alexametrics

Praktikum Berbantu LKPD Berbasis Discovery Learning Tingkatkan Belajar

Oleh : Nunuk Andriana S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PRAKTIKUM selama Belajar Dari Rumah (BDR) membuat peserta didik bingung cara melakukannya. Seperti di SMP Negeri 35 Semarang. Pola-pola BDR seperti menyalin berbagai pengetahuan dari satu bahan ajar ke bahan ajar lainnya dinilai kurang efektif dan dianggap belum membangun keterampilan berpikir kritis pada peserta didik. Menurut Mauliana dkk (2020:68), keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu faktor yang mendukung keberhasilan belajar.

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memungkinkan guru belajar lebih optimal, memberikan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan, serta melatih peserta didik memecahkan masalah. LKPD merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dikembangkan oleh guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran yang dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan situasi yang dihadapi.

LKPD yang digunakan adalah penemuan konsep menggunakan model Discovery Learning pada praktikum tekanan hidrostatis. Menurut Abdul Majid (dalam Nella, 2020:7), LKPD adalah lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran, yang di dalamnya memuat petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas yang tercantum di dalamnya sebagai alat bantu untuk mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik.
Model Discovery Learning untuk mengembangkan sikap, pengetahuan proses pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk mencari tahu bukan diberi tahu. Menurut Effendi (dalam Nabila, 2018:22) Discovery Learning merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam pemecahan masalah untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan.

Baca juga:  Sukses Membina Atletik dengan Pilar Kosim

Sistimatika penulisan LKPD menurut Poppy Kamalia (dalam Wandy, 2020, https://www.youtube.com/watch?v=J3fli2aLVD0,19 Mei 2021) sebagai berikut, 1) judul. 2) Tujuan, berisi kompetensi yang harus dicapai peserta didik setelah melaksanakan percobaan. 3) Pengantar, berisi uraian singkat bahan pelajaran yang termuat dalam kegiatan. 4) Alat dan bahan. 5) Langkah kegiatan, berisi 5a) tabel/hasil pengamatan, memiliki fungsi untuk mencatat data hasil pengamatan yang didapatkan dari kegiatan, 5b) Pertanyaan, berisi mengulang kembali apa yang diamati ketika melakukan percobaan dan juga menuntun untuk menarik kesimpulan, 5c) kesimpulan, terdapat bagian akhir yang bertujuan supaya guru dapat mengetahui tercapai/tidaknya kompetensi yang diinginkan pada tujuan, karena kesimpulan menjawab tujuan. Dan 6) penilaian.

Baca juga:  Mudah Pahami Materi Pencemaran Lingkungan dengan PBL

Praktikum tekanan hidrostatis berbantu LKPD berbasis Discovery Learning dapat dipraktikkan peserta didik dengan peralatan sederhana yang tersedia di rumah. Paling tidak peserta didik sudah dapat mempraktikkan secara langsung. Adapun kendala yang dialami peserta didik dalam mempraktikannnya dapat diatasi dengan berkomunikasi dan tanya jawab lewat WAG ataupun WA pribadi meningkatkan keaktifan peserta didik dalam melakukan praktikum.

Pengambilan nilai keterampilan dapat dilihat dari hasil laporan praktikum yang dikirim peserta didik. Aspek–aspek penilaiannya sudah dicantumkan dalam LKPD. Menulis laporan praktikum memiliki banyak manfaat, baik akademik dan nilai hasil mengerjakan praktikum. Bahkan semakin memperdalam materi. Ketika menulis, peserta didik akan membaca, secara tidak langsung akan masuk ke pikiran dan akan diingat peserta didik.

Baca juga:  Skripko Meningkatkan Pemahaman Sumpah Pemuda

Melalui kegiatan praktikum tekanan hidrostatis secara BDR berbantu LKPD berbasis Discovery Learning, penulis menyimpulkan, peserta didik merasa lebih mudah mempraktikkannya. Hal ini karena kegiatan yang dilakukan peserta didik sudah rinci dituliskan dalam langkah-langkah kegiatan sehingga mempermudah meningkatkan motivasi belajar. Hal ini terlihat dari hasil laporan praktikum yang dikirim peserta didik, mampu mengekspresikan dirinya masing-masing. (ipa1/ida)

Guru IPA SMPN 35 Semarang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya