alexametrics

Dengan Browser, Jaga Anak dari Konten Orang Dewasa

Oleh : Christiana Adityas Indriyati ST M.Si

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sudah bukan rahasia lagi, selama masa pandemi Covid-19 penggunaan internet meningkat tajam. Karena itu, orang tua harus jeli memilih layanan yang baik untuk anak-anak di rumah. Pertemuan secara daring, keterbatasan waktu, memaksa anak mencari informasi tambahan sendiri menggunakan internet. Karena hal ini, tugas orangtua bertambah. Selain menyediakan akses internet juga harus memastikan keamanan buah hati ketika berselancar di dunia maya. Tidak bisa dipungkiri di dunia maya terdapat konten dewasa dan konten yang mengandung kekerasan. Bahkan ada beberapa iklan yang seharusnya hanya dilihat orang dewasa. Peran aktif orang tua sangat dibutuhkan untuk memblokir konten-konten yang mengandung kekerasan dan konten-konten orang dewasa.

Ada banyak tips dan trik untuk menyediakan teknologi internet yang ramah bagi anak. Salah satu caranya adalah pemilihan browser. Browser adalah sebuah program untuk membuka internet dan mengakses website yang ada di dalam internet. Melalui kata kunci yang diinputkan pada browser, maka browser akan menampilkan berbagai informasi sesuai yang diinputkan dan tinggal menentukan yang terbaik. Selain menampilkan informasi sesuai yang diinputkan, browser juga memiliki kemampuan untuk membuka laman website yang dituju. Di dalam web browser juga terdapat proses authentication atau proses verifikasi yang memastikan keamanan suatu web sehingga perangkat komputer atau gadget dapat terhindar dari virus yang dapat merusak sistem di perangkat komputer atau gadget. Browser juga mendukung permintaan data, mengumpulkan data dan memaksimalkan penampilan. Laman website yang dituju tidak hanya menampilkan informasi dalam bentuk teks tapi juga foto, video, dan audio. Sehingga pengguna dapat menyimpan data yang diberikan oleh web browser. Tidak hanya 1 data tapi beberapa data bisa dikumpulkan, data-data tersebut tidak hanya dalam bentuk teks, bisa berupa foto, video, audio, dan semua format tersebut dapat disimpan dalam dokumen komputer atau gadget.

Baca juga:  Model Picture and Picture Tingkatkan Motivasi Belajar IPS

Banyak sekali browser yang ditawarkan, sebelum menginstal browser sebaiknya coba kenali beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh browser sehingga yang dipilih mampu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya. Ada beberapa browser yang menyediakan fasilitas pembatasan waktu akses internet, memantau lokasi perangkat, mengunci akses perangkat, sehingga aktivitas anak di dunia maya dapat dipantau dan dikontrol sepenuhnya oleh orangtua. Dalam pemilihan browser untuk anak juga sebaiknya mempertimbangkan browser yang memberi fasilitas pemblokiran terhadap akses konten yang berbau kekerasan dan konten dewasa. Bagi orangtua hal ini tentu saja memunculkan kekhawatiran tersendiri. Ada baiknya orangtua mengenali dan memilih browser yang tepat untuk buah hati tercinta. Walau terkadang ada beberapa konten yang bisa lolos dari filter. Hal ini membutuhkan peran orang tua untuk menandai dan melaporkan konten tersebut.

Baca juga:  Mengatasi Kesulitan Penguasaan Pragmatik Bahasa Jawa dengan Teknik Komunikasi Praktis

Ketika memilih browser yang baik, sebaiknya juga mempertimbangkan kekonsistenan pembaharuan keamanan secara berkala. Pembaharuan keamanan yang dilakukan secara konsisten diharapkan mampu melindungi keamanan privasi dari penggunanya. Ada beberapa browser yang membutuhkan memory yang besar, sehingga ketika mencapai batas maksimal kemampuan browser mengakses menjadi lambat bahkan bisa terjadi hang. Ada juga beberapa browser yang menawarkan kecepatan download dan upload serta mampu menghemat kuota. Oleh sebab itu sebelum menginstal browser pertimbangkan juga kelebihan dan kekurangan masing-masing browser.

Pada dasarnya tidak ada browser yang 100 persen melindungi pengguna, karena masing-masing browser memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun pertimbangan dan kebijakan dibutuhkan untuk memilih browser yang sesuai dengan keadaan. Karena browser yang baik adalah browser yang memberikan fasilitas paling banyak dan mampu memenuhi kebutuhan penggunanya. Demikian juga bagi orangtua disarankan sebelum menginstal browser untuk lebih mengenali terlebih dahulu browser yang memberikan fasilitas perlindungan yang paling banyak bagi anak, sehingga browser yang kita pilih mampu melindungi buah hati tercinta. (lbs1/ida)

Baca juga:  Mengenal Dunia Karir melalui Permainan Origami

Guru TIK SMA Negeri 15 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya