alexametrics

Peran Keluarga dalam Pembelajaran Jarak Jauh Aneka Ternak di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Solikhah Budi Utami, S.Pt

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat. Terdiri dari kepala keluarga serta beberapa orang yang berkumpul dan tinggal dalam satu rumah dalam keadaan saling bergantungan. Peran keluarga menggambarkan sekumpulan perilaku antarpribadi, dalam posisi dan situasi tertentu.

Peran pribadi dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga itu sendiri, kelompok dan masyarakat. Menurut Bussard dan Ball (1996), keluarga merupakan lingkungan sosial yang sangat dekat hubungannya dengan seseorang. Di keluarga itu seseorang dibesarkan, bertempat tinggal, berinteraksi satu dengan yang lain. Dibentuknya nilai-nilai, pola pemikiran dan kebiasaannya dan berfungsi sebagai saksi segenap budaya luar dan mediasi hubungan anak dan lingkungannya.

Di masa pandemi Covid-19, dilakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Menurur Simonson, (2010) pembelajaran jarak jauh adalah pendidikan formal (resmi) berbasis institusi/lembaga dimana kelompok belajar(rombel) yang secara terpisah menggunakan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan antara peserta didik, pendidik dan sumber belajar.

Di SMK Negeri 1 Ngablak dalam pembelajaran mata pelajaran Aneka Ternak kelas XI ATU menggunakan fasilitas Google Class Room (GC). Guru akan berinteraksi secara daring dengan siswa dalam hal pemberian materi, tugas atau dalam pembahasan dari materi yang belum dipahami siswa.

Baca juga:  Pelayanan Prima dalam Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Dalam proses PJJ banyak kendala yang dihadapi baik oleh guru, siswa maupun orang tua. Antara lain siswa belum memiliki gawai pribadi dan harus memakai milik orangtuanya atau bergantian dengan anggota keluarga yang lain. Gawai yang dimiliki kurang respons untuk pembelajaran, tidak ada kuota, kurang memahami IT. Sinyal yang tersedia kurang bagus. Tak kalah penting adalah minat dan kemauan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran maupun untuk mengerjakan tugas secara daring ini.

Dalam pembelajaran jarak jauh ini peran keluarga dan orang tua sangat penting. Di antaranya membantu penggunaan gawai (bila gawai yang dimiliki terbatas, maka antar-anggota keluarga dalam belajar dapat saling bergantian). Saling mengingatkan pada saat ada jadwal pembelajaran dan juga mengingatkan akan tugas-tugas yang harus dikerjakan.

Baca juga:  Vertikultur Solusi Praktik Siswa di Lahan Sempit

Membantu dalam proses belajar (diskusi dari materi yang dberikan) bukan memberikan jawaban secara langsung. Atau bahkan membantu mengerjakan tugas-tugasnya. Juga mengontrol kegiatan belajar.

Oleh karena itu orang tua harus mengetahui jadwal pembelajaran dari siswa yang bersangkutan. Mengetahui kegiatan putra-putrinya bahkan membuatnya belajar disiplin dan bertanggung jawab sehingga perkembangan karakternya juga menjadi lebih bagus.

Di samping itu orang tua dan keluarga berfungsi sebagai motivator yaitu memberikan semangat selalu mengikuti proses pembelajaran dan mengerjakan tugas-tugas. Interaksi antara guru dengan orang tua(keluarga) perlu dilakukan untuk menciptakan kondisi belajar yang baik untuk siswa. Sehingga siswa tidak ketinggalan dalam mengikuti pembelajaran, mencari solusi akan hambatan yang dihadapi siswa dan juga orang tua mengawasi penggunaan gawai agar lebih efektif.

Orang tua dan keluarga juga merusaha menyediakan suasana yang nyaman agar siswa tidak bosan dan jenuh dalam pengikuti pembelajaran. Orang tua juga harus memfasilitasi kegiatan pembelajaran siswa di rumah yaitu dengan menyediakan alat bantu yang diperlukan dan tentunya kuota internet yang dibutuhkan.

Baca juga:  Model Picture and Picture, Tingkatkan Minat Belajar IPA

Sekolah penulis berada di area pegunungan. Lokasi rumah siswa sebagian berada di daerah yang belum terjangkau jaringan internet, maka penulis memberikan keringanan dengan memberikan materi dan tugas secara luring. Caranya, siswa datang ke sekolah mengambil materi dan tugasnya. Kemudian tugas yang sudah dikerjakan, dikumpulkan lagi ke sekolah menggunakan buku atau kertas.

Sekolah, orang tua dan keluarga harus saling bersinergi menghadapi pembelajaran jarak jauh di rumah. Pihak sekolah akan lebih baik jika memberikan beberapa masukan orang tua dalam mengontrol putra-putrinya ketika kegiatan pembelajaran daring dilakukan. Peran orang tua dan keluarga saat ini menjadi lebih dominan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dikonsepkan oleh sekolah. (pm1/lis)

Guru Produktif Peternakan Agribisnis Ternak Unggas SMKN 1 Ngablak, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya