alexametrics

Tingkatkan Hasil Belajar Ekonomi melalui Metode Resitasi Berbasis Moodle

Oleh : Dwi Retnani, S. Pd., M.M

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Merebaknya Covid-19 di Indonesia mempengaruhi sektor pendidikan. Pandemi Covid-19 mengubah kegiatan belajar mengajar yang semula bisa berlangsung dengan pembelajaran tatap muka (PTM) sekarang dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). PJJ menuntut guru untuk kreatif dan inovatif dalam memilih strategi, metode, model, media pembelajaran, serta teknologi yang akan digunakan dalam PJJ.
Selama pandemi Covid-19 ini, proses PJJ juga dilakukan di SMAN 1 Temanggung melalui e-learning moodle. Proses penyelenggaraan e-learning membutuhkan sebuah LMS yang berfungsi untuk mengatur tata laksana penyelenggaraan pembelajaran, di dalam model e-learning (Priowijanto, 2010).

Salah satu Learning Management System (LMS) yang biasa digunakan untuk mengembangkan e-learning adalah Moodle. Moodle merupakan perangkat lunak open source yang mendukung implementasi e-learning dengan paradigma terpadu dimana berbagai fitur penunjang pembelajaran dengan mudah dapat diakomodasi dalam suatu portal e-learning (Surjono, 2011).

Baca juga:  Atasi Kendala PJJ dengan Personally In Touch (PIT)

Moodle digunakan sebagai media dalam pembelajaran ekonomi di SMAN 1 Temanggung karena ketersediaan plugin dan fitur Moodle lengkap dan memadai untuk PJJ. Moodle dapat diakses dengan mudah oleh guru maupun siswa untuk saling berinteraksi dalam suatu kelas secara online.

Guru lebih mudah memantau dan mengoordinasi siswa karena terjadwal di kelas online ini. Beragam cara untuk pemberian materi pembelajaran, pemberian tugas maupun dalam evaluasi. Pemanfaatan moodle juga memudahkan siswa untuk mengakses materi yang diberikan guru dan memudahkan siswa dalam pengumpulan tugas serta mudah dalam mengikuti evaluasi pembelajaran ekonomi.

Pembelajaran ekonomi dengan moodle dapat dilakukan dengan langkah-langkah yaitu guru dan siswa mengakses moodle dan login menggunakan user name dan password yang telah disediakan admin sekolah.

Kemudian masuk dalam kelas sesuai mata pelajaran ekonomi yang diikuti. Guru mengupload materi ekonomi dalam bentuk video atau dokumen dan siswa dapat mendownload materi yang disampaikan guru. Untuk penilaian guru bisa menambah assessment dan kuis yang bisa diikuti seluruh siswa dalam kelas mata pelajaran ekonomi.

Baca juga:  Canva Tumbuhkan Inovasi Media Pembelajaran IPS

Penggunaan moodle dalam pemberian tugas selama PJJ ini dapat membuat siswa lebih aktif dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, sehingga hasil belajar juga meningkat. Pemberian tugas atau yang dikenal dengan metode resitasi. Menurut Djamarah dan Zein (2010) resitasi adalah metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar yang bertujuan untuk merangsang anak agar aktif belajar, baik secara individual ataupun secara kelompok. Hamdayama (2014) mengatakan metode pemberian tugas belajar atau resitasi memiliki beberapa tujuan, antara lain: memperdalam pengertian siswa terhadap pelajaran yang telah diterima. Melatih siswa ke arah belajar mandiri. Siswa dapat membagi waktu terluang untuk menyelesaikan tugas. Melatih siswa untuk menemukan sendiri cara-cara yang tepat untuk menyelesaikan tugas. Memperkaya pengalaman-pengalaman di sekolah melalui kegiatan-kegiatan di luar kelas.

Baca juga:  Metode PBL untuk Keterampilan Sosial Materi Kenakalan Remaja

Metode resitasi dalam pembelajaran ekonomi melalui moodle di SMAN 1 Temanggung diperlukan karena beberapa materi ekonomi membutuhkan penugasan untuk melihat kemampuan siswa dalam menyerap materi yang diberikan, selain itu siswa juga lebih serius dalam belajar dan mengerjakan tugas karena penugasan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Pemberian tugas melalui moodle memudahkan siswa dalam pengumpulan tugas sehingga siswa tidak enggan dalam mengumpulkan tugas. Sehingga diharapkan siswa memperoleh hasil belajar maksimal. Perpanjangan waktu dalam pengumpulan tugas lewat moodle juga dapat dilakukan ketika terjadi kendala dalam pengumpulan tugas, sehingga diharapkan dengan metode resitasi/penugasan berbasis moodle ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (pm2/lis)

Guru Ekonomi SMAN 1 Temanggung.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya