alexametrics

PJJ Lebih Mudah dan Menyenangkan dengan Aplikasi TEAMS

Oleh : Sa’diyah S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN Jarak Jauh (PJJ) adalah proses belajar mengajar yang tidak dibatasi ruang kelas dan halaman sekolah. Proses pembelajaran yang bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. PJJ mempunyai karakteristik yang berbeda dengan proses pembelajaran konvensional, PJJ menerapkan pembelajaran yang tidak dilaksanakan di dalam kelas (Pakpahan & Fitriani, 2020).

PJJ di SMP Negeri 21 Semarang menggunakan aplikasi TEAMS dari Microsoft Office 365 sebagai media PJJ untuk semua guru dan siswa. Pemilihan aplikasi ini dilaksanakan karena untuk beberapa pilihan aplikasi yang lain dirasa kurang maksimal. Ini karena pihak sekolah kurang bisa memantau dan mengevaluasi kinerja guru dan keterlibatan siswa selama proses kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung.

Awalnya para guru masih terlihat agak gagap untuk mengikuti pelatihan menggunakan TEAMS. Namun setelah beberapa minggu semakin menikmati pola dan alur pembelajaran daring dengan para siswanya. Untuk siswa juga tidak mengalami kesulitan yang berarti, karena mereka adalah generasi milenial yang tidak gagap teknologi.

Baca juga:  Math Crossword Puzzle Pembelajaran Asyik di Masa Pandemi

Aplikasi TEAMS mudah diikuti dan menyediakan ruang kelas guru dan siswa bisa mengadakan diskusi melalui ruang rapat (meet), guru bisa menyapa dan memberikan pengumumam di pos umum (general), guru bisa mengirimkan tugas melalui saluran dan mengoreksi tugas dan ulangan siswa secara online yang akan merekam semua perolehan nilai yang dapat diunduh dengan format excel. Ini sangat memudahkan para guru melaksanakan proses pengajaran dan penilaian.

Sedangkan siswa akan dapat mengerjakan tugas dan ulangan mereka secara langsung dikirimkan kepada masing-masing guru. Guru dan siswa juga dapat berkolaborasi dengan menggunakan papan tulis untuk guru menerangkan dan meminta siswa menulis di papan tulis. Guru juga bisa berbagi layar untuk berbagi materi atau menjelaskan suatu materi, gambar, video, atau PPT.

Baca juga:  Dengan Quizizz Motivasi Belajar Materi Listrik Statis Meningkat

Pengalaman penulis sebagai guru IPA di SMP Negeri 21 Semarang saat pembelajaran materi pengelolaan lingkungan khususnya pada pengelolaan sampah organik memberikan tugas praktik pembuatan ecoenzim di rumah siswa. Pada saat penilaian, masing-masing siswa mempresentasikan hasil praktikumnya melalui TEAMS dengan melengkapi tayangan video atau PPT hasil kegiatan praktik. Siswa terlihat antusias dan bersemangat menampilkan hasil praktiknya.

TEAMS memang selayaknya digunakan dalam proses PJJ. Karena menyediakan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Dengan TEAMS, guru dan siswa bisa berkolaborasi dengan baik dan menyenangkan selama koneksi internet mendukung. Pada saat PAT berlangsung, bisa membuat kelas virtual khusus pelaksanaan tes, sehingga guru bisa mengawasi pelaksanaan saat tes berlangsung. Microsoft TEAMS bertindak sebagai pusat kerja tim di Microsoft Office 365 dan menawarkan sejumlah fitur hebat yang mendukung semua anggota tim. Microsoft TEAMS adalah aplikasi kolaborasi tim di Office 365 yang mengintegrasikan semua orang, konten dan alat yang diperlukan.
Aplikasi TEAMS untuk PJJ memang bukan satu-satunya aplikasi yang terbaik. Tetapi dari proses yang sudah berlangsung di SMP Negeri 21 Semarang paling tepat. Aplikasi tersebut tepat guna dan mudah diaplikasikan. Bahkan menyenangkan saat menjelaskan materi di kelas TEAMS. (ipa1/ida)

Baca juga:  Layanan Konseling Individu di Masa Pandemi melalui Google Forms

Guru IPA SMP Negeri 21 Semarang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya