alexametrics

Pembelajaran Jarak Jauh Teks Descriptive dengan Bandicam

Oleh : Yudha Pambudi Wibowo, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh sudah berlangsung selama lebih dari setahun di era pandemi ini. Beragam aplikasi sudah akrab dan sering kita dengar di telinga kita seperti Whatsapp, Google Meet, Google Forms, Zoom, Cisco Webex, Microsoft Sway dan lain sebagainya. Tuntutan guru tidak hanya pada kemampuan profesional namun juga untuk berkomunikasi, menyampaikan ilmu, membimbing, dan mendampingi siswa dalam jaringan (Dhiatmika, 2020). Seiring dengan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berbagai kendala kita temui dalam pembelajaran. Kendala yang sering dialami pada pembelajaran jarak jauh dalam jaringan adalah keterbatasan SDM, keterbatasan sarana dan prasarana seperti laptop atau HP yang dimiliki oleh siswa, kesulitan akses internet, minimnya kuota internet, dan kurang terampilnya menggunakan aplikasi online (Muhlison, 2021).

Saya mengajar bahasa Inggris di kelas VII A, B, dan D di SMP Negeri 2 Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Beberapa aplikasi pembelajaran online sudah saya terapkan di kelas. Kendala yang saya temui dalam pembelajaran bermacam – macam. Bagi guru, literasi dalam dunia digital mutlak diperlukan di era pandemi seperti ini. Seorang guru memerlukan persiapan dalam menyajikan media pembelajaran jarak jauh di kelasnya. Oleh karena itu, hendaknya kita bijak dalam memilih aplikasi yang bisa menghemat waktu dalam persiapannya. Kemudian, siswa yang saya ajar cenderung jenuh dengan aplikasi yang sudah pernah diberikan. Tidak semua siswa terampil dalam menggunakan aplikasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu, aplikasi yang friendly user merupakan pilihan terbaik untuk pembelajaran.

Baca juga:  Penguatan PAI dan Budi Pekerti melalui Pembiasaan Risalah Awal

Pada Maret 2021, pembelajaran di kelas VIIA, B, dan D telah sampai pada unit 7 “What Does It Look Like?” Materi unit 7 semester 2 adalah teks deskriptif. Kompetensi dasar yang harus dikuasai pada unit 7 antara lain 3.7, 4.7 Teks deskriptif, 4.7.1 dan 4.7.2. Saya membuat media pembelajaran dengan aplikasi Bandicam sesuai topik pada unit 7 yaitu teks deskriptif. Saya bagikan video pada Whatsapp group yang saya gunakan untuk pembelajaran. Response kelas sangatlah aktif pada pembelajaran. Mereka menonton video hingga akhir, dan mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang diberikan baik via grup maupun secara chat pribadi dengan saya. Saya merasa video wajah saya yang ditampilkan memberikan kedekatan emosional dengan siswa.

Baca juga:  Kreativitas Buat Video Lagu Tingkatkan Keterampilan Bahasa Inggris

Bandicam merupakan software yang dikembangkan untuk menangkap screen atau merekam screen sehingga memungkinkan untuk melakukan screenshots maupun merekam perubahan screen. Melalui software ini, media pembelajaran yang baik dapat diciptakan melalui cara yang mudah dan persiapan yang cukup sederhana. Terkait dengan pembuatan media pembelajaran, langkah yang harus dilakukan antara lain mempersiapkan 1 dokumen Microsoft Powerpoint yang terdiri dari 5-8 slide. Kemudian, melakukan setting pada webcam, mouse cursor effect, dan michropone. Selanjutnya tekan record tekan pilihan fullscreen. Setelah itu buka file Miscrosoft Powerpoint kita kemudian tekan slide show dan tekan record pada tombol Bandicam. Ketika sudah selesai klik tombol stop pada Bandicam. Secara lebih detail tutorial pemanfaatan aplikasi Bandicam untuk membuat media pembelajaran mudah kita jumpai di YouTube.

Baca juga:  Menentukan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Papan Brusil

Software Bandicam menghasilkan video yang sangat bermanfaat dan mampu memberi warna pada pembelajaran jarak jauh. Kelebihan dari software ini dapat menyajikan slide powerpoint bersama dengan video penjelasan guru secara bersamaan. Software ini mudah untuk didapatkan secara online. Akan tetapi yang kita dapatkan adalah moda free. Untuk moda free ini memiliki keterbatasan, yakni hanya mampu merekam video dengan durasi maksimal 10 menit. Oleh karena itu, hendaknya disiasati dengan membagi presentasi menjadi beberapa bagian. Sehingga semua materi dapat terepresentasikan dengan baik. (gb2/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP N 2 Karanganyar, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya