alexametrics

Belajar PJOK melalui Video Pembelajaran Powerpoint No Boring

Oleh : Ari Prasetyaningsih, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID Pendidikan sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup generasi di suatu masyarakat dan pemerintahan negara. Pendidikan nasional diterapkan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung.

Berkaitan dengan operasional BDR mata pelajaran PJOK, jika anak didik memungkinkan dengan moda daring, guru merancang ulang rencana pembelajaran yang dapat beradaptasi (RPP adaptif). Seperti halnya peserta didik SDN 6 Kajen merasa tidak bersemangat untuk mengikuti PJOK. Yang pandangan siswa belajar PJOK harus panas-panasan di luar kelas. Untuk menyikapi keadaan tersebut maka guru membuat persiapan ekstra seperti memilah tayangan channel youtube yang paling relevan dengan bahan ajar, atau guru bisa pula membuat sendiri video pembelajaran, agar benar-benar sesuai dengan situasi dan kondisi serta karakter anak didik. Setelahnya, guru memberi instruksi melalui SMS, WAG (WhatsApp Group) atau Google Clasroom.

Baca juga:  Belajar Mengenal Organisasi Lebih Asyik dengan Simulasi

Dengan teknik perekaman dan penyajian kegiatan yang baik akan meng¬ha¬sil¬kan karya yang baik dan tidak me¬m¬bo¬san¬kan, bahkan akan lebih menjadi sebuah karya kreatif yang bisa dibagikan atau dishare dalam media online, dari sekadar sebuah pemenuhan tugas dari sekolah. Dengan perkembangan teknologi yang kian pesat tentunya membuat proses belajar daring/online kian menjadi fleksibel yang artinya proses pembelajaran dapat dilakukan dimanapun.

Langkah-langkah pembuatan video pembelajaran dengan powerpoint antara lain: Pertama, klik menu file di pojok kiri atas pada Microsoft Powerpoint. Kedua, jika mengunakan Powerpoint 2010 pilih dan klik save & send. Jika menggunakan Powerpoint 2013 dan 2016, pilih dan klik Export. Ketiga, pilih dan klik create a video. Keempat, pilih kualitas video. Kelima, pilih lama jeda slide 1 dengan yang lainya (dalam hitungan detik/seconds). Keenam, klik create a video. Ketujuh, pilih lokasi file video akan disimpam ketika selesai dibuat. Kedelapan, beri nama judul video. Kesembilan, klik save. Kesepuluh, pada tampilan layar paling bawah akan muncul progres pembuatan video, tunggu sampai selesai. Untuk proses waktu pembuatan video tergantung dari besar kecilnya dokumen yang kita buat pada Powerpoint. Kesebelas, setelah progres di bawah layar hilang, itu tandanya pembuatan video sudah selesai. Keduabelas, buka Windows Explorer tempat tadi kita menyimpan video. Silakan buka video yang kita buat tadi, maka video tersebut akan sama persis dengan slide show pada Powerpoint.

Baca juga:  Praktikum Berbantu LKPD Berbasis Discovery Learning Tingkatkan Belajar

Dengan membuat video pembelajaran yang menarik tentunya akan membuat proses pembelajaran jarak jauh menjadi sangat efektif. Peserta didik mendapatkan video penjelasan yang tepat, siswa dapat mengulang-ulang penjelasan dari video pembelajaran yang dibuat dari guru. Jauh lebih hemat kuota, karena video pembelajaran dari guru dapat diperkecil sehingga tidak membebani kuota. (ce4/ton)

Guru PJOK SDN 06 Kajen Kec. Kajen Kab. Pekalongan.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya