alexametrics

Belajar Cerpen Asyik dengan Quizizz di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh : ST.Nurul Hidayatul Mar’ah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID Di masa pandemi Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk belajar dari rumah atau sering disebut dengan pembelajaran daring. Semangat anak untuk belajar semakin lama semakin menurun karena sudah mulai merasa jenuh untuk belajar sendiri di rumah, dan juga kurangnya support dari orang tua. Tak jarang juga siswa mengalami kesulitan dalam menerima materi yang diberikan guru. Hal serupa juga di alami oleh siswa SMPN 9 Salatiga.

Penyampaian materi secara online dapat menggunakan banyak jalan, mengingat ada banyak aplikasi yang bisa dipilih oleh masing-masing guru. Maka dari itu guru harus pandai memilih metode dan media pembelajaran yang tepat untuk menggebrak semangat siswa. Terutama pada materi tentang mengidentifikasi unsur intrinsik dalam cerita pendek (cerpen ).

Cerpen adalah kisah yang diceritakan dengan pendek atau singkat, tidak lebih dari 10.000 kata. Cerpen juga memberikan kesan karena ceritanya hanya memusatkan pada satu tokoh, satu kejadian, atau satu permasalahan. Bagi siswa yang kurang suka membaca bisa untuk mencoba meningkatkan literasinya dengan membaca cerpen.

Baca juga:  Situs Web Animaker sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa selama PJJ

Dalam cerpen, meninggalkan kesan tersendiri bagi pembacanya. Mungkin berkesan melalui tokohnya, latar, suasana, gaya bahasa, atau lainnya. Unsur-unsur tadi adalah unsur yang terbentuk dari dalam cerpen itu sendiri atau yang disebut dengan unsur intrinsik. Materi pembelajaran ini disampaikan di kelas VIII semester 2. Pada usia saat ini, siswa kelas VIII lebih memiliki jiwa kompetitif. Maka dari itu menggunakan kuis di aplikasi quizizz sebagai bentuk tugas dalam materi unsur intrinsik dirasa sangat cocok.

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang dibuat memiliki 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar. Pembuatannya juga mudah, tampilan bisa dibuat sesuai keinginan dan semenarik mungkin agar siswa lebih merasa tertarik dengan pembelajaran yang diberikan. Apabila kuis sudah jadi, dilanjutkan dengan membagikan kepada siswa dengan menggunakan 5 digit yang dihasilkan. Siswa segera membuka aplikasi quizizz pada google dengan masuk sebagai siswa kemudian memasukkan 5 digit yang sudah diberikan. Dalam pengerjaan kuis, setiap siswa akan mendapat urutan soal yang berbeda dengan siswa lainnya karena kuis tersebut dibuat dalam bentuk Homework/PR sehingga daftar soalnya diacak.

Baca juga:  Layanan Home Visit dengan Metode Tutor Sebaya selama Pandemi

Dengan quizizz ini, siswa kelas VIII SMPN 9 Salatiga merasa tertantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, serta kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antarpeserta quizizz. Menyenangkan karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan juga meme yang lucu serta menyemangati. Dengan hal ini, siswa kelas VII SMPN 9 Salatiga lebih bersemangat mempelajari materi unsur intrinsik cerpen agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan benar dan berlomba untuk mendapatkan peringkat teratas.

Dengan demikian, penggunaan quizizz dianggap efektif dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, khususnya untuk siswa siswi SMPN 9 Salatiga. Siswa menjadi lebih bersemangat dan merasa bembelajaran menjadi lebih asyik, dengan kesadaran dan kemauan sendiri siswa mau belajar dan mengerjakan tugas dengan senang hati. Dirasa penggunaan quizizz tepat untuk digunakan saat pandemi Covid-19, selain sebagai sarana media pembelajaran juga memjadi hiburan ditengah kebosanan siswa dalam belajar mandiri. Dan semoga dengan ini, belajar di tengah pandemi dirasa tidak akan membosankan lagi. (bs1/lis)

Baca juga:  Redesain Layanan Bimbingan dan Konseling

Guru SMP Negeri 9 Salatiga.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya