alexametrics

Tingkatkan Kemandirian Siswa dengan Problem Posing dan Media

Oleh : Suladi S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID MODEL pembelajaran merupakan metode sistematis untuk mengorganisasikan kegiatan belajar mengajar agar tercapai tujuan dari pembelajaran. Di dalam model pembelajaran terdapat beberapa pendekatan yang memiliki keunggulan masing-masing. Pada dasarnya model pembelajaran dan metode pembelajaran memiliki pengertian yang sama. Dengan perkembangan zaman macam-macam metode berkembang sangat pesat. Sehingga harus disesuaikan dengan era sekarang. Dalam metode pembelajaran, posisi dari media pembelajaran cukup penting. Yaitu sebagai alat dalam proses komunikasi. Seandainya tanpa media, maka komunikasi antara guru dan murid tidak akan berjalan dengan baik.

Dari pengamatan peserta didik kelas VI SDN 01 Bukur dalam kesehariannya, nilai yang diperoleh tidak sesuai harapan yaitu 75 persen tidak tuntas KKM. Dalam pembelajaran materi ASEAN siswa mengalami kesulitan belajar. Maka penulis menerapkan metode problem posing dengan berbantuan media. Yaitu salah satu dari projected motion media adalah film, televisi, video, computer dan sejenisnya. Dalam memilih media pembelajaran, perlu disesuaikan dengan kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing. Dengan perkataan lain, media yang terbaik adalah media yang ada. Terserah kepada guru bagaimana ia dapat mengembangkannya secara tepat dilihat dari isi, penjelasan pesan, dan karakteristik siswa untuk menentukan media pembelajaran tersebut.

Baca juga:  Benda Konkret Permudah Belajar Sifat Bangun Ruang

Pengertian media pembelajaran menurut Azhar (2011), adalah alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun di luar kelas. Lebih lanjut dijelaskan bahwa media pembelajaran adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi intruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Pada hakikatnya bukan media pembelajaran itu sendiri yang menentukan hasil belajar. Ternyata keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada isi pesan, cara menjelaskan pesan, dan karakteristik penerima pesan. Dengan demikian, dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan ketiga faktor tersebut. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran, tentunya akan memberikan hasil yang maksimal. Problem posing yaitu pemecahan masalah dengan melalui elaborasi, yaitu merumuskan kembali masalah menjadi bagian-bagian yang lebih simpel sehingga mudah dipahami. Sintaknya adalah pemahaman, jalan keluar, identifikasi kekeliruan, meminimalisasi tulisan hitungan, cari alternatif, menyusun soal atau pertanyaan.

Baca juga:  Meningkatkan Hasil Belajar dengan Media VLOG

Jadi langkah-langkah pembelajaran Problem Posing secara berkelompok adalah, pertama, guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik untuk belajar. Kedua, guru menyampaikan informasi baik secara lewat bahan bacaan selanjutnya memberi contoh cara membuat soal dari informasi yang diberikan. Ketiga, guru membentuk kelompok belajar antara 4-6 peserta didik tiap kelompok. Keempat, selama kerja kelompok berlangsung guru membimbing kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan dalam membuat soal dan menyelesaikannya. Kelima, guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang dipelajari dengan cara masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya. Keenam, guru memberi penghargaan kepada peserta didik atau kelompok yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.

Harapan penulis dengan metode problem posing dapat mendorong peserta didik untuk belajar mandiri. Dengan bantuan media akan mempermudah proses belajar mengajar, meningkatkan efisiensi belajar-mengajar, menjaga relevansi dengan tujuan belajar, membantu konsentrasi siswa. Terbukti hasil belajar ulangan harian meningkat. (ce5/ida)

Baca juga:  Mudah dan Asyik Belajar Interaksi Sosial dengan Project Based Learning

Guru SDN 01 Bukur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya