alexametrics

Crossword Puzzle dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Oleh : Sri Subaktini, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar yang digunakan dalam percakapan di era globalisasi. Peranan bahasa Inggris sangatlah dominan dalam kehidupan sehari-hari baik secara formal maupun informal. Salah satu nya adalah dalam dunia game yang instruksinya menggunakan Bahasa Inggris, sehingga memaksa para gamers untuk memahaminya agar dapat memainkan game yang disukainya.

Berbanding terbalik dengan dunia entertainment, dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan dasar, ruang lingkup materi bahasa Inggris sangatlah terbatas. Hal ini dibuktikan dengan dihapuskannya muatan lokal bahasa Inggris di tingkat Sekolah Dasar. Inilah yang menjadi halangan dan tantangan bagi guru Bahasa Inggris di tingkat SMP untuk dapat menemukan suata cara yang efektif dan efisien dalam proses pembelajaran.

Ketika anak memasuki bangku SMP, anak harus menguasai Bahasa Inggris sebagai materi pembelajaran wajib. Bahkan sampai detik ini pelajaran bahasa Inggris masih berperan penting dalam penentuan pemilihan sekolah lanjutan yang lebih tinggi ( SMA / SMK ). Ini terbukti dengan hasil rekapitulasi nilai raport semester 1 s.d 5 untuk 4 mapel utama yaitu; Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan Bahasa Inggris.

Baca juga:  Metode Inkuiri Terbimbing dengan Video Mudahkan Pembelajaran

Fenomena inilah yang mendorong penulis untuk mencari solusi atas kesulitan yang dialami oleh siswa selama pembelajaran Bahasa Inggris di SMP. Penulis berusaha menemukan cara yang mudah dan efektif guna membantu siswa dalam penguasaan materi Bahasa Inggris semester Gasal Kelas VII SMP Negeri 13 Semarang yang merupakan peralihan dari bangku sekolah dasar menuju sekolah lanjutan (SMP).

Solusi yang diperoleh adalah dengan menggunakan metode Crossword Puzzle sebagai metode alternatif pembelajaran dalam pengayaan kosa kata yang sesuai dengan cakupan materi pembelajaran Bahasa Inggris Kelas VII yang sudah sangat kompleks. Dengan pemahaman kosa kata maka siswa dapat menguasai materi yang sedang dipelajarinya dengan baik agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Kognitif Siswa dengan Puzzle pada Layanan Bimbingan Konseling

Menurut Rinaldi Munir (2005), Cossword Puzzle (teka teki silang) adalah suatu permainan dengan tempelate yang berbentuk segi empat yang terdiri dari kotak-kotak yang berwarna hitam putih, serta dilengkapi 2 lajur, yaitu mendatar dan menurun . Kotak-kotak tersebut didesain sedemikian rupa berdasarkan pertanyaan yang kunci jawabannya merupakan isian dalam kotak tersebut.

Crossword puzzle, melibatkan partisipasi siswa aktif sejak kegiatan pembelajaran dimulai karena mereka dituntut untuk ikut serta secara mental maupun fisik selama proses pembelajaran berlangsung. Fungsi crossword puzzle adalah membangun saraf-saraf otak agar bekerja optimal tetapi dengan suasana santai. Siswa juga diajak untuk mereview materi pembelajaran yang sudah diberikan sehingga tercapai tujuan pembelajaran baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Baca juga:  Belajar Puisi Menggunakan Model Two Stay Two Stray

Adapun langkah-langkah pembelajaran crossword puzzle sangat sederhana yaitu pendidik mencurahkan gagasannya berupa istilah-istilah yang merupakan kata kunci terkait materi yang diajarkan. Dengan bantuan aplikasi online, pembuatan crossword puzzle dapat dilakukan dengan mudah karena hanya dibutuhkan sederet pertanyaan yang dilengkapi kunci jawaban maka akan terbentuk desain kotak-kotak yang tersusun dengan rapi sesuai jumlah pertanyaannya. Keunggulan crossword puzzle adalah dapat melatih ketelitian atau kejelian dan mengasah otak siswa. Adapun kelemahannya adalah setiap jawaban saling berkesinambungan sehingga akan berpengaruh pada siswa dalam menjawab. Adapun solusinya adalah dengan pemberian huruf bantu pada crossword puzzle tersebut. Penggunaan metode ini paling tepat dilaksanakan di akhir pembelajaran sebagai evaluasi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan. (ips1/ton)

Guru SMP Negeri 13 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya