alexametrics

Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang besaran, struktur, bangun ruang, dan perubahan-perubahan yang ada pada suatu bilangan. Matematika berasal dari bahasa Yunani “mathematikos” yang artinya ilmu pasti. Matematika adalah salah satu ilmu yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik secara umum maupun secara khusus. Sehingga sangat penting mempelajari matematika. Tetapi sebagian besar peserta didik tidak menyukai matematika karena peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar matematika.

Sunarta (1985 : 7) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kesulitan belajar adalah kesulitan yang dialami oleh siswa-siswi dalam kegiatan belajarnya, sehingga berakibat prestasi belajarnya rendah dan perubahan tingkah laku yang terjadi tidak sesuai dengan partisipasi yang diperoleh sebagaimana teman-teman kelasnya.

Kesulitan belajar matematika peserta didik di SMA Negeri 1 Jetis Bantul dialami tidak hanya saat pembelajaran jarak jauh tetapi saat pembelajaran tatap muka sebelum pandemi covid-19. Namun kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik di SMA Negeri 1 Jetis Bantul pada saat pandemi covid-19 ini lebih banyak. Bila kesulitan peserta didik dalam menerima pembelajaran matematika pada saat pembelajaran jarak jauh sekarang ini tidak segera diatasi maka akan sangat berpengaruh untuk prestasi kedepanya. Maka dari itu guru sebagai partner dari peserta didik dalam belajar di sekolah harus mampu mencari solusi untuk mengatasi atau meminimalisir kesulitan yang dialami peserta didik tersebut.

Baca juga:  Replika dari Botol Plastik Pelajari Respirasi Jadi Menarik

Dengan tatap muka kesulitan dalam pembelajaran matematika peserta didik lebih sedikit daripada saat pembelajaran jarak jauh sehingga guru harus membuat pembelajaran jarak jauh seperti pembelajaran tatap muka. Karena saat pembelajaran tatap muka peserta didik yang belum paham materi bisa langsung bertanya kepada guru, sedangkan pada saat pembelajaran jarak jauh peserta didik kesulitan untuk bertanya begitu pula guru kesulitan menerangkan.

Untuk membuat pembelajaran jarak jauh seperti pembelajaran tatap muka maka bisa digunakan droidcam yang terintegrasi dengan googlemeet ataupun zoom meeting. Dengan droidcam yang terintegrasi dengan google meet atau zoom meeting, peserta didik bisa bertatap muka dengan guru sehingga pembelajaran jarak jauh seperti pada saat pembelajaran tatap muka. Peserta didik bisa langsung bertanya kepada guru bila ada materi pembelajaran matematika yang belum dipahami agar peserta didik paham dan bisa menerima materi yang dipelajari. Dengan google meet peserta didik tidak keberatan masalah kuota paket data untuk belajar karena pemerintah memberikan bantuan kuota paket data untuk belajar peserta didik yang bisa digunakan untuk google meet.

Baca juga:  Darling, Solusi untuk Pembelajaran Masa Pandemi

Bila peserta didik paham dan bisa menerima materi yang dipelajari maka akan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik sehingga nilai mata pelajaran matematika bisa meningkat. Bila peserta didik dapat memahami materi dan menerima materi yang dipelajari sehingga mendapatkan hasil belajar matematika yang bagus maka hatinya akan bahagia dan gembira. Perasaan gembira dan bahagia dapat meningkatkan imun tubuh sehingga peserta didik tidak mudah terserang penyakit terutama covid-19. (ag2/ton)

Guru SMA N 1 Jetis Bantul, Kabupaten Bantul

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya