alexametrics

Eksperimen Ampuh Tingkatkan SMS dalam PJJ

Oleh : Temu, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran di masa pandemi lebih dikenal PJJ dalam jaringan membuat semangat belajar siswa menjadi menurun. Hal ini terbukti dari beberapa tugas yang dikirim oleh guru hanya beberapa siswa saja yang mau mengirimkan jawaban, dengan hasil yang tidak maksimal. Berbagai cara dan upaya guru telah dilakukan supaya siswanya semangat dalam pembelajaran daring.

Dalam Kurikulum 2013 tujuan pembelajaran IPA di SD, siswa dituntut supaya mampu melakukan dan menemukan sesuatu, sehingga aspek keterampilan ini harus dikembangkan dengan baik pada semua mata pelajaran terutama mata pelajaran IPA.
Pendekatan yang dikembangkan dalam Kurikulum 2013 adalah pendekatan saintifik dan tematik integratif. Pendekatan saintifik dilakukan dengan proses ilmiah yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomuikasikan. Sehingga siswa mengalami langsung dalam proses pembelajaran supaya hasil belajar dapat mudah dipahami oleh siswa.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Menulis dengan Berfantasi

Pembelajaran IPA kelas 5 SD Negeri 03 Legokkalong melalui online (daring) semangat dan motivasi siswa rendah sehingga berpengaruh juga terhadap hasil belajarnya. Akhirnya guru berpikir untuk berinovasi dalam pembelajaran dengan metode eksperimen. Diharapkan dengan metode eksperimen semangat dan motivasi siswa dalam pembelajaran meningkat.

Menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain (2010:84), “Metode eksperimen merupakan cara penyampaian materi di mana siswa dapat melakukan suatu percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri secara langsung apa yang dipelajari”.
Menurut Ibrahim (2011), penguasaan konsep sangat penting bagi siswa untuk menguasi konsep dengan baik, sehingga mampu menerapkan konsep tersebut dalam berbagai kepentingan. Belajar IPA dengan eksperimen tidak sekedar untuk menemukan konsep secara kognitif dan hafalan semata. Eksperimen yang kreatif diharapkan dapat menumbuh kembangkan dan melatih sikap ilmiah siswa. Sehingga siswa lebih aktif, eksploratif, semangat, dan termotivasi dalam pembelajaran.

Baca juga:  Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh melalui Pendekatan Bermain pada Sekolah Dasar

Berikut langkah-langkah guru dalam kegiatan eksperimen secara daring. Pertama, guru mengabsen kehadiran siswa menggunakan google form, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, dan siswa diberikan LKS, menyiapkan alat peraga yang dibutuhkan dalam eksperimen. Kedua siswa mulai melakukan eksperimen sesuai dengan panduan yanga ada di LKS, guru membimbing melalui WA. Siswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil eksperimen. Kemudian siswa yang lainnya diberi kesempatan utuk menanggapinya. Setelah semua selesai guru menegaskan jawaban yang benar. Ketiga guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran dan membuat rangkuman. Guru mengirimkan evaluasi melalui google form dan menyampaikan hasil evaluasi pada grup WA. Supaya siswa tahu hasil evaluasi yang dikerjakannya.

Baca juga:  Mengubah Puisi ke dalam Bentuk Prosa dengan Teknik Batu Siska

Dari hasil pembelajaran menggunakan metode eksperimen, dapat disimpulkan bahwa eksperimen dapat meningkatkan semangat, motivasi siswa (SMS) dalam PJJ sehingga meningkatkan pula hasil belajar siswa mapel IPA di kelas V SDN 03 Legokkalong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. (gb2/lis)

Guru Kelas 5 SDN 03 Legokkalong, Kec. Karanganyar, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya