alexametrics

Menarik Minat Peserta Didik Mengikuti PJJ Matematika Menggunakan Quizizz

Oleh : Suprayit, S.Pd., M.A.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Setahun lebih pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Demi kebaikan bersama banyak kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, salah satunya adalah pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada satuan pendidikan. Untuk tahun pelajaran 2020/2021, SMP N 1 Pageruyung memutuskan melaksanakan PJJ secara daring menggunakan platform pembelajaran Google Classroom. Keputusan ini diambil dengan pertimbangan bahwa platform tersebut sederhana, lengkap dan ekonomis.

Pada awal tahun pelajaran, peserta didik sangat berantusias mengikuti pembelajaran dalam Google Classroom. Setelah beberapa bulan PJJ berlangsung, peserta didik banyak yang mengalami kebosanan. Respon peserta didik dalam kegiatan pembelajaran semakin menurun. Agar hal ini tidak berkelanjutan, maka guru harus selalu berinovasi tanpa henti. Penyampaian materi dan pemberian tugas harus menggunakan berbagai media dan metode agar menarik perhatian peserta didik.

Tantangan yang cukup besar penulis alami dalam pelaksanaan PJJ untuk mata pelajaran Matematika. Banyak peserta didik yang tidak tertarik saat mengikutinya karena merasa matematika adalah pelajaran yang sulit. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menarik perhatian peserta didik untuk mengikuti pembelajaran adalah dengan metode permaianan. Metode permainan adalah suatu cara penyajian materi pelajaran melalui berbagai macam bentuk aktivitas permainan untuk menciptakan suasana menyenangkan, serius tetapi santai sehingga siswa akan belajar dengan gembira (Sutikno, 2014).

Baca juga:  Relevansi Kultur Sekolah dengan Kultur Induka

Salah satu permainan yang penulis gunakan dalam pembelajaran adalah kuis yang dibuat melalui web tool Quizizz. Quzizz dapat diterapkan dalam proses penilaian harian, pengambilan nilai tugas maupun kegiatan penilaian lain. Tampilan yang muncul pada saat peserta didik mengikuti kuis sangat menarik, mirip dengan saat kita memainkan game online. Akan ada persaingan antar peserta kuis, dalam tampilan nama peserta kuis akan naik turun sesuai dengan skor yang diperoleh setiap menjawab pertanyaan. Skor yang diperoleh peserta didik berdasarkan kecepatan dan ketepatan menjawab pertanyaan kuis. Quizizz akan membuat ranking yang bersifat live antar peserta didik.

Proses pembuatan kuis menggunakan Quizizz cukup sederhana. Berikut adalah langkah yang dapat digunakan guru untuk membuat kuis menggunakan Quizizz: 1) masuk ke http://quizizz.com kemudian sign up; 2) memilih peran sebagai guru; 3) create a new quiz; 4) mengisikan nama kuis, dilanjutkan dengan memilih mata pelajaran yang relevan; 5) memilih bentuk pertanyaan; 6) mengisikan pilihan jawaban dan menentukan jawaban yang benar; 7) menambahkan pertanyaan selanjutnya; 8) jika sudah mencapai jumlah soal yang diinginkan, kemudian klik done; 9) penambahan foto, pengaturan bahasa, pemilihan tingkatan kelas dan privasi. Setelah itu klik save.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar PAI melalui Metode Cooperative Learning

Kuis akan tersimpan dalam akun Quizizz dan dapat digunakan berulangkali. Guru dapat menampilkan kuis secara langsung sesuai waktu yang diinginkan. Peserta didik tidak perlu memiliki akun Quizizz, cukup menunggu undangan atau kode kuis yang dikirimkan guru.

Berdasarkan hasil beberapa kali menggunakan Quizizz, jumlah kehadiran peserta didik dalam PJJ meningkat. Antusiasme peserta didik untuk memenangkan kuis juga tinggi, yang artinya sejalan dengan usaha mereka mempelajari materi yang dinilai. Selain menyenangkan bagi peserta didik Quizizz juga memberikan beberapa keuntungan bagi guru. Hasil Quizizz dapat didownload dalam bentuk Microsoft excel sehingga memudahkan guru dalam proses entry nilai. Laporan hasil kuis sangat lengkap dan datanya dapat digunakan untuk melakukan analisa penilaian. (lbs2/ton)

Baca juga:  Mudah Pahami Materi Mengenal Negara-Negara ASEAN dengan TTS

Guru Matematika SMP N 1 Pageruyung Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya