alexametrics

LKPD Mempermudah Belajar Materi Tekanan Hidrostatis

Oleh : Dra. Umi Kulsum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Tekanan hidrostatis adalah tekanan yang diakibatkan oleh gaya yang ada pada zat cair terhadap suatu luas bidang tekan, pada kedalaman tertentu. Besarnya tekanan ini tergantung pada ketinggian zat cair, massa jenis dan percepatan gravitasi. Akibat gaya gravitasi, berat partikel air akan menekan partikel di bawahnya, dan begitu pula partikel-partikel air di bawahnya akan saling menekan hingga ke dasar air sehingga tekanan di bawah akan lebih besar dari tekanan diatas. Jadi, semakin dalam kita menyelam dari permukaan air, maka akan semakin banyak volume air yang ada di atas kita dengan permukaan air sehingga tekanan yang diberikan air pada tubuh kita (tekanan hidrostatis) akan semakin besar.

Dari uraian materi di atas, yang cakupan materinya sulit dipahami oleh peserta didik, diperlukan model pembelajaran yang tepat,supaya tidak membosankan bagi peserta didik kami di SMP N 34 Semarang kelas VIII dari latar belakang yang berbeda. Agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring (online) dapat berlangsung dengan aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan perlu adanya suatu perangkat pembelajaran yang mendukung terciptanya suasana pembelajaran tersebut. Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat digunakan yaitu Lembar Kerja Peserta Didik atau sering disebut dengan LKPD.

Baca juga:  Mudahnya Belajar Simple Present melalui Permainan Scrabble

LKPD merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dengan pendidik, sehingga dapat meningkatkan aktifitas peserta didik dalam peningkatan hasil belajar. Widjajanti (2008:1) mengatakan lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dikembangkan oleh pendidik sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. LKPD yang disusun dapat dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan situasi kegiatan pembelajaran yang akan dihadapi. Menurut Depdiknas (2008) lembar kerja peserta didik adalah lembaran- lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Lembar kegiatan biasanya berupa petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas sehingga memudahkan bagi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran secara online sehingga peserta didik akan belajar secara mandiri.

Baca juga:  Menanggulangi Siswa Kurang Mampu Belajar saat Pandemi dengan Metode Home Visit

Suyitno (1997:40) dalam Hidayat (2013) menjelaskan, manfaat lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam proses pembelajaran adalah: 1) Mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran, 2) Membantu peserta didik dalam mengembangkan konsep, 3) Melatih peserta didik dalam menemukan dan mengembangkan keterampilan proses, 4) Sebagai pedoman pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran, 5) Membantu peserta didik memperoleh catatan tentang materi yang dipelajari melalui kegiatan belajar. Membantu peserta didik untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis. Struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut: judul, mata pelajaran, kelas/semester; petunjuk belajar; kompetensi yang akan dicapai; indikator; tugas-tugas dan langkah-langkah kerja; penilaian.

Baca juga:  Pembelajaran Fluida Menarik dengan Model PjBL

Pembelajaran IPA dengan materi tekanan hidrostatis semakin mudah menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam memahami materi yang disajikan secara mandiri sehingga peserta didik mampu belajar tanpa menggunakan arahan guru. Diharapkan LKPD yang dikembangkan dapat menjadi sumber belajar bagi peserta didik sehingga peserta didik lebih aktif, mampu menyelesaikan masalah dan dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi peserta didik, seiring dengan peningkatan keaktifan peserta didik menjadi hasil belajar juga meningkat. (ipa2/ton)

Guru IPA SMP N 34 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya