alexametrics

Asyiknya Bercerita dengan Talking Stick

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang sering kita jumpai adalah teks narrative. Teks narrative adalah teks lisan maupun tulis yang menceritakan sebuah cerita khayalan atau kisah nyata yang direkayasa melalui rangkaian peristiwa secara kronologis dan saling terhubung.

Struktur teks narrative yaitu orientation (perkenalan tokoh, tempat, dan waktu kejadian), complication (permasalahan yang dihadapi tokoh utama), resolusion (penyelesaian masalah) dan reorientation (kondisi akhir tokoh atau pesan moral cerita). Membaca atau mendengar teks narrative merupakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Siswa terhibur dengan cerita-cerita lucu dan menarik namun sarat akan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.

Permasalahan muncul ketika para siswa diminta untuk menceritakan kembali (retell) cerita yang telah mereka baca. Tidak percaya diri merupakan salah satu alasan dari mereka. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena doktrin pembelajaran speaking selama ini adalah berbicara dengan logat dan lafal yang semirip mungkin dengan native speaker (penutur bahasa asli). Sedangkan lidah orang Indonesia memiliki logat yang berbeda. Agar siswa termotivasi berbicara, penulis menerapkan metode talking stick untuk pembelajaran speaking teks narrative pada siswa kelas X MIPA 1, MAN 4 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020. Menurut Miftahul Huda (2013: 224), talking stick merupakan metode pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. Dalam pelaksanaannya, tongkat akan berjalan secara estafet dengan iringan musik. Siswa yang memegang tongkat ketika musik berhenti, wajib bercerita.

Baca juga:  Efektifkah LMS Grissa Daring dalam Pembelajaran?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, guru menyiapkan tongkat dengan panjang sekitar 20 cm. Kemudian guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari 5 atau 6 orang. dan menyampaikan materi. Lalu, guru memberikan 3 teks narrative kepada masing-masing kelompok. Tugas dalam kelompok adalah berlatih menceritakan kembali (retell) secara lisan teks-teks tersebut dan memastikan anggotanya mampu melakukan retell sesuai dengan urutan kejadiannya. Setelah itu, siswa diminta keluar dari kelompoknya dan membentuk lingkaran. Guru menyebutkan judul cerita yang akan dimainkan, dan memberikan tongkat tersebut kepada salah satu siswa kemudian memutar musik.

Ketika musik diperdengarkan, tongkat harus digulirkan. Siswa yang memegang tongkat ketika pertama kali musik berhenti, wajib mengawali cerita dengan memperkenalkan tokoh, tempat dan waktu kejadian. Siswa yang menerima estafet tongkat berikutnya melanjutkan cerita dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh tokoh utama dan seterusnya sampai cerita itu berakhir. Siswa yang telah mendapatkan giliran bercerita, keluar dari lingkaran dan kembali pada kelompoknya semula. Jika ada siswa yang memegang tongkat tetapi belum mampu melanjutkan penggalan cerita, maka tongkat akan digulirkan kembali, dan siswa tersebut belum diperbolehkan keluar dari lingkaran.

Baca juga:  Efektivitas Metode Outdoor Study untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran IPS

Kelompok dengan jumlah siswa keluar terbanyak, itulah pemenangnya. Siswa yang masih berada dalam lingkaran melanjutkan permainan. Begitu seterusnya hingga lingkaran yang terbentuk semakin kecil dan semua siswa mendapat giliran bercerita.

Semua metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan, begitu pula metode talking stick. Menurut Huda (2013:225) kelebihan metode talking stick adalah bermanfaat untuk menguji kesiapan siswa pada saat belajar dan melatih konsentrasi. Sedangkan kelemahannya, pada siswa yang pemalu, metode ini kurang sesuai. Meskipun demikian, penulis mengamati, siswa antusias dan asyik bercerita dengan talking stick. Keberadaan tongkat di genggaman mendorong siswa untuk berani berbicara. Musik sebagai pengiring menambah seru pembelajaran tanpa menghilangkan esensinya. (ag1/lis)

Baca juga:  Tebak Kata dengan KAHOOT!

Guru Bahasa Inggris di MAN 4 Sleman, Yogyakarta.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya