alexametrics

Komunikasi Kunci dari Proses Sosialisasi Siswa

Oleh: Nur Wachidah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Di masa pandemi semua kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah atau biasa disebut dengan istilah PJJ (pembelajaran jarak jauh). Dengan adanya pembelajaran jarak jauh, guru dan siswa harus sama-sama belajar memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Guru sebagai tombak pembelajaran secara aktif mengupayakan berlangsungnya kegiatan belajar mengajar melalui Whatsapp grup,google classroom dan aplikasi pembelajaran lainnya. Sumber yang digunakan guru pun semakin bervariasi seperti mengambil sumber dari internet,youtube,dll.

Pembelajaran jarak jauh ini menjadikan guru dan siswa menjadi melek teknologi karena dituntut memanfaatkan teknologi informasi. Tetapi di samping keuntungan pembelajaran jarak jauh terdapat kekurangan yaitu kurangnya sosialisasi siswa dengan lingkungan sekolah seperti dengan teman sebayanya dan para guru. Padahal sosialisasi sangatlah penting karena manusia merupakan makhluk sosial yang harus berhubungan dengan manusia lain.

Sosialisasi harus diajarkan sedini mungkin agar nantinya anak siap untuk terjun ke masyarakat. Untuk melatih sosialisasi anak, hal dasar yang harus diterapkan adalah mengenal dirinya sendiri, selanjutnya mengenalkan diri sendiri kepada lingkungan, dimulai di lingkungan yang paling kecil yaitu keluarga. Mengutip penjelasan R.Diniarti F. Soe’oed dalam buku Bunga Rampai Sosiologi Keluarga (2004), manusia lahir bagai sebuah daging, makhluk biologis yang memerlukan minum dan makan, lalu bisa merasakan panas, dingin, dan lain-lain. Setelah bersosialisasi melalui interaksi,baik dengan keluarga atau lingkungan sekitar, baru terbentuklah kepribadian manusia yang sesungguhnya.

Baca juga:  Taat Protokol Kesehatan Merupakan Kunci Keberhasilan PTM

Anak harus dilatih agar bisa menggunakan bahasa yang tepat untuk mengenalkan dirinya sendiri, sehingga harapannya setelah anak bisa mengenalkan diri sendiri kepada keluarga dan sebaliknya anak mengenal lingkup keluarganya anak bisa siap terjun untuk bersosialisasi di lingkungan yang lebih luas lagi yaitu masyarakat. Untuk kelas 1 tema 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat materi tentang kosakata dan ungkapan perkenalan diri dan keluarga. Pembelajaran kosa kata untuk siswa kelas rendah sangatlah penting agar siswa dapat bersosialisasi dengan tepat. Pembelajaran menambah kosa kata sebenarnya sangatlah mudah karena jika siswa sering diajak berkomunikasi secara aktif tanpa disadari siswa dapat mempraktikkannya sendiri, tetapi Dengan adanya komunikasi, maka individu bisa saling terhubung satu sama lain. Komunikasi membuat individu bisa saling berinteraksi. Interaksi inilah yang kemudian bisa disebut sebagai proses sosialisasi. Menurut Setiono dkk (2005) kesulitan dalam penyesuaian sosial bisa saja terjadi tanpa adanya kemampuan untuk berkomunikasi yang baik dan memadai.

Baca juga:  Ayo Kenalilah Lingkungan Sekolah Kita

Karena pembelajaran jarak jauh siswa dituntut untuk belajar secara mandiri di rumah dan guru mempunyai kendala dalam mengajarkan anak untuk menambah kosa kata. Pada kelas 1 terdapat materi perkenalan diri sendiri dan keluarga, materi ini mempunyai manfaat sebagai sarana anak untuk belajar berkomunikasi agar penguasaan kosa kata anak bertambah dan proses sosialisasi anak di lingkungan keluarga berhasil. Di SD Negeri 02 Rowosari, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, guru melaksanakan pembelajaran dengan memberi tugas kepada siswa kelas 1 untuk mengenalkan dirinya sendiri,mulai dari menyebutkan nama, tempat tanggal lahir,umur dan posisi siswa dalam keluarga menggunakan bahasa Indonesia. serta siswa menyebutkan anggota keluarganya beserta nama-namanya. Agar proses pembelajaran bersifat komunikasi 2 arah dan siswa lebih antusias, guru menggunakan zoom saat siswa memperkenalkan diri sendiri dan keluarganya. Sehingga dengan pembelajaran seperti ini diharapkan siswa mampu menambah kosa kata untuk memperkenalkan diri sendiri dan siswa juga belajar bersosialisasi dengan keluarganya dengan cara berkomunikasi secara aktif dengan anggota keluarga. (ipa1/ton)

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi Belajar IPS Menggunakan Model Picture and Picture

Guru SD Negeri 02 Rowosari, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya