alexametrics

Mnemonik Unik Menggelitik IPA Menarik

Oleh : Ganggiwati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang perlu dikemas sedemikian rupa dengan metode, strategi tersendiri untuk lebih mudah dipelajari, dimengerti dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Guru tertantang untuk kreatif dan berinovasi agar anak benar-benar mengesan dalam ingatan anak-anak, sehingga masuk di long memory atau memori jangka panjang. Masa pandemi Covid-19 satu tahun kita alami menjadi motivasi juga untuk menyusun strategi agar anak tidak bosan dengan pembelajaran daring.

Teknik mnemonik digunakan untuk mengingat banyak hal dengan lebih mudah. Teknik mnemonik atau yang biasa kita sebut dengan Jembatan Keledai adalah teknik yang teruji ilmiah berdasarkan pengetahuan dan penelitian neurologi tentang prinsip-prinsip memori.

Tujuh warna pelangi menggunakan kata mejikuhibiniu. Merupakan singkatan dari kata merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Kemudian dalam Sistem Periodik Unsur kita menggunakan per golongan misalnya bebek mangan cacing seret banget rasane (Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra). Mnemonik diartikan sebagai suatu rumus atau ungkapan untuk membantu mengingat-ingat sesuatu.
Suharnan (2005) menyebutkan mnemonik merupakan suatu strategi atau teknik yang dipelajari untuk membantu kinerja ingatan yang dapat dioptimalkan dengan latihan untuk mengoptimalkan kinerja memori.

Baca juga:  Belajar IPA Lebih Mudah dengan Model Examples Non Examples

Teknik ini dapat digunakan oleh siapapun tanpa harus memiliki kemampuan otak yang spesial. Kemampuan seseorang dalam menggunakan teknik mnemonik semakin optimal ketika teknik tersebut semakin sering digunakan.

Cara Menghafal dengan Teknik Mnemonik

Ada beberapa cara di antaranya akronim, menyingkat kata. Teknik ini cocok untuk mengingat informasi yang tidak cukup panjang, misalnya menghafalkan runtutan kejadian suatu peristiwa dan tempatnya.

Laser (Light Amplication by Simulated Emission of Radiation). Materi kalor untuk mengingat rumus kalor untuk mengubah wujud (tidak memuat perubahan suhu QUMALU kalau nilai 0 (Q= m x L) , QUMAU jika suhunya 100 (Q= m x U), jika suhu berubah dalam grafik ditandai dengan gambar miring maka QLEPON MECOTHOT (Q= m x cx ∆t).

Baca juga:  Bermain Parafin untuk Menemukan Faktor-Faktor pada Tekanan

Pada materi energi EIPEL MEGAH(Ep= m x g x h)

akrostik, metode kalimat. Teknik ini dilakukan dengan mengambil beberapa huruf pertama dari kata yang akan dihafal kemudian dirangkaikan menjadi untaian kata yang menarik. Seperti pancang (peg word), perumpamaan visual (imagery), cerita (total story technique).

Banyak melibatkan otak kanan, yang memiliki karakter memori jangka panjang. Untuk menghafalkan beberapa benda, teknik ini dilakukan dengan cara membayangkan benda tersebut, lalu merangkaikannya menjadi sebuah cerita yang dihubungkan satu sama lain.

Prinsip untuk Menggunakan Teknik Mnemonik

Pilihan : pilih pengetahuan yang cocok untuk diubah menjadi mnemonik :

Informasi serial (seperti planet dalam urutan kedekatan dengan matahari) cocok untuk mnemonik akronim; Informasi bernomor (lima pilar, tujuh benua, duabelas saraf , dan lain sebagainya.
Petunjuk : gunakan huruf atau kata pertama sebagai bahan baku untuk petunjuk. Potong : buat fase yang jelas dan mudah diingat yang mengurangi konten menjadi satu bagian. Berlatih : berlatih mengubah mnemonik menjadi konten dan konten menjadi mnemonik.

Baca juga:  Serunya Menyusun Cerita Inspiratif dari Seorang Tokoh

Semoga melalui mnemonik dapat meningkatkan pemahaman materi IPA, sehingga kita bisa belajar sambal bermain namun materi inti tidak akan hilang, bahkan bisa digunakan sebagai refreshing. (pm2/lis)

Guru IPA SMPN 2 Sawangan, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya