alexametrics

Asyik Belajar Tata Surya dengan Google Slide

Oleh : Retno Isnawahyuningsih, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Layanan Pembelajaran Jarak Jauh yang dilaksanakan guru melalui media Group Whatsapp, Google Classroom, dan aplikasi belajar online lainnya. Pemanfaatan berbagai media Pembelajaran Jarak Jauh yang diolah sesuai dengan kemampuan dan keinginan guru. Saya memberikan pelayanan secara akademis dan berkomunikasi dalam pembelajaran jarak jauh melalui Group Whatsapp. Guru mengirimkan materi pembelajaran, link video pembelajaran, serta tugas sebagai media komunikasi untuk melaksanakan proses belajar mengajar.

Pembelajaran daring memiliki berbagai keterbatasan kemampuan, sarana dan prasarana berupa handphone, laptop dan jaringan bagi guru dan peserta didik serta kemampuan yang masih terbatas dalam pemanfaatan teknologi. Namun pelaksanaan pembelajaran daring harus tetap diupayakan berjalan agar proses transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik tidak terganggu.

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat bahan ajar interaktif. Bahan ajar interaktif adalah bahan ajar yang mengombinasikan beberapa media pembelajaran (audio, video, teks, atau grafik) yang bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah atau perilaku alami dari suatu presentasi sehingga terjadi hubungan dua arah antara bahan ajar dan siswa. Sehingga siswa dapat terdorong untuk bersikap aktif jika proses pembelajaran. Menurut Guidelines for Bibliographic Description of Interactive Multimedia, bahan ajar interaktif adalah kombinasi dari dua atau lebih media (audio, teks, grafik, gambar, dan video) yang oleh penggunanya dimanipulasi untuk mengendalikan perintah atau perilaku alami dari suatu presentasi (Prastowo, 2012:328-329).

Baca juga:  Mini Riset, Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan

Bahan ajar interaktif yang saya gunakan di SD Negeri 2 Karanganyar adalah Google Slide. Pada pembelajaran kelas 6 Tema Menjelajah Angkasa Luar muatan pelajaran IPA, kompetensi dasar menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya. Dalam Google Slide ini saya membuat materi berupa teks penjelas, saya juga menambahkan gambar- gambar dan video susunan planet dalam tata surya serta tugas yang harus dikerjakan siswa.

Google Slide adalah sebuah aplikasi presentasi online yang memungkinkan kita untuk memamerkan karya dengan cara visual. Untuk membuat file materi presentasi online menggunakan Google Slides, pastikan kita telah memiliki akun Gmail. kita dapat mengakses Google Slides melalui halaman Google Slide atau Google Drive.

Baca juga:  Mengatasi Kejenuhan Belajar dengan Pembelajaran Berbasis Picture and Picture

Langkah pertama, membuat materi menggunakan Google Slide adalah membuat presentasi. Untuk membuat presentasi baru caranya buka layar utama Slide di slides.geogle.com. Di kiri atas, di bagian “Mulai presentasi baru”, klik Baru. Ini akan membuat dan membuka presentasi baru yang akan kita buat. Langkah kedua, edit dan format presentasi. Kita dapat menambahkan, mengedit, atau memformat teks, gambar, audio, video, menyisipkan dan menyusun teks, bentuk, dan garis juga bisa menambah animasi dalam presentasi. Langkah ketiga, membagikan slide materi yang sudah kita buat ke peserta didik. Secara online, kita dapat membagikan file kepada peserta didik dengan cara membagikan link secara langsung melalui grup whatshapp kelas. Kita juga bisa membagikan file materi ini dalam bentuk offline caranya dengan mengunduh file terlebih dahulu dengan cara mendowload dalam bentuk Microsoft Power Point. Kemudian kita bagikan file power point tersebut ke grup whatshap kelas.

Baca juga:  Orang Tua Harus Berikan Pendampingan dan Tauladan selama PJJ

Google Slides hampir sama seperti Microsoft Power Point, yang berfungsi untuk membuat slide presentasi. Dengan pembuatan google slide ini siswa lebih tertarik karena tidak hanya teks bacaan yang disajikan tetapi ada juga gambar- gambar dan video yang mereka lihat. (lbs1/ton)

Guru SD Negeri 2 Karanganyar, Kec. Patikraja, Kab. Banyumas.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya