alexametrics

Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah melalui Bermain Net

Oleh : Supriyanto, S. Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,Permainan bola voli adalah memainkan bola dengan net dan menjatuhkan bola di dalam lapangan permainan lawan, dengan menyeberangkan bola melewati jarring dan mempertahankan bola tidak jatuh di dalam lapangannya sendiri (Sukintaka, 1983: 34). Nuril Ahmadi (2007:19) menegaskan bahwa permainan bola voli merupakan suatu permainan yang kompleks yang tidak mudah untuk dilakukan oleh setiap orang. Diperlukan pengetahuan tentang teknik dasar dan teknik lanjutan untuk bermain bola voli secara efektif. Teknik dasar dalam permainan bola voli menurut Nuril Ahmadi (2007: 20) dalam permainan bola voli ada beberapa bentuk teknik dasar yang harus dikuasai. Teknik – teknik dalam permainan bola voli terdiri atas servis, passing bawah, passing atas, block, dan smash.

Melihat kenyataan yang ada di MI Ma`arif Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang banyak siswa yang belum bisa menguasai teknik passing bawah dengan baik. Guru pendidkan jasmani dalam usahanya untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan optimal harus berpikir secara kreatif. Guru pendidikan jasmani harus kritis mencari solusi bagaimana agar siswa memiliki motivasi untuk bergerak lebih banyak dalam proses pembelajaran. Unsur senang dan kegembiraan ini sangat penting untuk dimunculkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Rasa senang pada siswa merupakan modal utama untuk menimbulkan situasi yang kondusif untuk melaksanakan pendidikan atau proses pendidikan gerak.

Baca juga:  AKM sebagai Pendongkrak Kualitas SDM

Untuk itu guru pendidikan jasmani mencoba dengan pendekatan pembelajaran yang merangsang siswa untuk belajar mandiri, kreatif, dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran pendidikan jasmani yang memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri, aktif, kreatif, dan terutama pembelajaran menyenangkan yaitu pendekatan bermain. Pendekatan bermain diartikan belajar yang aktif, kreatif, dan efektif terjadi, maka akan mendorong siswa untuk menyenangi dan memotivasi mereka untuk terus belajar. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli. Metode pendekatan permainan passing bawah melalui permainan net bola besar dirasa dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran passing bawah siswa

Dalam permainan bola voli dengan bermain net guru dapat memodifikasi dengan peraturan-peraturan sebagai berikut supaya lebih menarik dan menyenangkan. 1) Latihan passing bawah berpasangan, satu jadi pengumpan, satu siswa yang melakukan passing bawah. 2) Siswa melakukan passing bola voli berpasangan dengan tinggi net 1 meter. 3) Bermain bola voli dimodifikasi dengan tinggi net 1 meter dan menggunakan bola momodifikasi dari plastik.

Baca juga:  Penggunaan Youtube dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra

Selama pembelajaran berlangsung semuanya pasti ada kelebihannya dan ada kekurangannya. kelebihannya dalam pembelajaran ini adalah : a) Guru telah berusaha mempersiapkan peralatan dan lingkungan belajar dengan sebaik –baiknya. Contohnya guru telah memberi dan membagi tugas kepada siswa untuk membawa/membuat/merangkai peralatan yang akan digunakan dalam pembelajaran. b) Guru telah berusaha memberikan materi pembelajaran dengan pendekatan bermain, selalu mendorong dan memotifasi siswa lebih aktif dalam melakukan aktivitas. Guru telah berusaha membuat suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Contohnya pada proses pembelajaran guru selalu menekankan kepada siswa bahwa kelompok yang menang adalah kelompok yang selau aktif, kreatif dan inovatif sehingga menyenangkan. c) Guru telah berusaha memberikan koreksi terhadap kesalahan yang dilakukan siswa, baik secara umum maupun khusus. Koreksi secara umum, guru selalu memberi koreksi setiap kelompok siswa dalam pembelajaran yang tidak sesuai dengan harapan. Gambaran tentang kekurangan selama pembelajaran berlangsung adalah guru belum memberikan teguran atau sanksi kepada siswa yang masih duduk-duduk mencuri kesempatan saat pembelajaran berlangsung. (dd1/ton)

Baca juga:  Memahami Makna Sila-Sila Pancasila Menggunakan Problem Based Learning

Guru MI Ma`arif Wonolelo Sawangan Magelang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya