alexametrics

Asyiknya Belajar Teks Narasi dengan Model Pembelajaran Picture and Picture

Oleh : Eni Aryani, S.S.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam buku Argumentasi dan Narasi (2010) oleh Gorys Keraf, teks narasi adalah suatu karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa kejadian. Teks narasi tersusun secara kronologis sesuai degan urutan waktunya. Sedangkan model pembelajaran Picture and Picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Pembelajatan ini memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Model pembelajaran Piture and Picture mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran.

Dalam pelajaran bahasa ndonesia terdapat empat keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Empat keterampilan itu adalah menulis, membaca, menyimak, dan mendengarkan. Membuat teks narasi tidak terlepas dari pelajaran bahasa indonesia khususnya dalam keterampilan menulis.

Menulis merupakan kegiatan mengungkapkan isi pikiran atau perasaan. Salah satu jenis teks yang biasa digunakan dalam belajar menulis adalah teks narasi. Akan tetapi, hasil belajar Bahasa Indonesia dalam penulisan teks narasi masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman peserta didik dalam memahami cara penulisan teks narasi. Atau mungkin ada penyebab lainnya, misalnya dari segi pendidiknya. Mungkin saat ini pendidik masih terpaku dengan metode ceramah dalam pembelajaran, sehingga banyak peserta didik yang tidak aktif di dalam kelas dan mengakibatkan pemahaman mereka dalam pemahaman materi menjadi kurang dan berimbas terhadap hasil pembelajaran yang kurang memuaskan.

Baca juga:  Kenali Teknik Analisis Kalimat Diterangkan Menerangkan

Pendidik dapat mengubah metode pembelajaran dalam penulisan teks narasi yang mulanya terbiasa menggunakan metode ceramah dapat dicoba dengan metode pembelajaran Picture and Picture dan diharapkan peserta didik lebih tertarik dalam metode pembelajaran tersebut. Model pembelajaran Picture and Picture mengajak peserta didik untuk lebih aktif. Mereka dapat belajar dengan menyenangkan dan tidak bosan karena pendidik menampilkan gambar-gambar yang berurutan sesuai dengan alurnya. Saat memerhatikan gambar yang disediakan oleh pendidik di dalam kelas, peserta didik dapat mencoba untuk berimajinasi sesuai dengan gambar yang ada kemudian peserta didik akan mencoba merangkai kata berdasarkan dengan apa yang telah disajikan.

Pembelajaran dengan metode Picture and Picture dianggap metode pembelajaran yang menyennagkan karena peserta didik dapat berimajinasi dibantu dengan gambar yang telah disediakan oleh pendidik. Dengan adanya gambar tersebut peserta didik diharapkan terpancing untuk berimajinasi dan merangkai kata yang sesuai sehingga terciptalah sebuah paragraf berdasarkan alur cerita yang terdapat pada gambar. Kemudian peserta didik dapat beralih ke gambar selanjutnya dan merangkai kata menjadi sebuah paragraf selanjutnya yang kemudian dapat dirangkai menjadi sebuah cerita yang memiliki tokoh dan alur.

Baca juga:  Pentingnya Unggah-Ungguh dalam Penguatan Karakter Siswa

Tidak ada salahnya pendidik mencoba metode pembelajaran yang baru agar kelas tidak monoton. Sesekali biarlah peserta didik berekspresi berdasarkan imajinasinya agar kekreatifannya dalam merangkai kata menjadi sebuah paragraf terasah dengan baik. Bagi pendidik cukuplah kita mendampingi dan mengarahkan manakala ada peserta didik yang bertanya atau mungkin membutuhkan bantuan dalam menuliskan cerita narasi. Selain itu, pendidik dapat menyediakan Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI) untuk mengantisipasi ketika peserta didik kesulitan dalam memaknai sebuah kata.

Pembelajaran yang menyenangkan tentunya akan membuat peserta didik mudah memahami tentang apa yang disampaikan. Selain itu, peserta didik akan lebih terasah kreatifitasnya, lebih semangat belajarnya, dan lebih mudah memahami tentang apa yang disampaikan. (agu2/ton)

Baca juga:  Optimalisasi Penggunaan KBBI Online dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Guru Bahasa Indonesia di MTsN 2 Grobogan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya