alexametrics

Menguatkan Semangat Belajar Siswa dengan Aplikasi Kine Master

Oleh : Asrori, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dewasa ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Kemajuan ini tentunya dapat memberikan dampak, baik positif maupun negatif. Salah satu contoh dampak positif di sekolah dalam situasi dan kondisi seperti sekarang ini yaitu masa wabah Covid-19 adalah bahwa sekolah dituntut untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan pendidikan dengan sistem luring maupun daring agar pelayanan pendidikan pada siswa terlayani dengan baik.

Salah satu ciri proses pembelajaran yang baik dan dinamis adalah pembelajaran yang menggunakan media sebagai alat bantu pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran konvensional berupa ceramah dan tanya jawab saja hendaknya diubah atau dipadukan dengan metode pembelajaran nonkonvensional yang menggunakan media pembelajaran. Penulis telah melakukan beberapa pengembangan media pembelajaran. Salah satu diantaranya yaitu Media Pembelajaran dengan Aplikasi KM (Kine Master).

Ada beberapa kelebihan dari aplikasi Kine Master yang penulis gunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran jarak jauh ini; yaitu, pada aplikasi Kine Master yang video pembelajaran dan Power Point yang sudah kita buat dikombinasikan semenarik mungkin buat siswa. Video dari guru dalam menyampaikan materi pada Power Point tersebut dapat didengar dan dilihat oleh siswa, disamping itu guru lebih mudah dalam menjelaskan materi-materi yang disampaikan karena disertai dengan gambar-gambar dan video pembelajaran, aplikasi Kine Master digunakan dan dikembangkan dalam pembelajaran jarak jauh dipandang sebagai cara yang mudah dalam penyampaian materi kepada siswa tanpa siswa harus keluar dari rumah, sesuai imbauan dari pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Baca juga:  Dinamika Kepala Sekolah sebagai Manajer di Sekolah

Pada Pembelajaran Jarak jauh menggunakan aplikasi Kine Master yang dikombinasikan dengan Power Point dengan Materi Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Sub tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 kelas IV SD Negeri 2 Bandengan, dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: Pertama, kita siapkan materi yang akan kita sampaikan pada anak-anak dengan membuat slade power point, slade power point dibuat semenarik mungkin agar anak senang dan tertarik dengan pelajaran tersebut. Kedua, kita lanjutkan dengan membuat video pembelajaran materi Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Sub tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 1. Ketiga, video pembelajaran yang sudah jadi kita kombinasikan dengan materi pelajaran yang sudah dibuat dalam power point, dalam video pembelajaran tersebut, guru menerangkan materi yang ada di power point, slade demi slade sampai selesai. Keempat, video dengan aplikasi Kine Master yang sudah jadi, kita bagikan ke Whatsapp group Paguyuban kelas, supaya bisa dilihat dan dipelajari oleh siswa.

Baca juga:  Indahnya Beradiwiyata Bersama Orang Tua Siswa

Wujud dari keberhasilan Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas IV SD Negeri 2 Bandengan dengan video pembelajaran yang dikombinasikan dengan Power Point menggunakan aplikasi Kine Master pada siswa dapat dilihat dari antusias siswa dan orang tua dalam menanggapi video pembelajaran yang dibagikan ke WhatsApp gruop. Penerapan dari pembelajaran Jarak Jauh merupakan pengintegrasian dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menginternalisasikan nilai-nilai semangat belajar pada siswa dalam kondisi dan situasi apapun.

Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa lewat Whats App Group, hasil dari pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh dengan Aplikasi Kine Master dapat menguatkan dan meningkatkan semangat belajar siswa, dan siswa mengaku senang dapat menerima pelajaran Jarak Jauh tersebut. Keunggulan dari Pembelajaran dengan Aplikasi Kine Master ini adalah bisa melatih konsentrasi dan ingatan siswa. Selain itu juga dapat memotivasi siswa untuk membaca dan belajar secara mandiri dengan memanfaatkan media-media sosial yang ada, dan dengan belajar mandiri di rumah juga telah membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran wabah pandemi Covid-19. (pg2/ton)

Baca juga:  Nilai Semangat Sumpah Pemuda Seiring Era Digital

Guru SD Negeri 2 Bandengan Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya