alexametrics

Pemanfaatan Budaya Lokal dalam Pembelajaran

Oleh: Umi Farida Sofyani, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BUDAYA lokal yang beraneka ragam merupakan warisan budaya yang wajib dihormati dan kita lestarikan. Bangsa Indonesia sangat kaya dengan warisan budaya lokal, sementara bangsa lain yang hanya sedikit mempunyai warisan budaya lokal berusaha keras untuk melestarikannya demi sebuah identitas. Maka sangat disayangkan jika kita yang memiliki banyak warisan budaya lokal justru mengabaikan pelestariannya dan lebih menyukai budaya asing (Agus Dono Karmadi, 2007:5) (Budaya_Lokal.pdf).

Penggunaan hand phone sebagai salah satu bentuk kemajuan teknologi ini dapat kita manfaatkan sebagai sarana bantu dalam melestarikan budaya lokal. Hal ini dilakukan di kelas V SD Negeri Cebongan 01 Salatiga yang terdiri dari 24 siswa, 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Kegiatan pembelajaran pada kompetensi pengetahuan, guru memanfaatkan WA group dengan mengirimkan video pembelajaran dan memberikan tugas baik secara daring ataupun luring. Kegiatan pembelajaran ini rutin dilakukan setiap hari ini dan ternyata memberikan dampak negatif pada siswa. Siswa merasa bosan dengan metode yang digunakan oleh guru. Pada beberapa kali penilaian harian mata pelajaran IPA dan Matematika, mengalami penurunan jumlah siswa yang mengerjakannya.

Baca juga:  Penyampaian Materi Narrative Text melalui Metode Pembelajaran Jigsaw

Guru kemudian mengubah strategi pembelajaran dengan cara mengurangi jam pembelajaran mata pelajaran tertentu kemudian menggantinya dengan pengenalan budaya lokal. Dua kali dalam satu minggu, guru mengirimkan video tentang budaya lokal tentang permainan tradisional. Salah satu contoh, guru mengirimkan video tentang permainan Benthik/ Gatrik. Permainan ini dilakukan oleh dua kelompok dan satu kelompok terdiri dari minimal dua orang. Alat yang dibutuhkan untuk memainkan permainan ini ada dua potongan kayu, yang pertama bambu dengan ukuran pendek dan satunya lagi berukuran lebih panjang. Kayu yang pendek akan diletakkan diatas tanah yang sudah dilubangi atau bisa menggunakan dua batu bata. Kayu panjang akan digunakan untuk mengambil kayu pendek dengan cara diangkat ketas dan dipukul dengan keras. Kayu tersebut akan ditangkap oleh anak lain yang sedang berjaga. Jika tidak tertangkap, maka akan diukur jarak jatuhnya kayu kecil sampai ke lubangnya dengan menggunakan kayu panjangnya. Kelompok yang memiliki jumlah jarak terbanyaklah yang akan jadi pemenang.

Baca juga:  Menulis Narrative Text Gunakan Teknik Picture Series

Biasanya kelompok yang kalah akan menggendong kelompok yang menang. Setelah melihat tayangan ini, guru meminta siswa mencoba permainan ini di rumah. Boleh melakukan sendiri atau dengan orang yang serumah, kemudian di video. Guru meminta siswa untuk membuat kayu yang digunakan dengan cara mengukur menggunakan penggaris. Guru menyampaikan bahwa ukuran diamter dan panjang kayu akan mempengaruhi daya lenting kayu tersebut. Tanpa disadari, siswa sudah belajar IPA dan Matematika dengan cara bermain. Setelah video dikirimkan, guru membahasnya bersama siswa melalui google meet. Hasil video permainan yang dikirimkan, guru menemukan beberapa video dimana siswa mencoba beberapa kali permainan dengan beberapa ukuran kayu.

Video inilah yang kemudian ditayangkan oleh guru untuk dibahas pada diskusi. Respon siswa luar biasa, mereka mengatakan sangat senang belajar dengan cara seperti ini. Demikian juga dengan orang tua, mereka lebih menyukai cara belajar anaknya seperti ini, selain memperoleh ilmu dan juga dapat mengenal budaya, anak bisa melakukan gerakan-gerakan untuk berolah raga. Berdasarkan pengalaman ini, maka bisa disimpulkan tentang manfaat melestarikan budaya lokal jenis permainan tradisional antara lain: Untuk mengembangkan kecerdasan intelektual pada anak dan kecerdasan emosi pada anak, Mengembangkan daya kreatifitas pada anak, Meningkatkan kemampun bersosialisasi dengan lingkungan dan masyarakat. Melatih kemampuan motorik anak. Membentuk karakter anak. Sebagai sarana pelestarian budaya masyarakat. (dd1/zal)

Baca juga:  Cara Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa

Guru SDN Cebongan 01 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya