alexametrics

Efektifkah LMS Grissa Daring dalam Pembelajaran?

Oleh : Endrat Sutopo, S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 melanda di hampir seluruh negara di dunia. Dalam bidang pendidikan, model pembelajaran jarak jauh menjadi solusi untuk menghadapi pandemi Covid-19. Strategi dan metode yang diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh tidak terlepas dari dukungan perangkat teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari perangkat keras sampai perangkat lunak.

SMP Negeri 1 Salatiga memanfaatkan perangkat lunak berupa Learning Management System (LMS) untuk mengelola pembelajaran jarak jauh. LMS tersebut selanjutnya diberi nama LMS Grissa Daring. Diharapkan dengan penggunaan LMS Grissa Daring pembelajaran di SMP Negeri 1 Salatiga dapat berjalan dengan lancar. Akan tetapi efektifkah penggunaan LMS Grissa Daring ini dalam pembelajaran?
LMS Grissa Daring merupakan aplikasi pengelolaan pembelajaran jarak jauh berbasis web. Alamat web www.kelas.smpn1salatiga.sch.id menjadi portal utama untuk mengakses LMS tersebut. Melalui satu portal tersebut peserta didik dapat mengakses semua mata pelajaran dengan segala bentuk kegiatan pembelajaran didalamnya, sehingga kegiatan pembelajaran jarak jauh yang diikuti peserta didik dapat terpusat di satu layanan.

Baca juga:  Pembelajaran IPS dengan Cooperatife Learning Historical Pictures

Setiap guru mata pelajaran dapat menerapkan berbagai bentuk kegiatan pembelajaran melalui LMS Grissa Daring seperti melakukan video conference, membagikan file materi pembelajaran, menyampaikan paparan presentasi pembelajaran, membagikan video pembelajaran. Penugasan, membuka forum diskusi, sampai melakukan penilaian dengan berbagai bentuk instrumen. Semua bentuk kegiatan tersebut dapat dikelola dengan rapi dan dapat dipantau secara sitematis melalui sistem yang terintegrasi.

LMS Grissa Daring dapat diakses oleh guru dan peserta didik kapanpun dan di manapun dengan perangkat komputer atau smartphone yang dilengkapi dengan koneksi internet. Hal ini mungkin akan menjadi permasalahan tersendiri, apakah guru dan peserta didik siap dengan perangkat dan fasilitas pendukungnya?
Menurut Badan Pusat Statistik tentang statistik telekomunikasi Indonesia tahun 2019, persentase penduduk yang menggunakan telepon selular terus mengalami peningkatan. Hingga tahun 2019 mencapai 63,53 persen. Pertumbuhan penggunaan telepon selular ini diikuti pula oleh pertumbuhan kepemilikan komputer dan kepemilikan akses internet dalam rumah tangga yang mencapai angka 18,78 persen untuk kepemilikan komputer dan 73,75 persen untuk kepemilikan akses internet dalam rumah tangga.

Baca juga:  Tingkatkan Minat Baca Puisi, Guru sebagai Model

Penggunaan internet juga mengalami peningkatan selama kurun waktu 2015 – 2019, yang ditunjukkan dari meningkatnya persentase penduduk yang mengakses internet pada tahun 2015 sekitar 21,98 persen menjadi 47,69 persen pada tahun 2019. Data itu menunjukkan bahwa secara umum masyarakat Indonesia siap mengikuti pembelajaran jarak jauh melalui sebuah LMS yang diakses dengan perangkat TIK yang terhubung dengan internet. Begitu halnya dengan guru dan peserta didik SMP Negeri 1 Salatiga secara umum mampu dan memiliki perangkat/fasilitas untuk mengakses LMS Grissa Daring.
LMS Grissa Daring secara kemampuan aplikasi sangat mendukung untuk digunakan dalam pengelolaan pembelajaran jarak jauh. Sedangkan secara metode pengaksesan, pengguna LMS Grissa Daring dalam hal ini peserta didik dan guru memiliki perangkat dan fasilitas untuk mengakses sistem. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan LMS Grissa Daring adalah sebuah sistem yang efektif untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Baca juga:  Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning

Penerapan LMS Grissa Daring bukan berarti tanpa konsekuensi. Sistem tersebut membutuhkan pembiayaan dan sumber daya manusia yang mumpuni untuk pengelolaan dan perawatannya. Dengan manfaat dan perannya yang sangat vital dalam proses pembelajaran saat ini, sudah seharusnya mendapatkan perhatian khusus oleh pemangku kebijakan untuk mengupayakan pembiayaan dan pengelolaan untuk meningkatkan kemampuan sistem tersebut. (ss1/lis)

Guru TIK SMP Negeri 1 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya