alexametrics

“TelMiWeb”, Tingkatkan Kualitas Tampilan Gambar IPA

Oleh : M. Musodik, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Praktikum menggunakan mikroskop materi IPA pengenalan sel tumbuhan dan hewan serta bagiannya, biasanya menuntut guru dan siswa untuk saling berinteraksi.

Guru mempraktikkan langkah penggunaan mikroskop menggunakan metode demonstrasi, siswa melaksanakan praktikum berdasarkan langkah-langkah yang diajarkan guru berpedoman pada buku panduan praktikum secara teliti dan benar sampai diperoleh tampilan gambar struktur sel yang diharapkan.

SMP Negeri 2 Kledung menerapkan kedua kegiatan praktikum tersebut baik yang dilakukan guru dan siswa, masih menghasilkan kualitas tampilan gambar struktur sel kurang bagus dan menarik. Terlebih untuk pengamatan preparat sel yang berlatar belakang hitam dan putih.
Melihat fenomena tersebut, maka perlu menerapkan metode pembelajaran yang sederhana, menarik dan memotivasi siswa dalam belajar IPA. Guru perlu memodifikasi mikroskop tersebut dengan menggabungkan pemanfaatan telepon seluler dan aplikasi media sosial WhatsApp Web. Telepon seluler, mikroskop dan WhatsApp web (TelMiWeb), merupakan pemanfaatan dua perangkat keras yaitu telepon seluler dan mikroskop serta satu perangkat lunak berupa aplikasi jaringan media sosial WhatsApp Web.
Pemanfaatan TelMiWeb ini bertujuan untuk memanfaatkan inovasi media pembelajaran yang menghasilkan kualitas gambar tayang pengamatan mikroskop menjadi lebih berwarna. Lebih jelas struktur bagian sel yang diamati, menarik dan bisa diakses oleh siswa melalui media grup kelas WhatsApp.

Baca juga:  Mudah Memahami Cerita Mahabarata melalui Wayang Kulit

Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran dewasa ini perlu dilakukan, terutama media yang bersinergi dengan perkembangan teknologi informasi. Perkembangan media pembelajaran dimulai ketika muncul aliran realisme dalam pendidikan yang mendorong munculnya aliran visualisasi pembelajaran. Yaitu aliran yang berpandangan bahwa penggunaan gambar dapat memudahkan siswa dalam memahami istilah-istilah verbal yang sulit serta memperjelas apa yang diajarkannya (Midun, 2009).

TelMiWeb adalah salah satu jawaban pemanfaatan teknologi informasi dengan menonjolkan kualitas gambar tayang yang merupakan gabungan antara penggunaan mikroskop dengan telepon seluler berbasis aplikasi WhatsApp Web. Langkah merangkai TelMiWeb sebagai media tayang IPA dimulai dari penggunaan mikroskop seperti biasanya, menempelkan kamera telepon seluler pada lensa okuler mikroskop yang terhubung dengan aplikasi WhatsApp. Guru membuat grup WhatsApp kelas IPA, menyalakan laptop dengan aplikasi WhatsApp Web yang terhubung dengan LCD proyektor. Memfoto dan mengirim gambar struktur sel atau jaringan dari telepon seluler ke grup kelas IPA melalui WhatsApp. Gambar sel atau jaringan akan terlihat jelas, kualitas gambar tayang melalui layar LCD proyektor dan grup WhatsApp IPA menjadi lebih berwarna, menarik dan mudah dipahami.

Baca juga:  Mudah Pahami Perpindahan Kalor dengan Metode Resitasi

Penggunaan media pembelajaran TelMiWeb di SMP Negeri 2 Kledung Kabupaten Temanggung ini ternyata dapat meningkatkan kualitas tampilan gambar tayang IPA. Siswa dapat melihat struktur sel dan jaringan dengan jelas sehingga diperoleh hasil belajar siswa berupa post tes atau penilaian harian meningkat. Di samping itu siswa akan lebih termotivasi dengan pemanfaatan inovasi media pembelajaran ini. Menurut Dimyati dan Mujiono (2006) hasil belajar ialah hasil yang dicapai dalam bentuk angka-angka atau skor setelah diberikan tes hasil belajar pada setiap akhir pembelajaran. Nilai yang diperoleh dijadikan acuan untuk melihat penguasaan siswa dalam menerima materi pelajaran.

Penerapan media pembelajaran TelMiWeb dapat dijadikan alternatif solusi meningkatkan kualitas gambar tayang IPA. Prinsipnya adalah menambah semakin jelas dan memahami struktur gambar tayang. Kemudahan akses dalam pelayanan pembelajaran siswa menggunakan media sosial WhatsApp dan kemudahan pemanfaatan media ini dapat dikembangkan di mata pelajaran yang lainnya. (pg1/lis)

Baca juga:  Berkreasi dengan Teknologi di Masa Pandemi

Guru IPA SMPN 2 Kledung, Kabupaten Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya