alexametrics

Belajar Sistem AC Mobil Lebih Menarik dengan Video Pembelajaran

Oleh : Nurhayadin S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia. Untuk menghentikan laju perkembangan mutasi virus Covid-19, Kemendikbud terpaksa menghentikan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah dan sebagai gantinya dilakukan kegiatan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) atau online. Pola kegiatan pembelajaran daring merupakan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa, tetapi dilakukan melalui jaringan internet.

Kegiatan pembelajaran daring dapat dilakukan melalui grup di media sosial, seperti whatsapp (WA), telegram, instagram, zoom, google classroom dan lainnya. Kendala yang terjadi pada kegiatan pembelajaran daring bagi siswa selain sinyal dan kuota yaitu penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat untuk mendukung memahami materi kompetensi yang dipelajari. Sehingga membuat siswa bingung dan kesulitan terutama pada pembelajaran praktik. Sebab siswa tidak dibimbing langsung oleh guru/instruktur. Hal ini dirasakan juga oleh siswa-siswi SMK Negeri Karangpucung kelas XII TKRO4 pada kompetensi dasar sistem AC mobil.

Baca juga:  Pembelajaran Materi Sistem EFI Lebih Mudah dengan Media EFI Scanner

Sistem AC mobil merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) yang harus dikuasai oleh siswa pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di kelas sebelas dan duabelas. Kompetensi dasar sistem AC mobil di kelas duabelas terdiri dari dua kompetensi dasar yaitu menganalisa gejala kerusakan sistem AC mobil dan melakukan perbaikan sistem AC mobil. Belajar sistem AC mobil akan terasa lebih sulit dipahami siswa secara mandiri tanpa adanya penjelasan dan demontrasi praktik dari guru. Untuk mengatasi kesulitan kegiatan pembelajaran sistem AC mobil diperlukan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa dalam memahami materi tersebut. Salah satu media pembelajaran yang tepat untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan media video pembelajaran.

Baca juga:  Aplikasi WA dalam Melayani Pembelajaran PAI di Masa Pandemi

Peranan seorang guru dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan pembelajaran melalui media pembelajaran agar dapat membantu siswa dalam memahami materi yang dipelajarinya, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan dan tidak membosankan serta dapat diterima oleh siswa. Video pembelajaran adalah salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan siswa pada pembelajaran daring atau online dimasa pandemi Covid-19.

Media pembelajaran adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Menurut Sukiman (2012) video pembelajaran adalah seperangkat komponen atau media yang mampu menampilkan gambar sekaligus suara dalam waktu yang bersamaan. Sementara itu menurut Alphaomegaproperty (2020) video adalah gambar gerak yang terdapat serangkaian alur dan menampilkan pesan dari bagian sebuah gambar untuk tercapainya tujuan pembelajaran.

Proses bembelajaran daring melalui video dapat disampaikan melalui banyak cara, antara lain siswa dapat mengakses langsung melalui kanal youtube, google classroom, zoom, atau website yang disediakan oleh guru. Pada kegiatan pembelajaran daring kelas XII TKRO4, siswa menyimak dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh video tutorial praktik yang dibuat oleh guru sebagai sarana atau media untuk membantu belajar siswa. Terutama dalam memahami materi kompetensi dasar menganalisa gejala kerusakan dan melakukan perbaikan sistem AC mobil di google classroom.

Baca juga:  Media Video Dokumenter Tingkatkan Pemahaman Konsep Kewargaan Digital

Berdasarkan paparan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran sistem AC mobil dengan video pembelajaran, siswa akan lebih tertarik sehingga kegiatan pembelajaran secara daring menjadi lebih menyenangkan. Hal ini karena video pembelajaran terutama video tutorial praktik sangat membantu dalam memahami materi kompetensi dasar menganalisa gejala kerusakan dan melakukan perbaikan sistem AC mobil. (agu1/ida)

Guru Produktif TKRO SMK Negeri Karangpucung, Kabupaten Cilacap

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya