alexametrics

Pramuka Daring dengan Microsoft Teams 365

Oleh : Sri Rejeki, SPd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 yang sudah terjadi sejak pertengahan Maret 2020 sampai sekarang membawa dampak pada semua aspek kehidupan di seluruh dunia. Pendidikan di Indonesia juga mengalami perubahan akibat pandemi Covid-19 tersebut. Kegiatan belajar mengajar secara tatap muka harus berganti dengan pembelajaran dalam jaringan (daring).

Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib di SMP juga mengalami perubahan. Adanya aturan protokoler kesehatan untuk tidak berkerumun mengakibatkan kegiatan pramuka tidak bisa dilakukan seperti sebelum terjadi pandemi Covid-19.
Pramuka sebagai tempat untuk pendidikan karakter tetap bisa dilaksanakan walaupun secara daring. Seperti yang penulis lakukan sebagai pembina pramuka di pangkalan SMPN 10 Salatiga Gugus Depan 03.135 – 03.136.

Pramuka daring dilaksanakan dengan sistem blok 3 hari secara daring dengan menggunakan LMS (learning Management System) Microsoft Teams 365. Kegiatan pertemuan menggunakan fitur video conference di dalam kelas maya ini merupakan kegiatan sinkronus (tatap muka) sedangkan kegiatan di luar kelas yang dilakukan adik-adik sebagai penugasan merupakan kegiatan asinkronus.

Baca juga:  BDR IPS Asyik dengan Literasi Digital Mandiri

Meskipun dilaksanakan secara daring, kegiatan pramuka penggalang tetap menerapkan sistem satuan terpisah. Pembina putri mendampimgi regu penggalang putri dan pembina putra mendampingi regu penggalang putra.

Kegiatan pramuka daring diawali dengan membentuk kelas maya dalam Microsoft Teams 365. Setiap kelas beranggotakan Kamabigus, pembina, wali kelas dan 2 regu penggalang. Pembina dapat membuat chanel materi dalam kelas maya dan mengirim materi pada chanel materi tersebut supaya adik-adik penggalang bisa menyiapkan diri dan mengetahui materi apa yang akan dibahas. Pembina membuat meeting dengan video confernce sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Adik-adik penggalang masuk kelas dan bergabung dalam meeting, jika adik-adik ada kendala tidak bisa masuk kelas maka pembina dapat mengirim link meeting tersebut. Jika masih ada kesulitan untuk masuk kelas maka pembina dapat memanggil dengan fitur telepon yang ada pada microsoft teams 365.

Kegiatan pramuka daring diawali dengan berdoa bersama saat meeting di kelas microsoft teams 365. Interaksi antara pembina dan adik-adik penggalang atau antar sesama adik-adik penggalang terjadi di meeting ini. Satu sama lain bisa berdiskusi. Bernyanyi dan bertepuk tangan sebagai ciri khas pramuka dapat dilakukan. Mikrofon dapat dimatikan jika ada suara yang mengganggu. Jika adik-adik ingin menyampaikan pendapat atau bertanya bisa menggunakan fitur raise hand atau menulis di kolom chat. Pembina dapat langsung mengetahui kehadiran adik-adik dalam kelas dengan melihat peserta meeting. Kegiatan pramuka daring di kelas microsoft teams 365 dapat direkam. Apa yang dipelajari dan dilakukan dapat ditonton kembali. Atendece list sebagai bukti kehadiran dapat diunduh pembina untuk mengetahui adik-adik yang hadir tepat waktu , mengikuti kegiatan sampai akhir atau meninggalkan kegiatan sebelum waktunya.

Baca juga:  Mengembangkan Pembelajaran Dinamika Hidrosfer dengan Inkuiri

Pembina dapat membuat dan mengirim tugas yang harus dikerjakan adik-adik penggalang pada chanel penugasan. Tugas dapat berupa form yang dapat diisi langsung oleh adik-adik penggalang , foto atau dokumen yang dibuat adik-adik penggalang kemudian diunggah di penugasan.

Salah satu contoh bentuk penugasan yang sudah penulis lakukan adalah adik-adik diminta mengirimkan foto kegiatan di lingkungan sekitarnya yang menunjukkan sikap rela menolong dan tabah atau kasih sayang sesama manusia. Tugas ini menunjukkan kepedulian adik-adik di lingkungannya terutama pada masa pandemi covid-19 ini. Apapun wujud kepedulian itu di foto dan dikirim di penugasan. Misalnya membagikan masker untuk orang lain atau membantu mengirim bahan makanan kepada tetangga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Materi Cermin dengan Media Papan Dart

Di masa pandemi Covid-19 ini kegiatan pramuka penggalang secara daring tetap bisa dilaksanakan secara menyenangkan dan harus mengutamakan pendidikan karakter. Microsoft teams 365 ini hanya salah satu solusi penggunaan LMS (Learning Management System) untuk pelaksanaan kegiatan pramuka secara daring. (bs1/lis)

Pembina Pramuka Pangkalan SMPN 10 Salatiga Gugus Depan 03.135 – 03.136.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya