Inquiry. Di era digital ini, guru diharapkan mampu mendesain, mengembangkan, dan mengevaluasi pembelajaran secara autentik. Pembelajaran secara autentik melalui pengalaman belajar dengan menggabungkan alat evaluasi terkini dan mengoptimalkan lingkungan pembelajaran untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik. Di mana segala kegiatan yang dirancang dapat mengembangkan PPK (religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas) dan keterampilan abad 21 (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communiccation).

Baca juga:  Metode Picture and Picture Bikin Belajar Caption Jadi Asyik

Abad 21 benar-benar membutuhkan guru yang profilnya efektif dan memesona untuk menghadapi tantangan abad 21. Kompetensi guru yang sudah dirumuskan pemerintah meliputi kompetensi kepribadian, profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi pedagogik perlu dikontekstualisasikan, dan dilakukan penyesuaian. Kontekstualisasi dan penyesuaian untuk mempersiapkan dan memprediksi kebutuhan belajar peserta didik abad 21 dan tuntutan masyarakat abad 21. (*/aro)

Guru SD Negeri 1 Getas, Kec. Kradenan, Kab. Blora

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya