alexametrics

PJJ Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia XI dengan Quipper Sangat Menyenangkan bagi Siswa

Oleh: R.Agung Budi Laksono, S.Pd., M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan Quipper sangat menyenangkan. Mengapa? Karena pembelajaran dengan Quipper para siswa dapat melihat materi dengan jelas bisa lewat video, sehingga tidak membosankan. Para siswa sangat senang, karena waktunya sangat panjang untuk mengerjakan soal dari guru apabila memberi tugas.

Bagi guru juga mudah dalam menyimak para siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan Quipper. Yang harus guru lakukan, guru membagi link materi pada semua siswa di materi sekaligus ada penjelasan. Ada tanya jawab dan ada penugasan. Setelah itu, guru dapat menilai dari tugas para siswa yang sudah dikerjakan, dan siswa dapat mengetahui hasil yang telah dicapai.

Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan Quipper dilakukan penulis di SMA Negeri 13 Semarang. Bagi sebuah negara yang menjaga jarak ataupun tidak berhubungan dengan negara lain dianjurkan untuk menjalin hubungan antarnegara. Hampir tidak ada satu pun bangsa di dunia ini yang dapat membebaskan diri dari ketergantungan pada bangsa dan negara lain.

Baca juga:  Turunan Fungsi dengan Google Classroom pada Pembelajaran Matematika Daring

Mochtar Kusumaatmaja menyatakan hubungan dan kerja sama antarbangsa timbul karena adanya kebutuhan yang disebabkan oleh pembagian kekayaan alam dan perkembangan industri yang tidak merata di dunia. Hubungan antarnegara disebut juga hubungan internasional.

Hubungan internasional bermanfaat bagi kelangsungan dan kemajuan suatu negara. Hubungan internasional juga berguna untuk menjamin perdamaian dan kesejahteraan hidup rakyat dari negara negara yang terlibat dalam hubungan internasional. Dalam melakukan hubungan ataupun kerja sama internasional harus didasari oleh sikap saling menghormati dan saling menguntungkan.

Hubungan internasional yang berarti hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan sebuah negara. Hubungan internasional merupakan kegiatan interaksi manusia antarnegara, baik secara individual maupun kelompok.

Baca juga:  Discovery Learning Tingkatkan Prestasi Pembelajaran IPS di Masa Pandemi

Konsep hubungan internasional sering disamakan dengan konsep politik luar negeri, hubungan luar negeri dan politik internasional. Ketiga konsep tersebut mempunyai persamaan yang cukup mendasar dalam hal ruang lingkupnya yang melampaui batas batas negara, tetapi memiliki makna yang berbeda. Antara lain: politik luar negeri artinya seperangkat cara atau kebijakan yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengadakan hubungan dengan negara lain dengan tujuan mencapai tujuan negara dan kepentingan nasional negara yang bersangkutan.

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari penyajian artikel ini adalah betapa susahnya perjuangan negara Indonesia dalam melakukan hubungan bilateral maupun multilateral dalam kancah internasional dari Presiden Soekarno dan Soeharto dalam masa lampau.
Mudah-mudahan dengan penyajian artikel ini dapat memberikan manfaat dalam segala bentuk kegiatan belajar mengajar. Sehingga dapat memperlancar dan mempermudah proses pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dan diharapkan. (lbs2/lis)

Baca juga:  Menyenangkan Belajar Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan Google Classroom

Guru PPKn SMA Negeri 13 Semarang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya