alexametrics

Membangun Rasa Percaya Diri pada Peserta Didik

Oleh: Neneng Fitria S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PERCAYA diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya. Menurut Thantaway dalam kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005:87), percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif, kurang percaya pada kemampuanya, karena itu sering menutup diri. Sedangkan Menurut Spencer (2003) percaya diri adalah keyakinan pada kemampuan dan penilaian diri atau citra sendiri, termasuk atas kemampuan dirinya yang di wujudkan dalam lingkungan yang semakin menantang serta percaya pada keputusan dan pendapatnya untuk mengatasi kegagalan secara konstruktif.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris melalui Audio Lingual Method

Jadi peserta didik harus mempunyai keyakinan bahwa mereka punya kemampuan untuk bisa menjadi dirinya sendiri, rasa percaya diri sangat di perlukan setiap orang. Tanpa rasa percaya diri, seseorang akan merasa kikuk, serba salah, dan tidak dapat melakukan sesuatu secara maksimal.

Apa yang membedakan antara orang yang mempunyai rasa percaya diri atau tidak? Ternyata ada banyak hal yang membedakan mereka antara lain: Berani tampil Beda, Orang yang percaya diri adalah seseorang yang hampir pasti memahami dirinya sendiri. Ia mengerti kebutuhan dirinya, mengerti keterbatasanya, sehingga jadilah ia seseorang yang berani tampil beda, tentunya dalam hal positif. Berani Menerima Tantangan, bukankah ketika kita belum mencoba, kita belum tahu persis kapankah kesiapan kita? Berani menerima tantangan berarti berani untuk belajar sesuatu yang baru. Asertif, asertif berarti tegas punya pendapat, serta berani berkata tidak.

Baca juga:  Efektivitas Metode Outdoor Study untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran IPS

Seseorang yang percaya diri tentu bersikap tegas, sebab ia berilmu ia tahu kapan saat untuk berkata “ya” dan kapan saat berkata “tidak”. Mandiri, seseorang yang Percaya Diri adalah seseorang yang mandiri. Ia percaya pada kemampuan dan kekuatan dirinya dalam mengatasi permasalahan. Selalu bereaksi Positif dalam Menghadapi Masalah. Reaksi positif ini misalnya dengan tetap tegar, sabar, dan tabah dalam menghadapi permasalahan hidup. Seperti yang diterapkan di SMPN 2 Candimulyo, Magelang.

Dari uraian singkat di atas, tentunya sudah bisa di pahami bagaimana rasa percaya diri itu. Marilah anak-anak kalianpun bisa memahami betapa pentingnya memiliki rasa percaya diri. Nah, sudahkah kalian termasuk orang yang percaya diri alias PD? Kalau belum, mulailah dari sekarang. Tak ada kata terlambat untuk belajar dan memperbaiki diri. (*/zal)

Baca juga:  Layanan Informasi Studi Lanjut melalui Teams

Guru BK SMPN 2 Candimulyo, Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya