alexametrics

Quizizz sebagai Alternatif PJJ Matematika

Oleh : Purwanto, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Seiring adanya pandemi Covid-19 dan memutus mata rantai persebarannya, proses pembelajaran harus dilakukan dari sekolah ke rumah peserta didik. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal harus dapat menyesuaikan dalam situasi ini. Salah satu caranya dengan mengganti pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh/PJJ.

Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan oleh guru untuk mencari model aplikasi pembelajaran yang tepat dalam menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh.
Sekarang gadget bukan merupakan barang tersier. Dibuktikan dengan hampir semua orang dari mulai usia sekolah hingga sesepuh tua mampu memilikinya. Mereka begitu mahir dalam mengoperasikannya.

Berdasarkan hal itu sangatlah mungkin smartphone atau gadget dapat diefektifkan pemanfaatannya sebagai media atau sarana pembelajaran jarak jauh di tengah masa pandemi Covid-19. Pemanfaatan gadget memerlukan aplikasi tambahan. Aplikasi ini tidak terdaftar sebagai aplikasi bawaan yang bisa diunduh di laman playstore bagi pengguna android atau app store bagi pengguna IOS (iphone). Sekadar alternatif, aplikasi yang dapat dipergunakan antara lain whatsapp, google form, dan microsoft office 365.

Baca juga:  Pahami Materi Pesawat Sederhana dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide

Di masa pandemi ini proses pembelajaran dan penilaian tetap bisa dilaksanakan secara efektif dan efisien. Penilaian pun dapat tetap bisa dilaksanakan dari jarak jauh. Mengingat ada banyak aplikasi yang bisa dipilih oleh masing-masing guru. Salah satunya yang bagus untuk dimanfaatkan adalah aplikasi Quizizz.
Quizizz dapat memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri baik untuk peserta didik maupun untuk Guru. Quizizz dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran setiap hari dari rumah. Dapat juga dimanfaatkan untuk media pelaksanaan penilaian tengah semester dari rumah. Serta dapat pula dimanfaatkan untuk melaksanakan ujian akhir semester dari rumah.

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga empat pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja peserta didik secara langsung.

Baca juga:  IBL Sistem Imunitas dan Covid-19 via Daring

Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah. Sehingga dapat dimanfaatkan kapan saja dan dimana saja oleh peserta didik asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Dengan Quizizz ini peserta didik akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, untuk kecepatan sendiri akan ada skor tersendiri. Selain itu, akan ada persaingan karena Quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antarpeserta Quizizz. Sungguh menyenangkan karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan juga meme yang lucu serta menggembirakan.
Kelebihan Quizizz bagi peserta didik adalah peserta didik tidak dapat saling menyontek, karena soal yang diberikan kepada peserta didik satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat peserta didik tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya. Setelah mengerjakan kuis, peserta didik dapat mengetahui ranking yang dia dapat dari keseluruhan peserta didik yang mengerjakan soal tersebut. Tidak hanya itu, peserta didik juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.

Baca juga:  Model Pembelajaran Creative Problem Solving Tumbuhkan Gairah Belajar Matematika

Keuntungan Quizizz bagi guru adalah akan ada grading otomatis. Kemudian Quizizz membuat analisis soal, yang semuanya dapat diunduh dalam file excel. Laporan cukup detail, setiap peserta didik akan dilaporkan jawaban benar-salahnya, serta persentase pencapaian kuis untuk seluruh peserta didik. Selain itu sebenarnya hasil kuis setiap peserta didik dapat dikirim via email ke orang tua peserta didik.
Oleh karena itu, Quizizz menjadi salah satu pilihan metoda yang bisa digunakan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik memahami kegiatan pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid-19 saat ini. (lbs1/lis)

Guru Matematika SMA Negeri 15 Semarang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya