alexametrics

Meningkatkan Pemahaman Luas Permukaan Bola dengan Kulit Jeruk

Oleh: Nur Saadah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika adalah alat untuk mengembangkan cara berpikir, karena itu matematika sangat diperlukan baik untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari- hari maupun untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam pembelajaran, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang masih dianggap sulit dipahami oleh siswa. Untuk itu matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik di mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitik, sistematis, kritis dan kreatif. Hal tersebut selaras dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses bahwa proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Dalam pembelajaran muatan pelajaran matematika kelas VI A semester 2 di SD Negeri 2 Nolokerto kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal pada kompetensi dasar 3.7 mengidentifikasi bangun ruang , serta luas permukaan dan volumenya, indikator 3.7.9 Menjelaskan luas Permukaan Bola, diperoleh hasil belajar rendah. Terbukti dari jumlah 31 siswa yang mengikuti penilaian harian, sebanyak 20 anak (65%) belum tuntas dan sisanya sebanyak 11 anak (35%) sudah melampaui KKM. Pada pelaksanaan pembelajaran matematika masih banyak siswa yang belum memahami cara menghitung luas permukaan bola. Untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Matematika tentang luas permukaan bola maka guru mencari alternatif pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang dapat dilaksanakan secara interaktif dan menyenangkan serta berpusat kepada siswa sehingga dapat mengembangkan siswa untuk berpikir aktif, kreatif, dan inovatif sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna, salah satunya yaitu menggunakan metode demonstrasi.

Baca juga:  Tingkatkan Keterampilan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu dengan Demonstrasi

Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan sesuatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan (Muhibbin Syah, 2000). Adapaun Syaiful Bahri Djamarah (2000) menyatakan Metode demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran . Adapun keunggulan dari penggunaan metode demonstrasi adalah sebagai berikut : Pertama, dapat membuat pembelajaran lebih jelas dan lebih konkret, sehingga menghindari verbalisme. Kedua, peserta didik lebih mudah memahami apa yang dipelajari Ketiga, proses pengajaran lebih menarik. Keempat, peserta didik dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan, dan mencoba melakukannya sendiri.

Baca juga:  Media Cergam untuk Membaca Permulaan

Peserta didik mendemonstrasikan cara mencari luas permukaan bola dengan menggunakan alat peraga berupa kulit jeruk. Adapun langkah-langkah yang harus diperagakan oleh siswa adalah sebagai berikut : Siswa diminta untuk menyediakan satu buah jeruk yang berbentuk bulat menyerupai bentuk bola. Kemudian siswa diminta untuk membelah buah jeruk menjadi dua bagian yang sama besar agar dapat menggambar lingkaran dengan diameter yang sama. Lingkaran yang dibuat digambar ulang sebanyak empat kali.

Kemudian jeruk yang sudah dibelah, dikupas kulitnya agar kulit jeruk dapat ditempel di lingkaran. Guru mengarahkan peserta didik untuk menemukan cara menentukan luas permukaan bola yaitu dengan melihat banyaknya lingkaran yang sudah terisi kulit jeruk hingga penuh. Luas permukaan bola merupakan empat kali luas lingkaran. Kemudian guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan tersebut.

Baca juga:  Lebih Mudah Memahami Fungsi Komposisi dengan Metode Inkuiri

Melalui penggunaan metode demonstrasi tersebut membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran matematika, Pembelajaran menjadi berkesan dan menyenangkan. Hal tersebut meningkatkan pemahaman siswa tentang cara mencari luas permukaan bola dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti setelah dilaksanakan evaluasi menunjukan bahwa terjadi peningkatan perolehan rata-rata hasil pembelajaran yang dicapai menjadi 82,6 dengan persentase ketuntasan belajar individu meningkat menjadi 87% dari 31 siswa yaitu 27 siswa yang memperoleh ketuntasan dan hanya 4 siswa yang belum tuntas.

Dengan demikian penggunaan metode demontrasi dengan menggunakan alat peraga kulit jeruk mampu menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui kegiatan yang menyenangkan sehingga mampu meningkatkan hasil belajar matematika pada materi mencari luas permukaan bola. (agu1/aro)

Guru SD Negeri 2 Nolokerto, Kaliwungu, Kendal.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya