alexametrics

Video Pembelajaran Gairahkan Motivasi Belajar IPA

Oleh : Prapti Ngesti Rahayu S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, AKIBAT pandemi Covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan baru untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Kebijakan pemerintah yaitu mengajak masyarakat untuk menjaga jarak (physical distancing), menghindari kerumunan, selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menerapkan kebijakan di rumah saja. Termasuk kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah, juga menerapkan protokol kesehatan. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk tetap melaksanakan tugasnya menyampaikan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Meskipun pembelajaran dilakukan jarak jauh melalui daring, guru tetap berupaya agar pembelajaran dapat berlangsung efektif dan efisien serta mendapatkan hasil yang optimal.

Hal ini sesuai hakekat pembelajaran, yaitu sebagai upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dengan metode atau media kepada peserta didik, sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar secara efektif dan efesien serta mendapatkan hasil yang optimal (Sugihartono, 2007: 81).

Baca juga:  Pembelajaran IPS di Era Pandemi Lebih Enjoy dengan Power Point

Berdasarkan hasil pengamatan setelah dilakukan pembelajaran IPA di kelas VII di SMPN 24 Semarang, dengan pemberian tugas lewat whatsapp group (WAG) dan google class room, minat siswa untuk mengikuti pembelajaran semakin lama semakin menurun. Hal ini terbukti banyak siswa yang tidak mengumpulkan tugas, meskipun sudah beberapa kali diingatkan dan ditagih lewat WAG atau melalui wali kelas. Bertolak dari kenyataan tersebut, akhirnya dilakukan upaya meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Salah satunya menggunakan media video pembelajaran. Yakni, media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran (Anissatul, 2009). Media pembelajaran berbasis gambar bergerak (animasi/video) dapat mendorong pemahaman peserta didik bila digunakan dengan cara yang konsisten (Mayer, 2021: 87).

Baca juga:  Tingkatkan Minat Belajar melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk

Proses pembelajaran daring melalui aplikasi google meeting dengan menggunakan media video diterapkan pada pembelajaran IPA kelas VII semester 2 pada materi tata surya. Adapun langkah pembelajaran yang dilakukan yaitu, 1) melalui google meeting guru menyampaikan tujuan pembelajaran; 2) guru menyampaikan materi pembelajaran; 3) guru menayangkan video pembelajaran tentang tata surya; 4) siswa diberikan kesempatan untuk bertanya; 5) bersama dengan siswa guru menyampaikan kesimpulan dari materi pembelajaran yang telah dipelajari; 6) pemberian tugas untuk dikumpulkan lewat google class room yang diberi batasan waktu 1 minggu.

Selama pembelajaran berlangsung divideokan, dan selanjutnya video pembelajaran tentang tata surya dan video kegiatan selama pembelajaran tersebut di-share lewat WAG. Sehingga siswa yang tidak bisa ikut pembelajaran melalui google meeting karena kendala-kendala tertentu, dapat menyimak pembelajaran melalui video pembelajaran tersebut. Video pembelajaran ini bisa disimak setiap saat pada waktu siswa mengerjakan tugas. Dengan adanya penayangan video pembelajaran tentang tata surya yang berupa gambar yang bergerak ini, siswa merasa ada sensasi yang berbeda, sehingga siswa merasa senang, lebih aktif dan bergairah dalam belajar. Hal ini terbukti pada saat proses pembelajaran berlangsung, dari 27 siswa yang hadir dari yang seharusnya 32 siswa, sangat senang dan aktif mengikuti pembelajaran sampai selesai. Begitu juga setelah siswa diberikan tugas yang harus dikumpulkan paling lambat satu minggu, ternyata tidak sampai satu minggu semua siswa sudah mengumpulkan tugasnya. (ipa1/ida)

Baca juga:  Mengaktifkan Pembelajaran Aritmatika Sosial melalui Blended Learning

Guru SMPN 24 Semarang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya