alexametrics

Video Roti Ulang Tahun Mudahkan siswa Memahami Pecahan Sederhana

Oleh : Widyastuti, S.Pd. SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran matematika di SD pada dasarnya adalah kegiatan konkret. Guru perlu menyiapkan perencanaan mengajar secara matang. Agar pembelajaran siswa SD bisa menyenangkan. Pembelajaran matematika diharapkan mengembangakan potensi siswa. Siswa diharapkan bisa mengonstrusikan pemahamannya sendiri dengan guru sebagai fasilitator bukan sebagai sumber utama pembelajaran. Masih banyak kita jumpai pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dengan cara konvensional, yang kurang memberikan kesempatan siswa berpikir kritis, pembelajaran matematika masih banyak hanya sebagai metode untuk menemukan jawaban dari pertanyaan.

Hal ini dikhawatirkan dapat merusak kecerdasan instuisi siswa. Juga terjadi di SDN 01 Pelutan, Kecamatan Pemalang. Ketika pembelajaran daring terjadi banyak siswa yang belum mengumpulkan tugas. Setelah diselidiki ternyata tugas yang dikirim kurang bisa dipahami siswa. Buku pembelajaran sudah dipinjamkan siswa mungkin siswa ketika mengerjakan tidak mau membaca buku paket dulu.

Baca juga:  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penelitian Tindakan Kelas

Sebagai guru kelas II SDN 01 Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, mencoba menggunakan media video roti ulang tahun sebagai media pembelajaran materi pecahan sederhana. Video pembelajaran ini diharapkan mampu memotivasi siswa dan bisa mengerjakan tugas yang diberikan guru secara baik. Pelajaran matematika harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk “dibimbing” dan “menemukan kembali” matematika denngan melakukannya. Oleh karena itu seorang guru harus mengetahui langkah-langkah pembelajarannya agar penyampaian sistematis sehingga materi dapat diterima siswa secara maksimal.

Menurut Hamidjojo dan Latuheru (Azhar Arsyad, 2011: 4) media sebagai bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat. Sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai pada penerima yang dituju. Hal ini diperkuat dengan pendapat dari Romiszowski (Basuki Wibawa dan Farida Mukti, 1991: 8) media adalah pembawa pesan yang berasal dari suatu sumber pesan (yang dapat berupa orang atau benda) kepada penerima pesan.

Baca juga:  Metode Inside-Outside Circle Tingkatkan Hasil Belajar tentang Hari Akhir

Azhar Arsyad (2011 : 49) menyatakan video merupakan gambar-gambar dalam frame. Dimana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar hidup. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan, video merupakan salah satu jenis media audio-visual yang dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai. Kemampuan video melukiskan gambar hidup dan suara memberikan daya tarik tersendiri. Video dapat menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep-konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu, dan mempengaruhi sikap.

Manfaat media video pembelajaran menurut Andi Prastowo (2012: 302), adalah memberikan pengalaman yang tak terduga kepada peserta didik, memperlihatkan secara nyata sesuatu yang pada awalnya tidak mungkin bisa dilihat. Menganalisis perubahan dalam periode waktu tertentu, memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk merasakan suatu keadaan tertentu. Dan menampilkan presentasi studi kasus tentang kehidupan sebenarnya yang dapat memicu diskusi peserta didik.
Setelah guru memberikan melalui video pembelajaran, materi pecahan, ternyata hampir semua siswa kelas II mengumpulkan tugas ke sekolah dengan baik. Dari beberapa orang tua menyampaikan banyak terima kasih kepada guru karena video yang dikirim melalui WhatsApp sangat membantu orang tua ketika membimbing anak mengerjakan tugas di rumah. Kesimpulannya video pembelajaran sangat membantu siswa dalam memahami materi pecahan sederhana. (ti1/lis)

Baca juga:  Gawai (Whatsapp) Pada Penerapan Nilai-Nilai Pancasila

Guru SDN 01 Pelutan, Kecamatan Pemalang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya