alexametrics

Implementasi Strategi Team Quiz Tingkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran PPKn

Oleh : Isnaeni Hesti Purwaningrum, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda, baik dari segi kecerdasan, tingkah laku, maupun daya serap materi belajar. Itu bisa menjadi salah satu masalah yang dihadapi guru dalam learning process terutama dalam pembelajaran PPKn.

Terkadang siswa merasa jenuh mengikuti pelajaran yang ada di sekolah yang mungkin disebabkan proses pembelajaran kurang menarik atau bersifat monoton (Juliawati, 2017). Keberhasilan proses belajar didukung oleh faktor ketertarikan siswa dengan materi pembelajaran tersebut. Sehingga, siswa akan cepat merasa bosan dan lelah jika cara mengajar guru yang cenderung monoton. Salah satu solusi yang bisa diakukan adalah dengan menerapkan variasi strategi pembelajaran. Seperti menggunakan strategi team quiz. Dalam penelitian (Darwanti, 2017), dijelaskan bahwa metode pembelajaran team quiz dapat menumbuhkan suasana kompetisi antarkelompok yang dirancang dalam suatu permainan yang menjadikan siswa aktif mencari penyelesaian masalah yang menjadi tanggung jawabnya dalam kegiatan kuis.

Baca juga:  Contextual Teaching Learning Tingkatkan Prestasi Keberagaman Masyarakat

Pembelajaran tidak membosankan, dan mengomunikasikan pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain. Sehingga siswa diharapkan lebih memahami konsep, menguasai materi dan dapat memecahkan permasalahan yang bervariasi. Dengan begitu siswa dapat bekerja sama dengan timnya dengan berdiskusi, memberikan arahan, mengajukan pertanyaan, mengemukakan pendapat, maupun menyampaikan informasi.

Pembelajaran aktif seperti ini yang diharapkan guru agar siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi PPKn yang disampaikan. Guru dapat menggunakan strategi ini dengan menjelaskan materi kewarganegaraan terlebih dahulu. Setelah itu untuk mengukur pemahaman siswa, guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dan memberikan mereka kesempatan untuk memberikan pertanyaan ke kelompok lain dan menjawab pertanyaan dari kelompok lain secara bergantian.

Silberman (2013) juga menyebutkan strategi ini mudah untuk meningkatkan keaktifan siswa di kelas atau menghidupkan suasana belajar dan pertanggungjawaban siswa. Dengan kata lain, strategi ini membuat peserta didik belajar senang dan tidak bosan dalam belajar. Mata pelajaran PKn dipandang sebagai mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam membentuk warga negara yang baik sesuai dengan falsafah bangsa dan konstitusi negara Republik Indonesia. Dengan memperhatikan isi dan misi mata pelajaran kewarganegaraan yaitu membentuk warga negara yang baik, selain mencakup dimensi pengetahuan, karakteristik mata pelajaran kewarganegaraan ditandai dengan pemberian penekanan pada dimensi sikap dan keterampilan kewarganegaraan yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila (Yusep, 2015).

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Bertanya dengan Snowball Throwing

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan memfokuskan tujuan untuk membentuk siswa yang mampu melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik dan berkarakter sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD 1945. Seperti yang kita ketahui mata pelajaran PPKn berpusat kepada aspek psikomotor, kognitif, dan afektif sebagai pedoman perlaku kehidupan sehari-hari siswa. Sehingga diperlukan metode tersebut untuk membantu siswa dalam mewujudkan proses pembelajaran aktif yang meliputi bertanya, berdiskusi, bertukar pikiran, memecahkan masalah, dan berkreasi dengan anggota kelompoknya.

Hal ini yang membuat siswa berpikir lebih tajam, lebih kreatif dan kritis. Mampu memecahkan masalah-masalah yang kompleks, sehingga siswa dapat memahami dan meresapi mata pelajaran PKn lebih jauh. Dapat kita simpulkan bahwa strategi team quiz dapat menjadi salah satu referensi untuk membantu guru mewujudkan keaktifan kelas dalam proses pembelajaran PPKn dan menjadi variasi mengajar yang menyenangkan sehingga berdampak kepada peningkatan kualitas belajar dan pemahaman siswa. (pm1/lis)

Baca juga:  Penerapan Metode Learning Together Tingkatkan Motivasi Belajar Seni Tari

Guru PPKn SMKN 1 Windusari, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya