alexametrics

Mudahnya Menulis Puisi dengan Film Pendek dan Latihan Terbimbing

Oleh : Wahyu Sulistyaningrum, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Menulis merupakan salah satu kegiatan yang harus dihadapi siswa dalam proses pembelajaran, terutama untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Melalui kegiatan menulis diharapkan siswa dapat menuangkan ide-ide atau gagasan baik yang bersifat ilmiah maupun imajinatif.

Pembelajaran menulis sudah sejak lama dilaksanakan dengan berbagai metode, tetapi sampai sekarang belum ada hasil yang optimal. Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Sutama dkk (dalam Nurhayati 2000: 13) bahwa siswa belum dapat dikatakan mampu berbahasa Indonesia secara baik dan benar, baik lisan maupun tulisan. Siswa masih bingung dan mengalami kesulitan ketika harus menulis. Fenomena tersebut memunculkan upaya sebagai bentuk solusi mengatasi permasalahan tersebut.

Salah satu keterampilan menulis yang kurang mendapat perhatian dan dianggap materi tersulit bagi kebanyakan siswa adalah menulis puisi. Dalam menulis puisi siswa dituntut untuk mampu mengorganisasikan pemikiran ide, dan perasaannya. Hal tersebut menyebabkan rasa takut sering muncul pada diri siswa ketika hendak menulis dan perasaan malu jika hasil tulisannya diperdengarkan kepada siswa lain. Bahasa yang monoton juga menjadi sebab siswa enggan menulis puisi sehingga siswa kurang termotivasi dalam menerima pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menulis puisi. Mereka mengeluh ketika ditugaskan untuk menulis puisi dengan berbagai alasan. Sulit merangkai kata, memilih diksi, tidak puitis, atau sulit untuk menentukan judul merupakan jawaban-jawaban yang sering dilontarkan siswa. Rendahnya kemampuan menulis puisi disebabkan oleh pembelajaran yang diciptakan dinilai kurang efektif baik dalam hal metode pengajarannya, strategi yang kurang tepat maupun teknik-teknik pembelajaran yang dinilai kurang kreatif dan cenderung membosankan.

Baca juga:  Kenalkan Permainan Tapak Gunung melalui Video Pembelajaran PJOK

Beberapa faktor permasalahan di atas diperlukan penerapan atau strategi cara mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan menghadirkan media sebagai pembelajaran dalam menulis puisi salah satunya dengan menggunakan media film pendek dan latihan terbimbing.

Penggunaan media film pendek dalam pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami teknik penulisan puisi. Dengan media film pendek tersebut siswa akan memiliki gambaran yang lebih fokus tentang peristiwa yang telah disaksikan. Selain itu media film pendek juga merangsang kecerdasan siswa, membuka wawasan dan pikiran siswa serta dapat mengingat materi pembelajaran dengan lebih baik. Hal tersebut disebabkan karena film mengandung unsur visual, audio dan dramatik yang menggugah perasaan sehingga mempermudah siswa dalam menuangkan gagasan.

Baca juga:  Asyik Menulis Laporan dengan LKS Google Form

Penggunaan media film pendek ini bertujuan untuk merangsang minat siswa dalam menulis puisi, merangsang kemampuan siswa dalam menangkap pesan dari sebuah film pendek, meningkatkan kemampuan siswa untuk mendeskripsikan dan menarasikan ide dan cerita yang dilihatnya dalam bentuk puisi. Adapun langkah-langkah kegiatan yang dilakukan (1) guru menjelaskan materi tentang film dan puisi; (2) guru menyampaikan langkah – langkah pembuatan puisi dengan menggunakan media film pendek; (3) siswa meresume film tersebut dalam bentuk narasi secara individu, (4) Guru menjelaskan proses pembuatan puisi bertema sesuai dengan film yang diputarkan, (5) siswa membuat puisi secara berkelompok, (6) hasil karya puisi siswa ditampilkan dan dipasang di mading sekolah.

Baca juga:  Pembelajaran Bermain Peran Tingkatkan Motivasi Keterampilan Drama

Penggunaan media film pendek ini diharapkan dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis puisi selain itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam pembelajaran menulis puisi guna menumbuhkan semangat dan kreatifitas siswa. Media film pendek dapat dijadikan sebagai alternatif dalam peningkatan kemampuan menulis puisi pada pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. (lbs1/ton)

Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Gemuh Kabupaten Kendal.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya