alexametrics

Kiat Belajar IPS yang Menyenangkan Tanpa Menghafal

Oleh : Sutrinem, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan dari masa ke masa menentukan masa depan bangsa menjadi bangsa yang beradab, berbudi luhur, masyarakat yang cerdas terhadap perubahan zaman. Apapun kurikulum yang diterapkan di sekolah dapat dijadikan sebagai media belajar yang tepat. Oleh karena itu dalam rangka turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa maka upaya untuk menjadikan siswa yang mandiri dalam menyiapkan sumber daya manusia di masa depan.

Belajar di luar jam pelajaran adalah faktor penting dalam menunjang kesuksesan prestasi belajar siswa. Banyak siswa yang memiliki kemampuan lebih, tetapi prestasinya biasa saja karena cara belajarnya kurang baik. Sebaliknya siswa yang kemampuannya biasa saja dapat meningkatkan kemampuan akademik dengan cara belajar efektif dan tepat.

Kalau diperhatikan sewaktu anak-anak sekolah menghadapi ulangan IPS yang terlihat adalah menghafal nama, tanggal, tahun, tempat, uraian rincian dan sebagainya. Bibirnya komat-kamit seperti membaca mantra demi mempermudah mengingat-ingat, atau membuat ringkasan dalam kertas kecil dan panjang berlipat lipat dengan tulisan yang kecil-kecil.

Baca juga:  Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Masa Pandemi Covid-19

IPS memang dikenal dengan pelajaran hafalan agar supaya mendapatkan nilai yang bagus. Tapi sebenarnya tidak perlu melakukan hal seperti itu. Berikut tips yang bisa dicoba seperti, satu membuat peta konsep yang merupakan cara belajar mengikuti cara kerja otak dan komputer. Dengan demikian kita bisa langsung melihat gambaran keseluruhan materi detilnya.

Dua, membuat kronologi waktu yang dilengkapi dengan rinciian tokoh, tanggal, tempat kejadian. Tiga, banyak membaca, mendengarkan, mengikuti berita dari media masa. Empat mendalami materi dalam pelajaran yang relevan dengan kehidupan kita. Lima membuat presentasi untuk materi yang sulit. Kata orang bijak mengajar itu adalah cara terbaik untuk belajar.
Hal tersebut sudah sebagian besar dilakukan oleh guru SMP Negeri 1 Wonosegoro terhadap siswanya. Menurut Edgar Dale pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan dengan sadar oleh keluarga, masyarakat, pemerintah melalui bimbingan, pengajaran, pembelajaran dan pelatihan yang berlangsung baik dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah sepanjang hidup untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat menjalankan perannya dalam lingkungan untuk masa mendatang.

Baca juga:  Sistem Pernapasan Manusia dengan Model Card Sort (Kartu Sortir)

Mata pelajaran IPS kebanyakan materi hafalan dan pemahaman, KBM pun lebih banyak didominasi guru sementara siswa hanya mendengarkan, maka dari itu penulis sebisa mungkin untuk menjadikan mata pelajaran menjadi materi yang menyenangkan agar siswa tidak mengantuk dan tidak membosankan.

Kelihatannya agak ribet dan butuh kerja keras, lagi pula mata pelajaran IPS bukan materi yang sekedar dihafalkan saja tetapi juga harus dipahami. Pembelajaran IPS dengan menggunakan LCD proyektor dengan menayangkan gambar-gambar dan soal latihan di SMP Negeri 1 Wonosegoro sangat ditunggu-tunggu siswa dan ternyata sangat antusias. Paling menarik adalah hadiahnya walau tidak seberapa. Dengan tantangan seperti itu penulis untuk bisa menjadikan mata pelajaran IPS menjadi mata pelajaran yang favorit yang tidak membosankan.

Baca juga:  Kolaborasi Pembelajaran Daring secara Kreatif dan Solutif di Masa Pandemi Covid-19

Dengan banyak ragam metode belajar di kelas guru bisa menerapkan mempraktikan secara bergantian. Misalkan di SMP Negeri 1 Wonosegoro 5 menit sebelum KBM dimulai siswa membaca buku pelajaran terlebih dahulu. Selanjutnya diadakan pretes, bagi yang menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan hadiah seperti bolpoin, buku tulis, dll. Namun penampilan guru perlu diperhatikan.

Ternyata model pembelajaran yang sederhana dan mudah dilakukan sangat disukai oleh siswa. Mata pelajaran IPS sedikit demi sedikit sudah banyak disenangi siswa dan mulai ditunggu-tunggu kehadirannya di kelas. Sesekali KBM dilaksanakan di luar kelas sesuai materinya. (dd1/lis)

Guru SMP Negeri 1 Wonosegoro.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya