alexametrics

Tingkatkan Antusias Siswa melalui Media Prezi

Oleh : Winingsih, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Guru sebagai tenaga pendidik harus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada diri siswa, salah satu upaya yang dilakukan seorang guru harus memunculkan sikap antusias pada diri siswa, karena dengan munculnya semangat yang tinggi akan berdampak baik pada progress kemajuan hasil belajar siswa. Sikap antusias yang terbangun dalam diri siswa akan memunculkan rasa ingin tahu hingga semangat dalam proses pembelajaran. Metode atau cara dalam meningkatkan antusias pada diri siswa tentu menjadi PR tersendiri bagi seorang guru, karena terus berinovasi untuk menciptakan pembelajaran yang tidak membosankan bagi siswa merupakan hal yang tidak mudah. Saat ini guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dengan berbekal pada perkembangan Iptek.

Menurut pendapat Muhammad Ali (2002:89), media pembelajaran diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong proses belajar. Penggunaan media yang tepat dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran, dan dengan mengharuskan pendidikan menggunakan media pembelajaran banyak programmer yang membuat aplikasi pembelajaran yang menarik, dengan tujuan pendidik bisa mengubah kebiasaan lama dari hanya menggunakan papan tulis yang konvensional menjadi media digital. Kebiasaan lama tersebut tentunya siswa mau tidak mau harus berlama-lama menyimak proses pembelajaran yang monoton dan membosankan bagi siswa.

Baca juga:  Green Small Scala Chemistry sebagai Solusi Pembelajaran Kimia

Banyak media yang disodorkan kepada para pendidikan dalam upaya meningkatkan antusias belajar anak, salah satunya menggunakan power point. Power point adalah salah satu metode dalam penyampaian pembelajaran yang efektif dan inovatif pada saat ini, tetapi untuk menciptakan media power point yang eyecatching sehingga tidak menimbulkan rasa bosan, tentunya membutuhkan suatu bantuan aplikasi. Salah satu aplikasi pembuat power point dalam pembelajaran yang memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk membuat power point yang menarik adalah aplikasi Prezi.

Prezi adalah perangkat lunak (software) untuk presentasi sebagai alat untuk mengeksplorasi berbagai ide di atas kanvas virtual, software ini memiliki fitur unggul yaitu menggunakan Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi. Dengan menggunakan media Prezi serta fitur yang telah disediakan dalam aplikasi tersebut, tentunya akan dapat menciptakan suatu media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Ada banyak mata pelajaran di sekolah dasar yang sangat perlu di sampaikan melalui media pembelajaran power point agar tercipta pembelajaran yang menarik dan eyecatching, sehingga materi yang disampaikan dapat dengan mudah diterima dengan baik oleh siswa sekolah dasar. Ilmu pengetahuan alam adalah salah satu mata pelajaran yang membutuhkan kreatifitas yang tinggi dalam penyampaian materinya, seperti membutuhkan media tambahan agar siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan. Misalnya dalam sebuah media nantinya akan memfasilitasi berbagai fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan materi yang akan di jelaskan oleh pendidik. Pembelajaran IPA kelas 6 pada KD. 3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya, guru dapat menggunakan media Prezi dengan kemasan yang lebih menarik, misalnya dengan powerpoint (gambar dan tulisan) sebagai penjelasan dan tambahan video tentang tata surya. Gambar yang sesuai dan tulisan yang hanya berupa rangkuman bisa membuat anak lebih bisa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh pendidik. Media prezi dapat digunakan dalam materi tersebut karena kemasan dan fitur aplikasi prezi sangat menarik dan bahkan lebih inovatif. Berikut adalah beberapa fitur yang disediakan oleh prezi: Pan dan zoom, impor media, set perlengkapan (template/tema), presentasi online dan offline, dan buat alur cerita. Dengan berbagai fitur yang cukup menarik tersebut membuat pendidik akan lebih inovatif dalam membuat media pembelajaran dan bagi siswa sendiri akan merasa antusias dan tidak merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran.

Baca juga:  Mudah Tingkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dengan Media Video

Belajar dengan Media Prezi sangat menarik perhatian siswa. Tidak terasa siswa belajar sambil melihat video/film. Sehingga antusias siswa dalam belajar dapat meningkat. Dengan meningkatnya antusias siswa maka pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari juga meningkat. Pemahaman siswa yang tinggi akan meningkatkan hasil belajar yang tinggi pula sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. (ss2/ton)

Guru Kelas SD Negeri Tegalrejo 01, Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya