alexametrics

Usir Bosan Saat KBM dengan Game Senam Otak

Oleh : Yuni Fitri Astuti, S. Pd. SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada saat kegiatan belajar mengajar baik secara tatap muka langsung di sekolah maupun saat pembelajaran jarak jauh, siswa sering mengalami kebosanan. Hal ini dapat menyebabkan turunnya konsentrasi anak dalam belajar sehingga capaian pembelajaran menjadi tidak maksimal. Untuk menghilangkan rasa bosan pada siswa saat pelajaran yang penulis lakukan pada siswa kelas 4 di SD Negeri Pasekaran 01 adalah dengan game yang berisi gerak senam otak/brain gym sederhana di sela-sela kegiatan pembelajaran atau pada saat anak-anak terlihat mulai bosan. Hal ini cukup efektif untuk menghilangkan rasa bosan pada siswa.

Brain gym atau senam otak adalah gerakan sederhana dengan menggunakan keseluruhan otak karena merupakan penyesuaian dengan tuntutan sehari-hari sehingga belajar jadi riang dan senang. Latar belakang brain gym dikembangkan berdasarkan touch for health kinesiology (sentuh agar sehat, dari ilmu tentang gerakan tubuh).

Baca juga:  Quizziz, Kuis Belajar Asik dan Menyenangkan

Ini adalah perpaduan ilmu pengetahuan barat yaitu tes otot dan sikap tubuh dengan ilmu pengetahuan dari timur sehingga terdapat suatu metode pencegahan dan penyembuhan penyakit yang sangat sederhana, efektif, alami dan murah. Brain gym merupakan inti dari Educational Kinesiology (Edu K) yang berarti ”educare” menarik keluar dan ”kinesis” ilmu tentang gerakan tubuh. Maka dengan brain gym kita menarik keluar potemsi yang terpendam melalui gerakan tubuh. Pelopor brain gym adalah Paul E. Dennison,Ph.D, seorang pengembang Edu K, memimpin Valley Remedial Group Learning mengembangkan teknik brain gym untuk mengajari anak terbelakang, bersama dengan istrinya Gail Dennison, seorang pendidik holistic health dan mantan penari.

Baca juga:  Permasalahan PJJ Daring IPA Bagi Guru Kelas Rendah SD

Brain gym sangat diperlukan bagi anak-anak yang sulit belajar, berusaha terlalu keras sehingga terjadi stres di otak mengakibatkan semangat dan konsentrasi belajar menurun. Maka dengan brain gym, pikiran akan lebih jernih, hubungan antarmanusia akan lebih rileks dan senang, lebih semangat berkonsentrasi, anak akan kreatif dan efesien juga lebih sehat dan prestasi belajar akan meningkat.

Keuntungan lainnya adalah brain gym juga tidak memerlukan bahan atau tempat khusus, sehingga dapat menyesuaikan situasi belajar. Dengan brain gym dapat meningkatkan kepercayaan diri. Secara aktif meningkatkan potensi dan keterampian yang dimiliki. Karena brain gym menyenangkan dan menyehatkan.

Terdapat 26 gerak dalam senam otak, namun ada tiga gerak dasar yang dapat dicoba yaitu cross crawl, positive point dan hook up. Hal ini membantu mencapai keseimbangan dalam tahap yang minimal, mengurangi ketegangan-ketegangan dan bosan dalam belajar. (ti2/lis)

Baca juga:  Asyiknya PjBL Karya Patung Melalui Media Sosial

Guru SDN Pasekaran 01, Kabupaten Batang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya