alexametrics

Membangun Kreativitas tentang Energi Alternatif melalui Percobaan Kentang

Oleh: Wiwi Sukmawati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DALAM pembelajaran IPA diharapkan guru dapat memberi kesempatan kepada siswa agar dapat mengaitkan materi baru ke materi yang sudah dipelajari sebelumnya, sehingga dapat dikatakan sebagai pembelajaran bermakna. Guru juga selalu berusaha membantu siswa untuk dapat mencapai pemahaman yang sebaik-baiknya dengan memberi pengalaman konkret kepada siswa melalui pengamatan atau percobaan untuk memecahkan permasalahan IPA.

Suyanto (2001) menambahkan bahwa peran guru signifikan bagi keberhasilan proses pembelajaran. Guru diharapkan dapat memotivasi siswa untuk berprestasi, merumuskan pertanyaan yang memerlukan jawaban secara kreatif, imajinatif, hipotetik dan sintetik. Jadi setiap individu yang belajar harus dapat mengaitkan pengetahua baru ke konsep atau proposisi (hubunga antar konsep) relevan yang sudah diketahui. Sebaliknya dalam pembelajaran secara hafalan pengetahuan diperoleh hanya dengan menghafal di luar kepala tanpa ada interaksi dengan apa yang sudah diketahuinya. Supaya pembelajaran bisa maksimal dan disukai oleh siswa, maka pelaksanaan pembelajaran haruslah menyenangkan dan menantang. Di dalam pembelajaran IPA, guru harus mampu membangun kreativitas dengan menggunakan metode yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan serta dapat mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana yang ada.

Baca juga:  Google Meet Tingkatkan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang

Salah satu faktor keberhasilan siswa dalam penguasaan materi pada pembelajaran IPA adalah pemilihan media dan metode yang tepat. Kurangnya kreativitas itulah yang memutuskan guru untuk mengajak para siswa kelas VI SD Negeri 1 Montongsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal melakukan percobaan dengan menggunakan kentang sebagai sumber energi alternatif. Karena metode percobaan akan membawa siswa kepada suatu aktivitas yang mendorong siswa untuk menganalisa, menemukan dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran. Disamping itu metode percobaan akan membantu siswa untuk membuktikan suatu kebenaran dari apa yang selama ini mungkin hanya masih bersifat dugaan atau hipotesis.

Kentang adalah salah satu jenis sayuran yang mudah didapat. Selain bermanfaat untuk dikonsumsi, kentang juga dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Pada Awal pembelajaran guru memberikan pemahaman materi, panduan belajar dan lembar kerja. Siswa dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari lima siswa. Setiap kelompok melakukan percobaan dengan menyediakan 2 buah kentang segar yang besar, 1 buah lampu LED, kabel panjang sekitar 1 meter, 4 buah penjepit buaya, 2 buah koin kuning atau tembaga sebagai kutub positip, dan 2 buah koin putih sebagai kutub negatif. Koin kuning dan putih ditusukkan ke dalam kentang dengan jarak beberapa sentimeter atau jangan disatukan. Demikian dilakukan untuk semua kentang. Salah satu penjepitnya dihubungkan dengan koin dan penjepit yang lain dihubungkan dengan lampu. Semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Selain itu guru juga memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk mengembangkan pengetahuannya dengan mencari jenis tumbuhan lain yang ada di lingkungan sekitar sebagai sumber energi alternatif.

Baca juga:  Tingkatkan Pemahaman Operasi Bilangan Pecahan dengan Realistic Mathematics Education

Hasil pembelajaran menunjukan bahwa dengan percobaan dapat membangun kreativitas belajar siswa sehingga membawa dampak positip pada peningkatan hasil belajar. Hal tersebut dapat terlihat dari kreativitas siswa yang semakin meningkat dari sebelumnya. Pembelajaran dengan percobaan dapat melatih dan mengajar siswa untuk belajar kreatif dengan mengikuti tahap-tahap pembelajarannya. Dengan demikian siswa terlibat aktif untuk menemukan sendiri konsep sesuai dengan hasil yang diperoleh selama pembelajaran. Penggunaan metode percobaan juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain yang menuntut kepada siswa untuk menggali dan menemukan sendiri serta menganalisa permasalahan yang ada dengan kenyataan yang sesungguhnya. (ips1/zal)

Guru SDN 1 Montongsari, Kendal.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya