alexametrics

Video Pembelajaran Efektifkan Belajar Sejarah

Oleh : Nunik Tri Sulanjani, S.Pd., M.Si

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran Sejarah di sekolah secara umum kurang diminati oleh peserta didik. Pelajaran Sejarah cenderung hapalan,bahkan dianggap pelajaran yang tidak ada manfaatnya karena membicarakan masa lampau.

Rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah, salah satunya pada materi Tokoh Dan Perannya dalam Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Hal itu dapat disebabkan oleh usaha yang dilakukan penulis sebagai guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa belum berjalan seperti yang diharapkan. Seharusnya dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi agar siswa bekerja secara efektif dan efisien tepat pada tujuan yang diharapkan. Pada kegiatan pembelajaran materi tersebut, penulis menggunakan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang.

Alasan penggunaan media video karena media tersebut memiliki banyak manfaat, yaitu memperlancar interaksi antara guru dan siswa, penyampaian materi pembelajaran bisa seragam, proses pembelajaran lebih interaktif, efisien dalam waktu dan tenaga, siswa lebih antusias dan tidak mengantuk, serta meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Menurut Heinich, Malenda, Russel (2005) ada beberapa keuntungan penggunaan media dalam pembelajaran, yaitu membangkitkan ide-ide yang bersifat konseptual sehingga mengurangi kesalahpahaman siswa dalam mempelajarinya, meningkatkan minat siswa pada materi pembelajaran, memberikan pengalaman-pengalaman nyata yang merangsang aktivitas diri sendiri untuk belajar, dapat mengembangkan jalan pikiran, menyediakan pengalaman-pengalaman yang tidak mudah diperoleh melalui media yang lain dan menjadikan proses belajar lebih mendalam dan beragam.

Baca juga:  Kenalkan Budaya Indonesia melalui Video Dokumenter

Pada pelaksanaannya, penulis memberikan video pembelajaran yang memadukan antara audio dan visual, untuk melengkapi penjelasan penulis sebagai guru. Di akhir pembelajaran, siswa diberi post test yang memperlihatkan hasil belajar. Melalui media video, siswa mampu memahami pesan pembelajaran secara lebih bermakna, sehingga informasi yang disampaikan melalui media tersebut dipahami secara utuh, sehingga dengan sendirinya informasi akan tersimpan dalam memori jangka panjang.

Penggunaan video pembelajaran pada kegiatan pembelajaran penerapannya tidak bisa berdiri sendiri. Artinya, penggunaan video pembelajaran masih memerlukan peran guru untuk memandu siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pasa saat pelaksanaan penelitian ini, media video pembelajaran digunakan sebagai alat bantu, bukan berfungsi sebagai pengganti guru dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, agar siswa lebih tertarik dan memperhatikan kegiatan pembelajaran, sangat diperlukan peranan guru untuk memberikan stimulasi kepada siswa, agar perhatian siswa terfokus pada sub materi yang sedang disampaikan bukan pada tampilan layar yang mereka saksikan. Penggunaan dan penempatan suara, gambar, cuplikan video dan animasi dalam pembelajaran harus diperhatikan. Ketika pelaksanaan pembelajaran di kelas juga harus memperhatikan alat pendukung lain, seperti aliran listrik, proyektor, layar dan pengeras suara untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap media pembelajaran.

Baca juga:  Keberagaman Pengetahuan Orang Tua Siswa Pengaruhi Kualitas BDR

Penggunaan video pembelajaran bisa meningkatkan gairah belajar sehingga siswa merasa tidak mudah mengantuk saat pembelajaran berlangsung. Penggunaan video pembelajaran di kelas XI IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang dinilai efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, jika dilihat dari persepsi siswa ketika mengikuti pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran. Serta dinilai efektif dan efisien untuk mengatasi keterbatasan pengalaman siswa dan dapat membantu siswa memahami tokoh dan perannya dalam peristiwa proklamasi. Hal ini dikarenakan siswa lebih mudah memahami peristiwa secara audio visual. (lbs1/ton)

Guru Sejarah Indonesia SMA Negeri 15 Semarang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya