alexametrics

Belajar Bahasa Inggris melalui Film Animasi

Oleh: Cicik Dewi Listianingsih, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BAHASA Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di semua jenjang pendidikan. Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia telah mengubah banyak tatanan sosial di masyarakat. Salah satu perubahan yang terjadi adalah di bidang pendidikan, dimana proses pembelajaran harus tetap berlangsung di tengah kondisi yang tidak memadai untuk dilakukan interaksi dan komunikasi secara tatap muka di sekolah berganti menjadi sistem pembelajaran online atau daring dengan memanfaatkan aplikasi teknologi yang telah berkembang saat ini seperti google dan youtube.

Adaptasi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 dengan cara menggali informasi untuk menambah pemahaman tentang pembelajaran daring melalui media pembelajaran yang tepat. Adapun media pembelajaran yang dapat dilakukan guru Bahasa Inggris saat anak belajar daring agar anak dapat memahami materi pembelajaran Bahasa Inggris dan mampu menerapkannya dalam kehidupan nyata sehari hari, salah satunya melalui aplikasi teknologi youtube untuk melihat film terutama film berbahasa inggris. Seperti yang diterapkan di SMPN 4 Taman. Lewat film, anak bisa belajar banyak hal, termasuk juga belajar berbahasa inggris.
Kebanyakan anak-anak suka nonton film, ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi guru bahasa inggris untuk mendorong anak belajar bahasa, terutama bahasa Inggris. Melalui film, anak bisa belajar kosakata baru dan pelafalannya sambil menikmati cerita dan musik dalam film tersebut.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Speaking Melalui Aplikasi TikTok

Berdasarkan situs https://blog.cakap.com beberapa film kartun berbahasa Inggris yang dapat dijadikan untuk media belajar Bahasa Inggris untuk anak-anak dan orang dewasa sebagai media belajar guru mata pelajaran bahasa inggris disaat anak belajar dirumah, antara lain:

WordGirl. Film ini yang mengajarkan kosakata untuk anak-anak. Dalam acara ini, seorang gadis superhero bertarung dengan orang jahat melalui kekuatan kata-kata. Acara ini memiliki demografi usia penonton 4-9 tahun.

Adventure Time. Adventure Time adalah serial televisi animasi fantasi yang dapat menjadi suplemen belajar bahasa Inggrismu karena menyajikan percakapan yang realistis. anak pun perlu berhati-hati karena tidak semua kosakata di serial ini adalah kosakata yang nyata. Sebagian kosakata dalam serial ini adalah bahasa yang dibuat-buat. Ini bagus untuk mengecek seberapa banyak kosakata bahasa Inggris yang sudah anak ketahui.

Baca juga:  Tingkatkan Berbahasa Inggris Warga Desa Wisata

Dexter’s Laboratory adalah acara televisi animasi fiksi ilmiah asal Amerika. Serial ini mengajarkan kosakata bahasa Inggris yang lebih rumit. Anak dapat mendapatkan diksi baru yang lebih terkesan “elit” dari kosakata yang sudah kamu ketahui.

Back to the Future. Film ini menjadi tambahan yang bagus untuk pembelajaran bahasa Inggris anak. Karena merupakan film fiksi ilmiah, ada beberapa istilah khusus di dalamnya. Walaupun demikian, percakapan antar karakternya cukup sederhana.

Martha Speaks adalah sebuah show tentang seekor anjing yang belajar cara berbicara setelah makan sup alfabet. Acara ini pada dasarnya dibuat untuk mengajarkan kata-kata baru. Kosakata yang diajarkan tersebut digunakan beberapa kali selama acara berlangsung sehingga anak-anak akan mudah mengingatnya.

Baca juga:  Kartu Bilangan Tingkatkan Hasil Belajar Matematika

Cinderella. Film-film Disney sangat cocok untuk mendorong anak Anda untuk belajar bahasa Inggris. bahasa yang digunakan juga cukup mudah untuk anak-anak yang baru mulai belajar bahasa Inggris.

Curious George. Bahasa Inggris yang digunakan dalam film ini sangat mudah untuk dimengerti. Percakapannya juga relevan dengan kehidupan sehari-hari dan membantu anak-anak meningkatkan kemampuan berbahasa mereka.

Belajar Bahasa Inggris itu mudah jika dilengkapi dengan media belajar yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran agar anak dapat memahami materi dengan maksimal. Dengan media film berbahasa Inggris ini diharapkan sistem pembelajaran daring ini tidak menjadi kendala untuk guru melaksanakan tugasnya melakukan kegiatan belajar mengajar dan anak untuk terus belajar sehingga anak dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata sehari-hari anak. (pg1/zal)

Guru Bahasa Inggris SMPN 4 Taman.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya