alexametrics

Role Play dengan Online Collaboration Project

Oleh : Karmila, S.Pd, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas (SMA) pada masa pandemi ini harus dibuat semenarik mungkin oleh guru Bahasa Inggris sehingga membuat siswa merasa tertarik dalam mengikuti pelajaran. Beberapa materi dibuat dengan berbagai macam metode yang dianggap bisa membuat siswa merasa tertantang, tertarik dan enjoy dengan materi atau topik pembelajarannya.

Menurut Daryanto dan Raharjo (2012: 162), Project Based Learning atau PJBL adalah model pembelajaran yang yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan menintegrasikan pengetahuan beru berdasarkan pengalamannya dan beraktifitas secara nyata. PJBL dirancang untuk digunakan pada permasalahan yang kompleks yang diperlukan peserta didik dalam melakukan investigasi dan memahaminya. Kemudian Sugihartono, dkk (2015: 84) mengungkapkan metode proyek adalah metode pembelajaran berupa penyajian kepada peserta didik materi pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah yang selanjutnya dibahas dari berbagai sisi yang relevan sehingga diperoleh pemecahan secara menyeluruh dan bermakna.

Baca juga:  Membuat Media Pembelajaran Menarik Sepanjang Masa

Adapun langkah-langkah model pembelajaran proyek yaitu : a) Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question), b) Menyusun perencanaan proyek (design project), c) Menyusun jadwal (create schedule), d) Memantau siswa dan kemajuan proyek (monitoring the students and progress of project), e) Penilaian hasil (assess the outcome).

Sedangkan untuk pengertian dari role playing atau sosio drama menurut beberapa ahli, antara lain: Kartini (2007) menyatakan bahwa metode bermain peran merupakan suatu cara yang digunakan untuk meniru cara bertingkah laku seseorang dalam sebuah drama. Tingkah laku yang ditekankan dalam metode bermain peran, kaitannya dengan hubungan sosial. Selanjutnya, pendapat lain Wicaksono (2016) menyatakan bahwa metode role playing memiliki dua macam pengertian. Pertama, bermain peran merupakan kegiatan yang bersifat sandiwara. Artinya terdapat permain – pemain maupun tokoh – tokoh yang memainkan suatu peran tertentu, peran tersebut sesuai dengan tokoh yang telah ditulis dalam skenario, dan tujuan dari bermain peran ini adalah untuk memberikan hiburan pada orang lain. Kedua, metode bermain peran merupakan suatu kegiatan yang bersifat sosiologis, di mana pola – pola dalam berperilaku yang ditunjukkan oleh seseorang, ditentukan oleh norma – norma sosial yang hidup di masyarakat.

Baca juga:  Pembelajaran HOTS dalam Mengoptimalkan Keterampilan Abad 21

Adapun langkah – langkah tersebut (Wicaksono dkk. 2016) dapat dijelaskan sebagai berikut: a) Guru atau pembimbing perlu untuk menyusun atau menyiapkan tentang skenario yang akan ditampilkan di kelas, b) Guru membentuk siswa dalam kelompok – kelompok, c) Guru memberikan penjelasan pada siswa tentang kompetensi – kompetensi yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran role playing, d) Kemudian, guru memanggil siswa yang telah ditunjuk untuk memainkan peran sesuai dengan skenario yang telah disiapkan oleh guru, e) Masing – masing siswa berada dalam kelompoknya, kemudian siswa tersebut melakukan pengamatan pada siswa yang sedang memperagaka skenarionya, f) Guru meminta masing – masing kelompok untuk menyusun dan menyampaika hasil kesimpulan berdasarkan skenario yang dimainkan oleh kelompok yang lain, g) Pada langkah terakhir ini, guru memberikan kesimpulan dari kegiatan role playing yang dilakukan bersama siswa. Kesimpulan yang diberikan guru bersifat umum.

Baca juga:  Belajar Perang Dingin dengan Media Liveworksheet

Dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran role play dengan menggunakan metode proyek dapat dilakukan oleh sebagian besar siswa. Siswa merasa lebih dapat berekspresi dalam menuangkan ide-ide kreatif yang sudah dibahas pada materi atau topik sebelumnya. Siswa diberi materi yang sudah dibahas dan didiskusikan oleh guru sebelumnya. (agu1/ton)

Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Grabag – Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya