alexametrics

Alat Peraga Manik-Manik Lebih Memotivasi Belajar Pecahan

Oleh : Jazirotul Munawaroh S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar (SD) untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, serta kemampuan bekerjasama.

Banyak orang yang menganggap matematika adalah salah satu pelajaran yang paling susah dan membosankan. Bagi anak-anak yang masih berusia dini ketika gagal, mereka akan gampang menyerah dan tidak akan mau mencoba lagi. Sama halnya ketika mereka belajar matematika. Mereka akan kehilangan minat terhadap pelajaran ini ketika salah dalam menjawab soal. Seperti yang terjadi di kelas V SDN Jajarwayang pada materi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan. Untuk kebanyakan orang, pecahan adalah perhitungan rumit yang pertama kali ditemui. Konsep pecahan memang cukup sulit dan mengharuskanmu mempelajari syarat-syarat khusus untuk mengerjakannya. Oleh karena pecahan memiliki aturan khusus dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Baca juga:  Blended Learning sebagai Perwujudan Penerapan Filosofi Ki Hadjar Dewantara

Media pembelajaran matematika adalah alat untuk menunjang proses pembelajaran khususnya matematika. Sekarang, di setiap jenjang sekolah media sudah banyak digunakan untuk membantu para guru dalam menyampaikan materi, media juga mempermudah siswa dalam memahami materi yang mungkin lumayan susah diserap jika tanpa menggunakan media. Media yang digunakan juga semakin bervariasi, berbeda dengan pada tahun-tahun sebelumnya dimana media yang digunakan hanya berupa media cetak yang kemudian berkembang menjadi media audio visual dan terus berkembang menjadi multimedia yang benar-benar sesuai dengan perkembangan zaman. Akhirnya, penulis pada materi pecahan dibantu dengan alat peraga manik-manik berwarna. Tersedia minimal dua warna untuk membedakan jumlah bilangan. Langkah-langkahnya sebagai berikut, pertama, pahami bahwa pecahan merupakan bagian dari suatu keseluruhan. Misalnya, angka di sisi atas dinamakan pembilang dengan manik warna merah, dan mencerminkan banyaknya bagian dari total. Angka di sisi bawah dinamakan penyebut, yang mencerminkan banyaknya total bagian (manik warna putih). Kedua, perlu diingat bahwa kita boleh menuliskan pecahan menggunakan garis miring. Angka di sebelah kiri adalah pembilang dan angka di kanan adalah penyebut. Jika kamu mengerjakan pecahan pada baris yang sama, sebaiknya tuliskan angka pembilang di atas angka penyebut. Ketiga, menjumlahkan dan mengurangi pecahan. Cari angka penyebut yang sama untuk menjumlahkan dan mengurangkan pecahan. Caranya, kalikan angka-angka penyebut, lalu kalikan setiap angka pembilang dengan angka yang digunakan untuk mencari penyebut. Terkadang, kamu bisa mencari KPK (kelipatan perekutuan terkecil) untuk penyebut dengan saling mengalikan angka penyebut. Keempat, jumlahkan kedua bilangan pembilang dan jangan ubah bilangan penyebut. Kelima, sederhanakan pecahan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan angka yang sama. Keenam, jika hasil dari pecahan berbentuk pecahan campuran maka angka pembilang lebih besar dari penyebut.

Baca juga:  Ceramah Bervariasi Meningkatkan Hasil Belajar PKn Kelas 4 SD

Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh–pengaruh psikologi terhadap siswa. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman dengan menarik dan terpercaya. (ce3/ida)

Guru SDN Jajarwayang, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya