alexametrics

Media Pembelajaran Online di Masa Pemdemi Covid-19

Oleh : Mas Indah Murdaningrum S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEJAK diberlakukannya masa darurat Covid-19 satu tahun yang lalu, hampir seluruh sekolah di Indonesia mengambil kebijakan untuk pembelajaran online. Dengan adanya pembelajaran online guru dan siswa sama-sama belajar untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Dengan berbagai keterbatasan kemampuan, sarana prasarana berupa handphone, laptop, dan jaringan bagi guru dan siswa, serta kemampuan yang masih terbatas dalam pemanfaatan teknologi, membuat pelaksanaan pembelajaran online harus tetap diupayakan berjalan agar proses transformasi ilmu pengetahuan kepada siswa tidak terganggu.

Guru sebagai ujung tombak pendidikan harus pandai memilih berbagai media ajar dalam pembelajaran online. Beragam media ajar digunakan seperti Group Whatsapp, Google Classroom, Moodle, Youtube. Untuk pembelajaran secara sinkronus, guru juga memanfaatkan media Google Meet, Zoom Cloud Meeting, Cisco Webex dan lainnya.

Whatsapp merupakan salah satu platform digital yang ada di handphone dan cukup digemari dalam pembelajaran online. Dalam pembelajaran ini, siswa dikumpulkan di satu grup dan proses pembelajaran dilaksanakan dengan memberi pesan, baik dengan tulisan, suara, maupun gambar. Aplikasi ini banyak digunakan karena hemat kuota, dan familier di kalangan siswa.

Baca juga:  Harga Gula Pasir Terus Meroket

Google classroom memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di antaranya halaman utama yang dapat menampilkan tugas siswa, penyusunan kelas, penyimpanan data di google drive, dapat diakses melalui smartphone, menampung semua jenis file, serta dapat menambahkan gambar profil. Google classroom bisa dikatakan salah satu media pembelajaran yang berbasis metode pembelajaran inkuiri, karena google classroom dapat melibatkan kemampuan siswa secara maksimal dalam mencari, memahami, menyelidiki, menganalisis, dan merumuskan hasil belajar (Gofur, 2018).

Moodle adalah paket sofware yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan website. Moodle adalah media berbasis cloud yang dapat diakses melalui komputer atau smartphone yang harus terhubung dengan internet (Sari & Setiawan, 2018). Shareble Content Object Reference Model yang digunakan oleh Moodle adalah standar paket pembelajaran yang dapat menggunakan beberapa format materi pembelajaran berupa teks, animasi, audio ataupun video yang bersifat elektronik. MAN 2 Bantul telah mengunakan moodle sebagai media pembelajaran selama pandemi Covid-19 melanda dan diberi nama E Smart, termasuk telah diterapkan dalam pembelajaran ekonomi.

Baca juga:  Libur Panjang, Pusat Perbelanjaan Masih Lengang

Youtube merupakan media pembelajaran yang mudah digunakan. Youtube sendiri tersedia berbagai konten yang dapat dipilih dan dapat mengirim link youtube dengan mudah. Bahkan beberapa guru sering membuat video yang diunggah sendiri ke channel youtube yang dimiliki guru tersebut.

Google Meet merupakan salah satu desain produk dari Google Apps. Banyak sekali kelebihan dari apikasi tersebut yang dapat digunakan pada saat pembelajaran online. Aplikasi ini tidak memerlukan akses internet yang tinggi sehingga mudah digunakan dimana saja dan kapan saja.

Zoom meeting adalah layanan video conference yang memungkinkan pengguna dapat saling terhubung, melakukan meeting, webinar, chatting, hingga melakukan diskusi dalam sebuah Channel. Zoom menjadi alternatif untuk pembelajaran online dari lembaga pendidikan di seluruh dunia.

Baca juga:  Meningkatkan Pemahaman Konsep Pemuaian Zat dengan Media Barang Bekas Lingkungan Sekitar

Pandemi Covid-19 secara langsung maupun tidak langsung telah mengubah aspek kehidupan, terutama dalam dunia pendidikan. Ragam media pembelajaran serta platform pendidikan banyak bermunculan mendorong serta menuntut profesionalisme serta kecakapan guru dalam melaksanakan tugas pengajaran kepada siswa. Penggunaan media pembelajaran dapat menjadi alternatif solusi dalam pembelajaran, demi kelangsungan pembelajaran pada setiap satuan pendidikan, yang manfaatnya dapat dirasakan tidak hanya guru, namun siswa dan orang tua dapat merasakan langsung manfaat media ajar. (ipa1/ida)

Guru Ekonomi MAN 2 Bantul

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya