alexametrics

Memanfaatkan Media Sosial YouTube dalam Pembelajaran Prakarya

Oleh : Tri Murti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran Prakarya secara nasional bertujuan untuk mendukung tujuan pendidikan yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab (UU Nomor 20 Sisdiknas Tahun 2003 pasal 3).

Kenyataan di lapangan, Prakarya masih merupakan mata pelajaran yang sering kali dipandang sebagai mata pelajaran yang membosankan. Metode yang digunakan guru kurang bervariasi, akibatnya motivasi belajar peserta didik menjadi sulit ditumbuhkan.

Ditambah lagi dengan penggunaan pendekatan pembelajaran yang cenderung membuat peserta didik pasif dalam proses belajar-mengajar, yang membuat peserta didik merasa bosan sehingga tidak tertarik lagi untuk mengikuti pelajaran tersebut. Terlebih lagi di era pandemi Covid-19 ini, mengharuskan pembelajaran jarak jauh sehingga pembelajaran dengan moda daring adalah keniscayaan. Seperti yang terjadi di kelas IX SMP Negeri 2 Kaloran, Kabupaten Temanggung.

Baca juga:  Tingkatkan Speaking Skill Procedure Text dengan Membuat Video “How To Plant”

Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi guru untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan melakukan suatu pembelajaran yang memanfaatkan media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran peserta didik diharapkan dapat lebih berkonsentrasi untuk menerima pelajaran di rumah. Media yang dipakai adalah media sosial YouTube. Menurut Sianipar (2013) YouTube ialah sebuah basis data berisi konten video yang populer di media sosial serta penyedia beragam informasi yang sangat membantu. Hal ini dikarenakan pada dasarnya peserta didik akan senang untuk melihat YouTube.

Dengan YouTube, peserta didik akan lebih tertarik dan dapat membuka ulang bila ada yang belum jelas. Menurut Miarso dalam Susilana (2007:6) media pembelajaran ialah sesuatu yang dapat memancing pemikiran serta perkembangan pada otak peserta didik. Pembelajaran dengan memanfaatkan media sosial YouTube melibatkan partisipasi peserta didik dengan cara peserta didik diajak turut serta dalam semua proses pembelajaran. Tidak hanya mental saja tetapi dengan melibatkan fisik.
Dengan suasana pembelajaran yang aktif peserta didik akan merasa senang sehingga hasil belajar dapat maksimal. Dan tentunya bisa diputar ulang bila kurang jelas.

Baca juga:  Percaya Diri Berbicara Daily Activities Menggunakan Metode Artikulasi

Langkah-langkah pembelajaran dengan memanfaatkan YouTube yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung adalah pertama, guru memilih beberapa video/YouTube yang sesuai Kompetensi Dasar (KD) yang akan dicapai terutama materi yang mengharuskan siswa praktik membuat sesuatu. Dalam hal ini KD yang akan dicapai yaitu membuat kerajinan berbasis media campuran. Kedua, guru menyampaikan teknis pembelajaran yang harus dilakukan siswa. Yaitu siswa memilih salah satu video, menyimak dan menuliskan bahan dan alat yang digunakan serta cara membuat. Ketiga, guru mengirim tiga atau empat link video/YouTube yang sudah dipilih ke grup kelas 9 Prakarya.

Keempat, guru meminta siswa menyimak dan menuliskan bahan, alat yang digunakan, cara membuat dan selanjutnya siswa mempraktikannya. Kelima, siswa mengumpulkan karya yang sudah dibuat berupa foto karya atau video pembuatan karya.

Baca juga:  Two Stay Two Stray dengan Media Power Point dalam Pembelajaran IPS

Penggunaan media sosial YouTube dalam pembelajaran prakarya ternyata menjadikan peserta didik termotivasi mengikuti pembelajaran, aktif dan bersemangat. Peserta didik lebih memahami materi dengan jelas dan meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran terutama kemampuan berpikir dan berkreasi serta menghasilkan karya yang bermanfaat. Pada akhirnya peserta didik akan mudah dalam memahami konsep dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. (agu1/lis)

Guru Prakarya SMPN 2 Kaloran, Kabupaten Temanggung.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya